5/5 (3) Yuk, Mengenal Universitas Singaperbangsa Karawang (Sejarah,Fakultas, dan Jurusan)

Yuk, Mengenal Universitas Singaperbangsa Karawang (Sejarah,Fakultas, dan Jurusan) – Bertemu lagi bareng kita, budisyaqier.com yang senantiasa membahas mengenai segala ilmu pengetahuan yang pastinya perlu kalian ketahui. Dan kali ini budisyaqier.com berkesempatan untuk membahas Yuk, Mengenal Universitas Singaperbangsa Karawang (Sejarah,Fakultas, dan Jurusan). Mari langsung saja simak baik-baik ulasan di bawah.

Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) adalah perguruan tinggi negeri sekaligus perguruan tinggi pertama yang didirikan di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG didirikan pada tanggal 2 Februari 1982 oleh Yayasan Pembina Perguruan Tinggi Pangkal Perjuangan.Perguruan tinggi ini diberi nama Raden Adipati Singaperbangsa, pendiri Kadipaten Karawang di bawah Sultan Agung dari Mataram, dengan gelar Adipati Kertabumi III.

Universitas Singaperbangsa Karawang

Sejak tanggal 06 Oktober 2014 UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG (PTS) alih status menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sesuai dengan Perpres RI nomor 123 tahun 2014 tentang pendirian UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG.

1. Sejarah

UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG, pada awal berdirinya berada dibawah naungan Yayasan Pembina Perguruan Tinggi Pangkal Pangkal Perjuangan yang sebelumnya ialah Perguruan Tinggi Pangkal Perjuangan (PTPP) Karawang, terdiri dari Fakultas Hukum, serta Fakultas Ekonomi yang berdiri pada tanggal 5 September 1965.

Pada perkembangan setelah itu Fakultas Ekonomi tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya, sehingga dalam pengajuan status akreditasi yang disetujui hanya Fakultas Hukum serta berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Hukum Pangkal Perjuangan (STHPP). STHPP memperoleh status Terdaftar untuk tingkat Sarjana Muda pada tanggal 12 Juni 1970 dengan SK. Nomor : 193/DSPT/I/1970. Selanjutnya pada tanggal 5 Juni 1980 STHPP memperoleh status Terdaftar untuk Tingkat Sarjana dengan SK. Nomor : 08/0/1980. Selanjutnya berdasarkan Rencana Induk Pengembangan (RIP) STHPP untuk periode 1976 – 1983, bahwa pada tahun 1982 STHPP harus sudah berkembang menjadi Universitas.

Alhamdulillah apa yang tertera dalam RIP itu mendapat dukungan dari Bapak H. Opon Sopandji, yang pada saat itu menjabat sebagai Bupati Kepala Daerah Tingkat II Kabupaten Karawang, yang menginginkan adanya sebuah Universitas yang representatif di Kabupaten Karawang.

Pada tanggal 2 Februari 1982 didirikanlah sebuah Universitas dengan nama Universitas Singaperbangsa Karawang. Sehubungan syarat untuk berdirinya Universitas harus ada Fakultas Eksakta sementara Unsika belum memiliki Fakultas/Jurusan Eksakta, maka Status Akreditasi UNSIKA dipending. Sebagai konsekuensinya, status Fakultas Ekonomi serta Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi serta Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pada tahun 1984 didirikan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian untuk memenuhi persyaratan mendirikan Universitas serta pada akhirnya UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG memperoleh Status Akreditasi Terdaftar pada tahun 1986 sebagai penggabungan Sekolah Tinggi – Sekolah Tinggi di atas dari Menteri Pendidikan serta Kebudayaan Republik Indonesia dengan SK. Nomor : 0503/0/1986.

Sejak tanggal 06 Oktober 2014 UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG (PTS) alih status menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sesuai Perpres RI nomor 123 tahun 2014 tentang pendirian UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG.

2. Fakultas

Awalnya, sempat dikatakan jika Universitas Singaperbangsa Karawang memiliki 8 fakultas. Jadi, apa saja fakultas UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG yang berada di UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG ini ? Berikut daftar fakultas di UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG :

1. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Seperti namanya, fakultas ini adalah bentuk disiplin Ilmu Sosial serta Ilmu Politik. Lulusan program studi pada fakultas ini bergelar (S.IP) untuk Sarjana Ilmu Pemerintahan serta (S.IKom) untuk Sarjana Ilmu Komunikasi.

Terus, Program Studi apa ya yang dapat kamu ambil di Universitas Singaperbangsa Karawang? Baca penjelasannya di bawah ini.

a. Program Studi Ilmu Pemerintahan

Program Studi ini dapat menjadi tujuan kamu yang tertarik dengan lingkungan pemerintahan, baik dengan sosial atau dengan politik. Profesi yang biasanya menjadi tambatan para pemegang gelar sarjana dari bidang ini diantaranya Pegawai Negeri Sipil yang kerja di berbagai lembaga pemerintah, baik pusat atau daerah. Atau kamu dapat juga melebarkan sayap profesi menjadi Tenaga Ahli di institusi-institusi pemerintah itu.

b. Program Studi Ilmu Komunikasi

Program Studi ini mungkin saja pilihan representatif untuk kamu yang mempunyai ketertarikan tinggi pada disiplin ilmu komunikasi. Tentunya, apabila kamu singap dalam bidang ini, kamu dapat menjadi andalan utama si bos dalam menjalankan peranan komunikasi pada tempat kamu bekerja usai lulus kelak. Nah, bila kamu mahir dalam menguasai ilmu komunikasi ini, kamu dapat berprofesi sebagai Public Relation (Hubungan Kemasyarakatan) di sebuah perusahaan atau instansi pemerintah.

2. Fakultas Teknik

Program studi favorit lain yang menjadi tujuan para calon mahasiswa baru Universitas Singaperbangsa Karawang selanjutnya, yaitu Fakultas Teknik bergelar Sarjana Teknik (S.T) untuk S1 serta Ahli Madya Taknik (A.Md.T) untuk Diploma 3 (D3). Teman-teman pasti ingin tahu kenapa fakultas ini menjadi tujuan terfavorit para mahasiswa yang ingin berkuliah di Universitas Singaperbangsa Karawang? Sudah pasti karena lokasi Universitas Singaperbangsa Karawang yang benar-benar strategis yang berdekatan dengan area industri Karawang hingga tercipta hubungan baik dengan para stakeholder di lokasi industri. Karena itu tidak heran, jika penyerapan tenaga kerja lulusan Fakultas Teknik Universitas Singaperbangsa Karawang lebih cepat serta benar-benar efektif.

Terus, Program Studi apa ya yang dapat kamu ambil di universitas ini? Baca penjelasannya di bawah ini.

a. Program Studi Teknik Industri

Untuk kamu yang tertarik pada pada konsep serta proses pelaksanaan industri, jurusan ini benar-benar cocok untuk jadi minat studi. Lebih khusus industri manufaktur (produksi) yang dapat kamu tekuni seusai lulus kuliah yang cakupan profesinya benar-benar beragam dengan pilihan profesi seperti diantaranya Divisi Sumber Daya Manusia (Human Resource) serta Pengontrol Kualitas (Quality Control) produk dalam suatu perusahaan.

b. Program Studi Teknik Mesin

Program Studi ini benar-benar cocok untuk teman-teman yang berminat mempelajari komponen serta kemampuan sebuah mesin. Bila kamu merupakan pribadi yang tekun serta telaten dalam mengulik beragam perangkat keras sebuah mesin, kamu kemungkinan bisa mampu membuat mesin, baik mesin dengan design satu fungsi maupun lebih dari satu fungsi (multifungsi). Kamu juga bakal mampu melakukan proses pelaksanaan dan pengawasan performa sebuah mesin agar dapat bekerja sesuai dengan fungsinya. Jika kamu berhasil menguasai seluruh mata kuliah yang diajarkan bidang ini, bukan tidak mungkin kamu akan dibutuhkan di berbagai perusahaan nasional atau internasional.

Untuk Program Studi ini, Universitas Singaperbangsa Karawang menawarkan dua gelar: Strata 1 dengan gelar Sarjana Teknik (S.T) serta Diploma 3 (D3).

3. Fakultas Pertanian

a. Program Studi Agroteknologi

Untuk kamu yang ingin berkiprah mengembangkan pertanian di Indonesia, jurusan ini benar-benar cocok dengan minat kamu itu. Apalagi dengan status Kabupaten Karawang sebagai lumbung padi nasional, tentu banyak support serta fasilitas penelitian untuk belajar ilmu pertanian di universitas ini. Dengan keadaan ini, Fakultas Pertanian Universitas Singaperbangsa Karawang memiliki daya saing tinggi dalam hal lingkungan pertanian sampai pada tingkat nasional. Enak kan?

Jika kamu tertarik belajar di jurusan ini, kamu akan dibekali berbagai materi kuliah seperti budidaya tanaman atau agroteknologi.

4. Fakultas Ekonomi

Kamu tahu tidak, jika Fakultas Ekonomi menjadi tujuan terfavorit ke-2 setelah Fakultas Hukum yang dituju mahasiswa baru di Universitas Singaperbangsa Karawang? Selain karena telah lama berdiri (sejak 1965), Ilmu Ekonomi mempunyai jangkauan peranan baik dalam lingkup pengabdian atau kesempatan profesi yang benar-benar luas. Kamu dapat bayangkan sendiri, jika semua kegiatan manusia seharian hampir semua terkait dengan ekonomi, begitu pentingnya ilmu ini untuk kita. Bila kamu mempunyai ketertarikan tinggi pada Ilmu Ekonomi, Unsika bisa menjadi salah satu tujuan kamu belajar di perguruan tinggi.

Untuk kamu yang suka pada studi Ilmu Ekonomi, kamu dapat mengambil kuliah di fakultas ini dengan pilihan Program Studi Manajemen (S1 serta S2) dan Akuntansi (S1 dan D3). Sekadar memberikan deskripsi sekilas, Program Studi Manajemen ditujukan buat kamu yang mempunyai ketertarikan pada pengelolaan (managerial) subyek atau objek perekonomian. Kalau kamu tertarik karier sebagai pimpinan di sebuah bank, perusahaan di level nasional atau multinasional, jurusan ini cocok untuk memperdalam wawasan keilmuan serta mempertajam analisa kamu sebagai bekal dalam bekerja nantinya.

Sementara Program Studi Akuntansi tentu cocok sekali untuk kamu yang senang pada aspek perhitungan dalam ilmu ekonomi seperti pembukuan aktivitas keuangan. Jika kamu meminati profesi sebagai akuntan atau bendahara sebuah perusahaan, contohnya, kamu telah on the track jika berkualiah di jurusan ini.

Tidak hanya program reguler Strata 1 (S1) dengan gelar S.E, Universitas Singaperbangsa Karawang menawarkan gelar Ahli Madya (A.Md) untuk yang hanya ingin mengambil studi hingga jenjang Diploma 3 (D3). Perbedaannya, bila pada jenjang S1, mahasiswa akan banyak mempelajari model perhitungan sementara pada jenjang D3 lebih banyak pada pelaksanaan perhitungan aktivitas para aktor ekonomi.

5. Fakultas Agama Islam

Selanjutnya, untuk kamu yang ingin memperdalam pendidikan agama Islam, dapat menimba ilmu di Fakultas Agama Islam dengan pilihan Program Studi Pendidikan Agama Islam, Manajemen Pendidikan Islam, serta Pendidikan Guru Raudhatul Athfal. Semua diperuntukkan bagi jenjang Strata 1 (S1).

a. Program Fakultas Agama Islam

Buat kamu yang menyenangi profesi sebagai dosen, guru, pendidik benar-benar cocok bergabung dengan jurusan ini. Ditambah lagi jika kamu punya misi mengembangkan pendidikan agama sekaligus juga mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan zaman, dapat disebut telah on the track dalam memilih jurusan. Pada umumnya, program studi ini mengemban pekerjaan untuk menyiapkan pendidik bidang agama Islam yang mampu mewariskan ajaran Islam secara holistik yang diselaraskan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi: Pengabdian, Penelitian serta Pengembangan.

b. Program Studi Manajemen Agama Islam

Jika kamu ingin memahami bagaimana mengelola lembaga pendidikan atau tenaga administrasi pendidikan yang mempunyai kompetensi manajerial, dan kepribadian sosial serta teknis yang baik, jurusan ini dapat menjadi pilihan kamu. Nah, jika lulus kelak serta mahir dalam penguasan ilmu manajemen pendidikan Islam, kamu dapat memilih profesi sebagai pimpinan Lembaga Pendidikan Islam, konsultan manajemen Lembaga Pendidikan Islam, atau praktisi Lembaga Pendidikan Islam (tenaga kependidikan Islam). Tinggal pilih saja, mana yang kamu minati.

c. Program Studi Pendidikan Guru Raudhathul Athfal

Kalau jurusan ini lebih spesifik yaitu mendidik mahasiswa supaya nantinya menjadi tenaga-tenaga pendidik yang handal serta oke di Taman Kanak Kanak atau Guru Raudhathul Athfal. Nah, buat kamu yang suka terlibat dalam mendidik anak-anak usia dini atau usia taman kanak-kanak, jurusan ini memberikan kamu bekal cukup yang bisa mendukung profesi kamu itu.

6. Fakultas Hukum

Untuk kamu yang menyenangi studi ilmu hukum pas banget jika belajar di fakultas ini. Selain yang tertua, program studi Ilmu Hukum adalah jurusan terfavorit lho di universitas ini. Di sini, kamu akan belajar mata kuliah dengan konsentrasi hukum pidana, hukum perdata, hukum tata negara, serta hukum administrasi negara.

Dalam hukum pidana, kamu akan bersentuhan dengan tema-tema tentang hukum publik dari mulai tindak pidana kejahatan sampai tindak pidana korupsi. Nah, misalnya juga kamu tertarik memiliki karier sebagai penegak hukum seperti jaksa, hakim, atau pengacara, jurusan ini dapat mengantarkanmu menggapai cita-cita itu.

Tidak hanya hukum pidana, kamu akan mendapatkan kuliah hukum perdata. Mata kuliah ini merupakan peminatan bagi mahasiswa yang menyukai kasus perbuatan menantang hukum seputar hukum privat. Contohnya, tentang status kepemilikan tanah, perkawinan serta nilai sebuah benda. Nah, jika kamu punya bercita nantinya ingin menjadi notaris, konsultan hukum serta legal officer, mata kuliah ini wajib kamu ikuti dengan saksama.

Tidak lupa, kamu akan mendapatkan kuliah spesial mengenai hukum tata negara. Untuk kamu yang merencanakan bisa berkiprah di lembaga pemerintah sebagai pegawai negeri sipil tidak boleh melewatkan subyek ini. Serta, tentu saja, untuk kamu yang suka berorganisasi atau ingin berkarya di lembaga-lembaga pemerintah, perlu mengikuti kuliah ini dengan baik.

Di samping itu, ada pula hukum administrasi negara untuk kamu yang ingin berprofesi di wilayah yang sama, yakni di lembaga pemerintah. Perbedaannya, terdapat pada komponen tugas pokok serta fungsi ilmunya. Kalau hukum tata negara berbicara mengenai konsep bernegara melalui pelaksanaan kewenangan pemerintahan, hukum administrasi negara merupakan pelaksanaan konsep pemerintahan dalam bentuk kewenangan administrasi.

7. Fakultas Ilmu Komputer

a. Program Studi Teknik Informatika

Untuk masuk ke jurusan ini, kamu tidak boleh gaptek alias gagap teknologi. Paling tidak dasar-dasar pengoperasian komputer telah kamu kuasai agar tidak tertinggal jauh dari yang lain. Soalnya, semua mata kuliah wajib yang di ajarkan di jurusan berhubungan dengan teknologi komputer.

Oh ya, sebatas memberikan deskripsi umum, saat mengikuti kuliah kelak, kamu akan disajikan pelajaran-pelajaran yang berhubungan dengan perangkat keras alias hardware serta perangkat lunak alias software, khususnya bahasa pemrograman digital dalam komputer. Kamu perlu tahu dong jika para pendiri Startup (perusahaan baru yang bergerak di bidang teknologi, terutamanya teknologi informasi) serta pelaku e-commerce—situs jual beli online seperti Bukalapak, Lazada, Forum Jual Beli Kaskus, serta Tokopedia, ialah orang-orang yang menguasai teknologi komputer berikut turunannya dengan sangat baik.

8. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Fakultas terakhir yang mungkin saja pilihan kamu berkuliah di Unsika ialah Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Kamu dapat melirik fakultas ini bila ingin memahami minat studi di bidang Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Jasmani, Kesehatan Rekreasi, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang kesemuanya untuk jenjang S1.

Tentu saja dari namanya telah jelas jika kamu belajar di salah satu jurusan ini, kamu akan dipersiapkan menjadi tenaga-tenaga pendidik di setiap tingkatan pendidikan secara berjenjang mulai dari Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas.

3. Jurusan

Setelah fakultas yang berada di Universitas Singaperbangsa Karawang diulas. Selanjutnya admin akan mengulas program studi atau jurusan di Universitas Singaperbangsa Karawang. Lalu, apa saja jurusan yang ada di Universitas Singaperbangsa Karawang ini ? Berikut lengkap daftar jurusan kuliah di Universitas Singaperbangsa Karawang :

Diploma III (D3)

  1. Program Studi Akuntansi
  2. Program Studi Kebidanan
  3. Program Studi Teknik Mesin

Sarjana / Strata 1 (S1)

  1. Program Studi Ilmu Hukum
  2. Program Studi Manajemen
  3. Program Studi Pend Luar Sekolah
  4. Program Studi Agroteknologi
  5. Program Studi Pend Agama Islam
  6. Program Studi Teknik Industri
  7. Program Studi Teknik Informatika
  8. Program Studi Pend Bhs Inggris
  9. Program Studi Pend Matematika
  10. Program Studi Pend Jaskes dan Rekreasi
  11. Program Studi Pend Bahasa dan Sastra Indonesia
  12. Program Studi Ilmu Komunikasi
  13. Program Studi Ilmu Pemerintahan­
  14. Program Studi Akuntansi
  15. Program Studi Teknik Mesin
  16. Program Studi Manajemen Pend Islam
  17. Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
  18. Program Studi Teknik Elektro
  19. Program Studi Farmasi
  20. Program Studi Sistem Informasi
  21. Program Studi Teknik Kimia
  22. Program Studi Gizi
  23. Program Studi Ilmu Keolahragaan
  24. Program Studi Agribisnis

Magister (S2)

  1. Program Studi Magister Manajemen
  2. Program Studi Ilmu Hukum

Referensi :
1. https://www.unsika.ac.id/
2. https://www.quipper.com/
3. https://id.wikipedia.org/

Berikan Bintang Untuk Penulis

%d blogger menyukai ini: