5/5 (2) Unsur-Unsur Teks Deskripsi

Unsur-Unsur Teks Deskripsi – Bertemu lagi bareng kita, budisyaqier.com yang senantiasa membahas mengenai segala ilmu pengetahuan yang pastinya perlu kalian ketahui. Dan kali ini budisyaqier.com berkesempatan untuk membahas Unsur-Unsur Teks Deskripsi. Mari langsung saja simak baik-baik ulasan di bawah.

Pengertian Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah tulisan yang berusaha untuk menggambarkan bentuk objek pengamatan: rupanya, sifatnya, rasanya atau coraknya sesuai dengan keadaan yang sebenarnya (Utorodewo, 2007: 67). Dengan kata lain, teks ini merupakan hasil dari pengamatan panca indera kita. Kita menjelaskan bagaimana objek pengamatan yang kita amati melalui mata (apa yang kita lihat), lidah (rasa) jika hal yang kita amati berupa makanan, hidung (penciuman), telinga, dan kulit.

Baca Juga : Teks Deskripsi

Teks Deskripsi Impresionistis

Saat kamu ingin memberi kesan pada pembaca terhadap apa yang kamu lihat, gunakan jenis teks deskripsi impresionistis. Jenis teks ini menggambarkan impresi penulis yang bisa menstimulir pembaca dengan lebih menjelaskan mengenai kesan yang muncul ketika penulis melakukan observasi.

Dalam kata lain dalam jenis ini kamu membuat para pembaca seakan-akan ikut mengalami serta merasakan saat mereka membaca tulisanmu. Saat menulis teks deskripsi impresionistis, Kamu bisa menempatkan hal yang memberikan kesan kuat pada pengamatan di urutan pertama serta dilanjutkan dengan beberapa hal yang memberikan kesan lemah di urutan belakang. Contoh dari teks deskripsi impresionistis ialah deskripsi suasana liburan yang kamu lalui.

Teks Deskripsi Ekpositoris

Jenis teks deskripsi ekspositoris, adalah jenis teks yang disusun menurut sistem atau urutan logis dari objek yang diamati. Bisa dikatakan jika jenis teks ini benar-benar hanya berisi deskripsi tentang kesibukan yang dilakukan, tanpa usaha untuk membuat pembaca seakan-akan ikut merasakan. Teks deskripsi ekspositoris dapat kamu gunakan saat ingin mendeskripsikan suatu proses pengamatan atau eksperimen.
Saat menulis teks deskripsi, gunakan pilihan kata yang tepat ya. Sehingga pembaca bisa dengan jelas ikut merasakan hal yang sedang kamu deskripsikan. Selain itu, tetap fokus pada hal yang kamu deskripsikan. Jangan pernah kamu mengulas hal-hal yang keluar dari hal yang telah diulas sebelumnya. Oleh karenanya, sebaiknya tuliskan kerangka penulisan teks deskripsi sebelum memulainya. Kembangkan paragraf secara bertahap serta logis.

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

  1. Menjabarkan atau menggambarkan objek, tempat, atau benda
  2. Melibatkan panca indra (Penglihatan, pendengaran, pengecapan, penciuman, dan perabaan)
  3. Memaparkan ciri-ciri fisik dan sifat objek, tempat, atau orang tertentu, seperti ukuran,bentuk,warna, dan kepribadian secara jelas
  4. Menggunakan kata-kata yang cenderung bermakna sifat, situasi, atau kondisi

Berikan Bintang Untuk Penulis

%d blogger menyukai ini: