5/5 (1) Tokoh-Tokoh Nasional dan Daerah dalam Memperjuangkan Kemerdekaan

Tokoh-Tokoh Nasional dan Daerah dalam Memperjuangkan Kemerdekaan – Memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia adalah kewajiban bagi setiap masyarakat. Namun, memperjuangkan kemerdekaan tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Dibutuhkan niat yang kuat, usaha yang tiada henti, pikir yang matang, dan strategi-strategi yang membersamai dalam setiap langkah perjuangan.

Banyak pahlawan yang gugur dimedan perang, mereka datang dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka pergi meninggalkan keluarga di rumah demi mewujudkan Indonesia yang merdeka dari penguasa kolonial. Berikut adalah tokoh-tokoh nasional maupun daerah yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

  1. Sultan Agung

Apakah anda mengenal Sultan Agung? Laki-laki yang merupakan raja dari kerajaan besar Mataram. Beliau sangat terkenal karena mampu menggerakan 10.000 prajurit untuk turun ke Batavia dan mengusir kolonial Belanda. Usaha besarnya ini digagalkan oleh pasukan musuh yang mendapat bala bantuan dari daerah lain. Melalui Sultan Agung, dunia diberitahu bahwa Indonesia tidak ingin dijajah.

  1. Pattimura

Pattimura merupakan salah satu dari banyaknya pahlawan yang berasal dari daerah Maluku. Beliau berhasil merebut sebuah Benteng Duursted yang berdiri gagah pada tanggal 16 Mei 1817. Hari itu pun merupakan hari dimana tewasnya Residen Van Den Berg.

Dengan bala bantuan dari putri Kristina Matra Tiahahu dan rakyat, beliau terus berjuang untuk mengusir penjajah Belanda. Walau pada akhirnya, Pattimura tertangkap dan dihukum gantung karena menolak untuk bekerja sama dengan pemerintahan Belanda.

  1. Untung Suropati

Pahlawan Untung Suropati melakukan perlawanan di wilayah Jawa Tengah hingga Jawa Timur. Hal ini karena ketidakadilan dan penghianatan yang dilakukan oleh bangsa penjajah Belanda. Untung Suropati dengan gigih berhasil mengusir penguasa kolonial dan membunuh pimpinanya yaitu Kapten Tack.

Kemudian, beliau menjadi Adipati Wiranegara di daerah Bangil. Jawa Timur. Namun, Belanda datang kembali dan menyerang Bangil. Peristiwa tersebut memakan banyak korban dari kedua belah pihak, termasuk gugurnya Untung suropati.

  1. Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantara merupakan tokoh nasional yang memperjuangkan kemerdekaan negara kesatuan republic Indonesia. Ki Hajar Dewantara atau Raden Mas Suwardi Suryaningrat mendirikan organisasi pergerakan bernama Indische Partij bersama dengan Dr. Cipto Mangunkusumo dan Dowes Dekker.

Maksud didirikannya organisasi ini adalah untuk memperjuangkan Indonesia merdeka dan berdaualat. Beliau juga mendirikan sekolah yang bernama Taman Siswa. Kemudian, beliau dikenal dengan Bapak Pendidikan Nasional.

  1. Dr. Soetomo

Dr. Soetomo ditemani oleh Dr. Wahidin Soedirohoesodo mendirikan organisasi pergerakan yang berkecimpung di dunia pendidikan dan sosial. Tujuan didirikannya organisasi ini tidak lain adalah untuk mengangkat derajat bangsa Indonesia dan meningkatkan keluhuran orang Jawa.

Selain itu, beliau memiliki cita-cita yang sangat mulia yaitu memakmurkan rakyat Indonesia dan menghapuskan kapitalisasi pendidikan dikalangan masyarakat. Beliau memandang bawa setiap masyarakat memiliki hak yang sama untuk hidup sejahtera.

  1. Ir. Soekarno

Ir. Soekarno merupakan tokoh nasional yang sangat berjasa dalam kemerdekaan Indonesia. Kecerdasannya, wibawanya, dan semangatnya menular kepada kaum pemuda. Perjuangannya telah terekam dan akan selalu diingat oleh setiap warga negara Indonesia. Jasanya meliputi sebelum dan sesudah kemerdekaan.

  1. Ahmad Dahlan

Tokoh nasional lainnya adalah Ahmad Dahlan. Seorang tokoh yang berkecimpung di dunia pergerakan. Mempelajari pengetahuan agama di Mekah dan kembali dengan membentuk organisasi pergerakan keagamaan Muhamadiyah.

Begitu banyak tokoh-tokoh nasional dan daerah yang berjasa dalam kemerdakaan Indonesia. Jasa mereka tidak bisa tergantikan. Semangatnya masih terasa dan memotivasi para generasi bangsa untuk turut aktif dalam menjaga, mempertahankan kemerdekaan Indonesia, juga dalam mengisi kemerdekaan.

Berikan Bintang Untuk Penulis

%d blogger menyukai ini: