Tindakan dan Interaksi Sosial

1 min read

Tindakan dan Interaksi Sosial – Pada kesempatan kali ini, budisyaqier.com akan membahas materi sosiologi mengenai Tindakan dan Interaksi Sosial. Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah. Semoga bermanfaat!

Pengertian Tindakan Sosial

Tindakan sosial adalah tindakan yang memengaruhi atau dipengaruhi oleh orang lain. Menurut Max Weber, tindakan sosial mengandung makna jika ditujukan atau memperhitungkan keberadaan orang lain.

Sementara itu, pengertian tindakan sosial menurut KBBI adalah:

upaya terorganisasi untuk mengubah keadaan sosial ekonomi

KBBI Daring

Ciri-Ciri Tindakan Sosial

Berikut beberapa ciri-ciri dari tindakan sosial:

  • Tindakan sosial mempunyai arah dan akibat (tindakan tersebut mempunyai makna).
  • Tindakan tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan perilaku orang lain.
  • Tindakan yang memengaruhi dan dipengaruhi oleh orang lain.
  • Tindakan nyata yang memiliki sifat membatin dan sifat subjektif.

Jenis-Jenis Tindakan Sosial

Berdasarkan hal yang mendorongnya, tindakan sosial terbagi menjadi 4 jenis, yaitu:

1.) Tindakan Rasional Instrumental

Tindakan yang didasari pada akal/rasio, sehingga mempertimbangkan antara tujuan dan cara yang dilakukan. Contoh: seorang murid yang begadang belajar demi persiapan ulangan agar mendapatkan nilai yang memuaskan.

2.) Tindakan Berorientasi Nilai

Tindakan sosial ini berkaitan dengan nilai-nilai dasar yang terkandung di masyarakat. Seperti etika, estetika, agama, dan nilai-nilai lain. Contoh: seorang anak yang berhenti main bola untuk melakukan ibadah (tindakan ini didorong oleh nilai agama).

3.) Tindakan Afektif

Tindakan sosial ini terjadi karena dorongan dari perasaan/emosi. Contoh: seorang perempuan menangis setelah mendengar cerita sedih dari temannya.

4.) Tindakan Tradisional

Tindakan yang didasarkan atas kebiasaan yang telah mendarah daging. Contoh: Upacara Seba, yakni kebiasaan tradisional suku Badui saat mengadakan kunjungan ke kepala kabupaten setempat.

Pengertian Interaksi Sosial

Interaksi sosial adalah proses terjadinya aksi dan reaksi (timbal balik) dari kedua belah pihak, baik antarindividu, individu dengan kelompok, maupun antarkelompok.

Sementara itu, pengertian interaksi sosial menurut KBBI adalah:

hubungan sosial yang dinamis antara perseorangan dan perseorangan, antara perseorangan dan kelompok, dan antara kelompok dan kelompok

KBBI Daring

Ciri-Ciri Interaksi Sosial

Menurut Charles P. Loomis, terdapat 4 ciri-ciri dari interaksi sosial, yaitu:

  1. Melibatkan lebih dari 1 orang,
  2. Terdapat komunikasi antarpelaku dengan menggunakan simbol-simbol.
  3. Terdapat dimensi waktu (masa lampau, masa kini, dan masa mendatang).
  4. Tujuan yang ditentukan jelas.

Faktor yang Memengaruhi Interaksi Sosial

Ada beberapa faktor yang memengaruhi interaksi sosial, antara lain:

1.) Imitasi

Imitasi adalah tindakan meniru orang lain, baik sikap, tingkah laku, maupun penampilan fisiknya. Imitasi dapat mendorong individu atau kelompok untuk melaksanakan perbuatan-perbuatan yang baik.

2.) Sugesti

Sugesti adalah pengaruh atau pandangan yang diberikan satu pihak kepada pihak lain, sehingga ada proses saling mempengaruhi dan menerima pandangan tersebut secara ataupun tidak, tanpa berpikir panjang.

3.) Identifikasi

Identifikasi yaitu kecenderungan dalam diri seseorang untuk menjadi sama dengan orang lain, umumnya orang yang diidolakan.

4.) Simpati

Simpati adalah suatu proses dimana seseorang merasa tertarik dengan orang lain sehingga ingin mengerti pihak lain untuk semakin memahaminya.

5.) Empati

Empati adalah perasaan yang menempatkan diri seolah berada di posisi seseorang atau kelompok tertentu yang sedang mengalami suatu perasaan tertentu.

6.) Motivasi

Motivasi sering disebut sebagai semangat atau dorongan yang diberikan kepada individu ke individu atau kelompok ke kelompok, maupun antara individu dengan kelompok.

Demikianlah artikel mengenai Tindakan dan Interaksi Sosial. Apabila ada pertanyaan, kamu dapat bertanya melalui kolom komentar dibawah ini.

Hosting Unlimited Indonesia

Lembaga Sosial

Lembaga Sosial – Pada kesempatan kali ini, budisyaqier.com akan membahas materi sosiologi mengenai Lembaga Sosial. Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah. Semoga bermanfaat! Daftar Isi1 Pengertian...
Afifa Atira
2 min read

Nilai dan Norma Sosial

Nilai dan Norma Sosial – Pada kesempatan kali ini, budisyaqier.com akan membahas materi sosiologi mengenai Nilai dan Norma Sosial. Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah....
Afifa Atira
3 min read

Perubahan Sosial di Masyarakat

Perubahan Sosial di Masyarakat – Pada kesempatan kali ini, budisyaqier.com akan membahas materi sosiologi mengenai Perubahan Sosial di Masyarakat. Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah. Semoga...
Afifa Atira
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *