5/5 (1) Tempat Umum dan Contohnya

Tempat Umum dan Contohnya – Tempat umum ialah satu tempat yang biasanya ada beberapa orang yang bergabung untuk lakukan satu pekerjaan baik dengan sesaat ataupun dengan terus-terusan serta baik membayar ataupun tidak membayar. Tempat umum dapat disimpulkan menjadi fasilitas yang diadakan oleh pemerintah, swasta atau perseorangan yang dipakai untuk pekerjaan buat penduduk.

Kriteria Tempat Umum

1. Diperuntukkan bagi masyarakat umum.
2. Harus ada gedung atau tempat yang permanen.
3. Harus ada aktivitas (pengusaha, pegawai, dan pengunjung).
3. Harus ada fasilitas (SAB, WC, Urinoir, tempat sampah, dan lain-lain) sanitasi tempat-tempat umum, yaitu suatau usaha untuk mengawasi dan mencegah kerugian akibat dari tidak terawatnya tempat-tempat umum tersebut yang mengakibatkan timbul dan menularnya berbagai jenis penyakit.

 

Contoh Tempat Umum

1. Sekolah

Sekolah ialah instansi pendidikan yang sifatnya resmi, non resmi, serta informal, di mana keputusannya dikerjakan oleh negara ataupun swasta dengan arah untuk memberi edukasi, mengurus, serta mendidik beberapa murid lewat tuntunan yang dikasihkan oleh beberapa pendidik atau guru.
sumber : pixabay.com

 

2. Rumah Sakit

Rumah sakit ialah satu institusi perawatan kesehatan profesional yang pelayanannya disiapkan oleh dokter, perawat, serta tenaga pakar kesehatan yang lain.

Sumber : pixabay.com

3. Puskesmas

Pusat Kesehatan Penduduk, dipersingkat Puskesmas, ialah organisasi fungsional yang mengadakan usaha kesehatan yang berbentuk lengkap, terpadu, rata, bisa di terima serta dapat dijangkau oleh penduduk, dengan ikut serta aktif penduduk serta memakai hasil peningkatan ilmu dan pengetahuan serta tehnologi tepat guna, dengan biaya yang bisa dipikul oleh pemerintah serta penduduk. Usaha kesehatan itu diadakan dengan mengutamakan pada pelayanan untuk penduduk luas untuk sampai derajad kesehatan yang maksimal, tanpa ada meremehkan kualitas pelayanan pada perseorangan.
 Sumber Jurnal Sumatra

4. Pasar

Pasar salah satu dari beberapa skema, institusi, mekanisme, jalinan sosial serta infrastruktur tempat usaha jual barang, layanan, serta tenaga kerja untuk beberapa orang dengan imbalan uang. Barang serta layanan yang di jual memakai alat pembayaran yang resmi seperti uang fiat. Pekerjaan ini adalah sisi dari perekonomian. Ini ialah penataan yang sangat mungkin konsumen serta penjual untuk item transisi. Pertarungan penting dalam pasar, serta memisahkan pasar dari perdagangan. Dua orang mungkin lakukan perdagangan, tapi diperlukan paling tidak tiga orang untuk mempunyai pasar, hingga ada pertarungan pada paling tidak satu dari dua sebelah pihak. Pasar beragam dalam ukuran, jangkauan, skala geografis, tempat type serta beberapa komune manusia, dan type barang serta layanan yang diperjualbelikan. Contoh-contoh termasuk juga pasar petani lokal yang diselenggarakan di alun-alun kota atau tempat parkir, pusat belanja serta pusat belanja, mata uang internasional serta pasar komoditas, hukum membuat pasar seperti untuk izin polusi, serta pasar ilegal seperti pasar untuk obat-obatan terlarang.

Sumber : Pixabay.com

5. Pusat perbelanjaan

Pusat Perbelanjaan adalah sekelompok penjual eceran dan usahawan komersial lainnya yang merencanakan, mengembangkan, mendirikan, memiliki dan mengelola sebuah properti tunggal. Pada lokasi properti ini berdiri disediakan juga tempat parkir. Tujuan dan ukuran besar dari pusat perbelanjaan ini umumnya ditentukan dari karakteristik pasar yang dilayani.
Sumber : pixabay.com

6. Restoran/tempat makan

restoran adalah istilah umum untuk menyebut usaha gastronomi yang menyajikan hidangan kepada masyarakat dan menyediakan tempat untuk menikmati hidangan tersebut serta menetapkan tarif tertentu untuk makanan dan pelayanannya. Meski pada umumnya rumah makan menyajikan makanan di tempat, tetapi ada juga beberapa yang menyediakan layanan take-out dining dan delivery service sebagai salah satu bentuk pelayanan kepada konsumennya. Rumah makan biasanya memiliki spesialisasi dalam jenis makanan yang dihidangkannya. Sebagai contoh yaitu rumah makan chinese food, rumah makan Padang, rumah makan cepat saji (fast food restaurant) dan sebagainya.

Sumber : pixabay.com

7. Toilet umum

Fasilitas umum umumnya menyiapkan toilet yang bisa dipakai umum. Umumnya toilet umum seperti itu terdiri atas kamar-kamar toilet dengan sarana bersihkan tangan dalam tempat terpisah. Toilet umum umumnya dipisahkan (yakni berlainan ruang) sesuai dengan jenis kelamin pemakainya, yakni toilet pria serta toilet wanita. Tempat bersihkan tangan dapat ada buat ke-2 jenis kelamin. Toilet umum pria umumnya mempunyai tempat buang air kecil terpisah, bisa berbentuk urinoir berdesain spesial yang menempel pada dinding untuk dipakai satu orang atau berbentuk bak atau selokan yang tetap dialiri air untuk dipakai lebih dari satu orang. Urinoar yang menempel pada dinding umumnya dikasih sekat keduanya untuk mengawasi privacy pemakainya. 
Toilet umum di luar ruang (di pinggir jalan, di seputar taman, dan lain-lain) dapat dikatakan sebagai perlengkapan jalan. Toilet umum seperti ini umumnya bisa dipakai ke-2 jenis kelamin, berupa kotak yang bisa mempunyai perlengkapan simpel serta tidak bersaluran air ataupun lebih elegan serta bisa bersihkan diri pribadi sesudah dipakai. 
Ada juga toilet umum yang bisa dipindahkan hingga dapat diletakkan bilamana serta dimana dibutuhkan, contohnya dalam satu konser musik dalam tempat terbuka. 
Toilet umum dapat ada dalam kendaraan umum. Umumnya ada toilet dalam pesawat terbang, kereta, kapal laut, serta seringkali juga pada bus serta kapal feri jarak jauh, tetapi tidak dalam angkutan dalam kota seperti kereta bawah tanah, trem, serta bus kota.
Toilet umum dapat memungut bayaran dari penggunanya. Pembayaran tersebut dapat dilakukan dengan:
1. meletakkan uang pada tempat terbuka yang tidak dijaga,
2. memasukkan uang ke dalam kotak terkunci berlubang kecil seperti tabungan,
3. memasukkan uang melalui lubang khusus di sekitar pintu toilet; pintu toilet hanya dapat dibuka bila uang sudah dimasukkan,
4. memberikan uang kepada penjaga toilet (yang kadang juga bertanggung jawab sebagai petugas kebersihan toilet).
sumber : pixabay.com

8. Halte bus

 Halte Bus adalah tempat untuk menaikkan dan menurunkan penumpang bus, biasanya ditempatkan pada jaringan pelayanan angkutan bus. Di pusat kota ditempatkan pada jarak 300 sampai 500 m dan di pinggiran kota antara 500 sampai 1000 m.
Semakin banyak penumpang yang naik turun di suatu tempat perhentian bus semakin besar dan semakin lengkap fasilitas yang disediakan. Untuk tempat perhentian yang kecil cukup dilengkapi dengan rambu lalu lintas saja, dan untuk perhentian yang besar bisa dilengkapi dengan atap dan tempat duduk, bahkan bila diperlukan dapat dilengkapi dengan kios kecil untuk menjual surat kabar, atau rokok.
Sumber : pixabay.com
 
Nah itu dia Tempat Umum dan Contohnya mungkin masih banyak lagi tempat umum yang lain. semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda semua.

Berikan Bintang Untuk Penulis

%d blogger menyukai ini: