Teks Tantangan (Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri dan Kaidah Kebahasaan)

Teks tantangan – Pada artikel hari ini Budisyaqier.com akan menjelaskan materi teks tantangan dari mata pelajaran Bahasa Indonesia. Yang akan dipelajari adalah pengertian teks tantangan, struktur teks tantangan, ciri-ciri dan juga kaidah kebahasaannya. Materi teks tantangan ini mulai muncul di jenjang pendidikan SMP.

Pengertian Teks Tantangan

Teks tantangan adalah teks yang berisi informasi bantahan terhadap hal kontroversial atau yang sedang banyak dibicarakan masyarakat dan disertai dengan argumen, fakta atau data-data yang dapat memperkuat bantahan tersebut.

Suatu hal atau fenomena yang sedang kontroversial biasanya akan cepat berkembang di masyarakat dan kemudian viral di media sosial. Misalnya saja kebijakan UN yang akan dihapus atau pemblokiran internet sementara. Hal-hal tersebut akan mengundang munculnya pihak pro dan kontra serta argumen pendukung dan penentang.

Teks tantangan muncul dari hal tersebut. Dan teks tantangan biasanya muncul menjadi bahan sanggahan di dalam sebuah diskusi atau debat.

Struktur Teks Tantangan

Sama seperti struktur teks eksemplum, teks tantangan juga memiliki 3 struktur yang membuatnya menjadi utuh. Berikut penjelasan struktur teks tantangan.

1. Pengantar/Isu

Isu berisi topik atau hal yang akan dibantah. Biasanya berisikan hal-hal kontroversial yang sedang berkembang di media massa atau masyarakat.

2. Argumen

Argumen berisikan rangkaian bukti dan alasan yang bisa mendukung atau menguatkan bantahan terhadap topik. Di bagian argumen ini juga penulis akan melampirkan fakta dan data pendukung.

3. Simpulan

Dan struktur teks tantangan yang terakhir adalah simpulan. Simpulan berisikan pernyataan yang menegaskan bantahan terhadap topik.

Ciri-Ciri Teks Tantangan

Teks tantangan mempunyai ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan teks lain seperti teks tanggapan kritis. Berikut ciri-ciri teks tantangan.

  • Memiliki struktur isu, argumen, dan simpulan.
  • Terdapat informasi yang membantah suatu hal yang ramai diperdebatkan masyarakat disertai dengan argumen dan data-data yang memperkuat bantahan.
  • Mempunyai ciri-ciri kebahasaan kata hubung, kata rujukan, kalimat kompleks dan pilihan kata.

Kaidah Kebahasaan

Seperti yang sudah disebutkan pada ciri-cirinya di atas bahwa teks tantangan memiliki 4 ciri-ciri atau kaidah kebahasaan. Berikut penjelasan kaidah kebahasaan teks tantangan.

  1. Kalimat kompleks, kalimat yang memiliki lebih dari satu struktur dan satu kata kerja.
  2. Kata hubung, kata yang berfungsi untuk menghubungkan kata antar kata.
  3. Kata rujukan, kata yang menunjukkan rujukan atau pemberi informasi.
  4. Pilihan kata, digunakan dengan tujuan gagasan teks dapat disampaikan dengan baik.

Cara Menyusun Teks Tantangan

Jika kamu ingin mencoba untuk membuat sebuah teks tantangan, maka berikut cara menyusun teks tantangan yang baik dan benar.

  1. Pertama-tama, tentukan tema dan judul teks tantangan yang ingin ditulis.
  2. Cari sumber informasi kredibel yang akan diadikan sebagai bahan pembicaraan.
  3. Analisis bahan dengan cara mengolah data dan informasi menjadi pernyataan berikut.
    – penyusunan kalimat berupa kalimat topik di setiap struktur teks.
    – pengembangan kalimat topik dengan kalimat-kalimat pengembang.
    – menyusun paragraf teks sesuai dengan strukturnya.
    – menyunting kalimat sesuai dengan kaidah kebahasaan.
    – menggabungkan semua paragraf menjadi sebuah teks yang padu.
  4. Dari hasil analisis tadi susun teks dengan urutan struktur teks tantangan sehingga menjadi sebuah teks tantangan yang utuh.

Contoh teks tantangan bisa kamu temukan di berbagai media baik media cetak maupun media elektronik. Kamu juga bisa menemukan banyak contoh teks tantangan di internet.

Pada artikel berikutnya Budisyaqier.com juga akan memberikan beberapa contoh teks tantangan.

Sekian dulu pembahasn materi teks tantangan pada artikel kali ini. Terima kasih dan semoga bermanfaat.