5/5 (1) Teks Prosedur (Pengertian,Ciri,Tujuan,Struktur,Kaidah Kebahasaan dan Jenis Teks Prosedur)

Teks Prosedur (Pengertian,Ciri,Tujuan,Struktur,Kaidah Kebahasaan dan Jenis Teks Prosedur) – Bertemu lagi bareng kita, budisyaqier.com yang senantiasa membahas mengenai segala ilmu pengetahuan yang pastinya perlu kalian ketahui. Dan kali ini budisyaqier.com berkesempatan untuk membahas Teks Prosedur (Pengertian,Ciri,Tujuan,Struktur,Kaidah Kebahasaan dan Jenis Teks Prosedur). Mari langsung saja simak baik-baik ulasan di bawah.

Pengertian Teks Prosedur

Teks Prosedur ialah teks yang berisi cara, tujuan untuk membuat atau melakukan suatu hal dengan langkah untuk langkah yang tepat dengan berurutan sehingga menghasilkan suatu tujuan yang diinginkan.

Teks prosedur umumnya ada pada tulisan yang mengandung cara, tips atau tutorial melakukan langkah tertentu. Di dalam teks prosedur ada kata imperatif atau kata perintah untuk melakukan apa yang diulas pada teks supaya si pembaca melakukan apa yang diperintah pada isi teks tersebut .

Contohnya kamu sedang mencari tulisan cara memutihkan wajah melalui internet, nah pada teks tulisan itu akan ada cara atau langkah bagaimana memutihkan muka hingga menghasilkan putih bersih seperti yang kamu inginkan. cara yang diberikan pun langkah demi langkah secara berurutan supaya sipembaca dapat mengikuti panduan yang diberikan.

Pada teks prosedur, isi dari tulisannya selalu berhubungan dari pertama sampai akhir, serta dari setiap isinya ada keterangan-keterangan supaya gampang dimengerti oleh pembaca.

Ciri-Ciri Teks Prosedur

Adapun ciri-ciri teks prosedur yang diantaranya yakni:

  1. Menggunakan Pola Kalimat Perintah (Imperatif) Kalimat perintah merupakan kalimat yang mengandung makna meminta/ memerintah seseorang untuk melakukan sesuatu.
  2. Menggunakan Kata Kerja Aktif Kata kerja yang memberikan suatu tindakan kepada objeknya.
  3. Menggunakan Kata Penghubung (Konjungsi) Untuk Mengurutkan Kegiatan Kata penghubung yang menyatakan waktu kegiatan yang hadir dan bersifat kronologis. .
  4. Menggunakan Kata Keterangan Gunanya menambahkan atau memberi keterangan pada kata lain.

Tujuan Teks Prosedur

Teks prosedur mempunyai tujuan tersendiri yang perlu diraih. Tujuan utama dari teks prosedur ialah membantu pembacanya atau pendengar untuk mengerti mengenai bagaimanakah cara melakukan atau membuat sesuatu dengan benar serta tepat.

Struktur Teks Prosedur

  1. Tujuan Pada bagian ini, menuliskan apa tujuan dari langkah-langkah yang akan dibuat atau hasil akhir yang akan diwujudkan pada teks prosedur tersebut.
  2. Material Pada bagian ini dijelaskan apa saja alat dan bahan dalam proses membuat sesuatu yang diinginkan, atau apa-apa saja keperluan yang harus dipersiapkan sebelum memulai langkah-langkah yang telah dibuat.
  3. Langkah-Langkah Yang ketiga ada bagian langkah langkah yang isinya tentang langkah langkah yang perlu di lalui agar memperoleh hasil yang sesuai terhadap tujuan dari teks prosedur. Di bagian ini, setiap tahapnya juga harus dilakukan secara urut tidak boleh dilakukan secara acak.

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur

Teks prosedur mempunyai kaidah kebahasaan antara lain, konjungsi temporal, kata imperatif, verba material serta tingkah laku, partisipan manusia, bilangan pendanda, kalimat introgatif serta kalimat deklaratif.

  1. Kalimat Imperatif – Kalimat yang mengandung perintah, fungsinya ialah untuk meminta atau melarang seseorang untuk melakukan sesuatu.
  2. Kalimat Deklaratif – Kalimat yang berisi pernyataan, fungsinya ialah untuk memberikan informasi atau berita tentang sesuatu.
  3. Kalimat Interogatif – Kalimat yang berisi pertanyaan, fungsinya ialah untuk meminta informasi tentang sesuatu.
  4. Konjungsi Temporal – Konjungsi temporal merupakan kata penghubung yang berhubungan secara kronologis dengan waktu dan kejadian dari kedua peristiwa yang memiliki keterkaitan. Misalnya, setelah ini, kemudian, lalu, sesudah itu, selanjutnya, sebelum itu, dan lain-lain.
  5. Verba material dan tingkah laku – Verba material adalah perbuatan yang mengacu pada tindakan, seperti potonglah ubi itu, masukan air kedalam wadah. Sedangkan Verba tingkah laku adalah perbuatan yang mengacu pada tindakan berdasarkan ungkapan, seperti, tunggu kira-kira 5 menit, tunggu sampai matang, tetap pertahankan, dan lainnya.
  6. Partisipan manusia – Partisipan manusia adalah mempartisipasikan atau mengikutsertakan manusia dalam tulisan tersebut untuk membantu langkah-langkahnya.
  7. Bilangan penanda – Bilangan penanda adalah bilangan yang mengurutkan langkah-langkah pada tulisannya.

Jenis Teks Prosedur

Teks prosedur mempunyai 3 macam jenis antara lain, teks prosedur sederhana, kompleks serta protocol.

  1. Teks prosedur Sederhana – Teks prosedur sederhana yakni teks yang berisi beberapa langkah sederhana yang biasaya hanya 2-4 langkah saja dalam mengerjakannya, misalnya cara login instagram.
  2. Teks Prosedur Kompleks -Teks prosedur kompleks yakni teks yang berisikan banyak langkah dalam mengerjakannya. misalnya, cara membuat sambal balado, cara mengajukan pembuatan kartu SIM, cara memperpanjang STNK, prosedur pembuatan ktp.
  3. Teks Prosedur Protocol – Teks prosedur protokol ialah teks yang pada setiap langkahnya dapat dirubah tidak harus runut, meskipun berubah, tapi hasilnya masih sama. contohnya, bila memasak mie instant kita dapat merebus dengan memasukkan mie serta bumbu kedalam air rebusan dari tungku atau dapat memasukkan air panas kedalam wadah yang berisi mie lalu memasukkan bumbu.

Berikan Bintang Untuk Penulis

%d blogger menyukai ini: