5/5 (1) Teks Negosisasi ( Pengertian, Struktur, Ciri – Ciri, Tujuan, Langkah- Langkah Dan Kaidah Kebahasaan)

Teks Negosisasi ( Pengertian, Struktur, Ciri – Ciri, Tujuan, Langkah- Langkah Dan Kaidah Kebahasaan) – Bertemu lagi bareng kita, budisyaqier.com yang senantiasa membahas mengenai segala ilmu pengetahuan yang pastinya perlu kalian ketahui. Dan kali ini budisyaqier.com berkesempatan untuk membahas Teks Negosisasi ( Pengertian, Struktur, Ciri – Ciri, Tujuan, Langkah- Langkah Dan Kaidah Kebahasaan). Mari langsung saja simak baik-baik ulasan di bawah.

Mendengar kata- kata negosiasi tentunya sudah sangat akrab ditelinga kita. Sebagai makhluk sosial tentunya kita tidak bisa lepas darinya. Negosiasi terjadi dikarenakan perbedaan sudut pandang atau kepentingan. Untuk mengetahui lebih detail ternyata kurikulum 2013 membahasanya sebagai materi Teks Negosiasi.

Pengertian Teks Negosiasi

Di dalam KBBI kata negosiasi dijelaskan bahawa kedua belah pihak yang melakukan proses berunding hingga benar-benar setuju untuk melanjutkan prihal dalam urusan bisnis ataupun jual beli. Jadi bisa dikatakan bahwa negosiasi merupakan interaksi sosial yang berguna untuk mencapai suatu kesepakatan.

Dalam hal ini teks negosiasi adalah tulisan yang dibuat untuk menyampaikan pendapat, berunding atau mengajukan suara guna mencapai mufakat dengan pihak lain yang bersangkutan.

Struktur Teks Negosiasi

Teks negosiasi ini berisikan tulisan yang akan pendapat guna mendapatkan sebuah kesepakatan. Dalam hal ini bukan jual beli karena esensi dari negosiasi berbeda dengan tawar menawar dalam jual beli. Lebih cenderung pada penyelesaian masalah, konflik dan lainya. Dalam teks ini terdapat 3 susunan struktur yakni :

  1. Pembukaan, berisi sapaan atau greetings yang ditujukan kepada pihak ke dua. Bisa dengan menggunakan salam, sapaan, ucapan selamat pagi dan lain sebagainya.
  2. Pada bagian kedua ini, pihak yang mengajukan negosiasi langsung menuliskan maksud atau tujuan diterbitkanya surat tersebut pada pihak kedua.
  3. Bagian terakhir yakni penutup. Pada sesi ini cukup menggunakan penutup seperti biasanya dituliskan dalam surat surat resmi, seperti ungkapan terimakasih dan harapan atas disetujuinya negosiasi yang diajukan.

Sebenarnya secara kaidah bahasa, tidak ada struktur baku dalam teks negosiasi karena tergantung pada subjek dan objek yang dirundingkan, namun secara umum bisa disimpulkan melalui tiga point di atas

Yang perlu diperhatikan dalam teks negosiasi adalah menghindari hal yang dapat mendatangkan kerugian dari kedua belah pihak. Untuk itu perlu menyesuaikan pembicaraan ke arah tujuan praktis, mengakomodir butir- butir perbedaan diantara kedua belah pihak, mengajukan pandangan baru tanpa melukai kedua belah pihak, mengalokasikan tugas dan tanggung jawab dari kedua belah pihak yang bersangkutan. Yang terakhir adalah memprioritaskan saran dari keduanya.

Ciri – ciri Teks Negosiasi

Untuk mengidentifikasi apakah teks tersebut termasuk dalam jenis teks negosiasi, anda bisa melihat ciri- cirinya secara umum sebagai berikut :

  1. Bertujuan untuk mendapatkan kesepakatan
  2. Mendapatkan hasil yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.
  3. Sebagai sarana mencari jalan keluar dari perbedaan pandangan antara dua belah pihak yang berbeda.
  4. Negosiasi ini bertujuan praktis.
  5. Teks negosiasi biasanya dalam bentuk dialog yang diubah menjadi monolog.

Tujuan Teks Negosiasi

Teks negosiasi ini bertujuan guna menyampaikan pendapat tentang perbedaan sudut pandang beberapa pihak yang berbeda. Hasil akhirnya yakni mencapai mufakat agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

Kaidah Kebahasaan teks Negosiasi

  1. Menggunakan bahasa persuasif, yakni berfungsi untuk membujuk, merayu, atau menarik perhatian.
  2. Kalimat deklaratif, kalimat yang disampaikan merupakan pernyataan yang dapat memberikan informasi, berita dan lainnya.
  3. Menggunakan babhasa yang sopan.
  4. Menggunakan konjungsi dalam setiap paragra atau kalimat seperti, kalau begitu, walaupun dll.
  5. Menggunakan kalimat yang efektif, dalam artian tidak berbelit- belit dan memahamkan si pembaca.

Demikian beberapa hal yang perlu anda ketahui mengenai teks negosiasi. Untuk lebih memahaminya, anda bisa membaca lebih banyak dari sumber- sumber lain.

Berikan Bintang Untuk Penulis

%d blogger menyukai ini: