5/5 (1) Teks Laporan Hasil Observasi (Pengertian,Ciri,Struktur,Tujuan,Fungsi, dan Kaidah Kebahasaan)

Teks Laporan Hasil Observasi (Pengertian,Ciri,Struktur,Tujuan,Fungsi, dan Kaidah Kebahasaan) – Bertemu lagi bareng kita, budisyaqier.com yang senantiasa membahas mengenai segala ilmu pengetahuan yang pastinya perlu kalian ketahui. Dan kali ini budisyaqier.com berkesempatan untuk membahas Teks Laporan Hasil Observasi (Pengertian,Ciri,Struktur,Tujuan,Fungsi, dan Kaidah Kebahasaan). Mari langsung saja simak baik-baik ulasan di bawah.

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan observasi ialah teks yang berfungsi untuk memberikan informasi mengenai suatu objek atau situasi, setelah diadakannya investigasi atau penelitian secara sistematis. Nah, laporan hasil observasi bisa berupa hasil riset secara mendalam mengenai suatu benda, tumbuhan, hewan, konsep atau ekosistem tertentu.

Teks laporan hasil observasi umumnya berisi mengenai fakta-fakta yang bisa dibuktikan secara ilmiah. Tujuannya ialah untuk mendapatkan informasi serta penjelasan detail tentang suatu hal dari sudut pandang keilmuan kepada pembaca.

Ciri-Ciri Teks Laporan Hasil Observasi

  1. Teks bersifat objektif, yakni penulis tidak dibenarkan untuk memihak kepada orang atau pihak tertentu.
  2. Teks berdasarkan fakta, yakni penulis harus memberikan hasil peninjauan atau pengamatan berdasarkan data yang sebenarnya dalam kehidupan nyata dan bukan hasil karangan, khayalan, imajinasi, atau angan-angan penulis.
  3. Teks bersifat khusus atau spesifik, yakni penulis harus memberikan hasil peninjauan atau pengamatan secara jelas pada suatu hal atau permasalahan dan tidak membahas hal lain di luar hal atau masalah yang dibahas.
  4. Teks disajikan secara lengkap, yakni penulis harus menyajikan atau memberikan semua hasil peninjauan atau pengamatan yang dibutuhkan untuk keperluan pembaca tanpa terkecuali secara terperinci satu per satu.
  5. Teks disajikan secara menarik dan mudah dipahami oleh pembaca, yakni penulis harus menyesuaikan teks laporan observasi yang dibuatnya dengan kebutuhan pembacanya.

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

  1. Pernyataan Umum, berisi definisi atau informasi umum mengenai subjek yang dilaporkan. Pernyataan umum berisi informasi umum (nama latin, asal usul, kelas, informasi tambahan mengenai hal yang dilaporkan).
  2. Deskripsi Bagian, berisi rincian beberapa hal yang dilaporkan. Jika binatang mencakup ciri fisik, habitat, makanan, tingkah laku. Jika tumbuhan berbentuk rincian ciri fisik bunga, akar, buah atau perincian bagian yang lain. Rincian manfaat serta nutrisi diuraikan pada bagian ini. Jika yang dilaporkan berbentuk objek, deskripsi bagian berisi klasifikasi objek dari bermacam segi serta deskripsi manfaat suatu objek, sifat-sifat khusus objek.
  3. Simpulan, berisi ringkasan umum hal yang dilaporkan.

Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi

  1. Mengatasi suatu persoalan.
  2. Menemukan teknik atau cara terbaru.
  3. Mengambil keputusan yang lebih efektif.
  4. Melakukan pengawasan dan/atau perbaikan.
  5. Mengetahui perkembangan suatu permasalahan.

Fungsi Teks Laporan Hasil Observasi

  1. Melaporkan tanggung jawab sebuah tugas dan kegiatan pengamatan.
  2. Menjelaskan dasar penyusunan kebijaksanaan, keputusan dan/atau pemecahan masalah dalam pengamatan.
  3. Sarana untuk pendokumentasian.
  4. Sebagai sumber informasi terpercaya.
  5. Ciri-ciri teks hasil observasi:

Kaidah Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

  1. Menggunakan istilah dalam bidang ilmu tertentu. Definisi menggunakan adalah dan merupakan
  2. Menggunakan kata khusus dan kalimat-kalimat yang menjelaskan (memerinci). Pada bagian deskripsi, digunakan istilah dalam bidang ilmu, kata baku, dan kalimat efektif. Kata sambung yang digunakan: yaitu, dan, selain itu, di samping itu, dari segi …., rincian jenis kelompok pertama, kedua, dan lain-lain.

Berikan Bintang Untuk Penulis

%d blogger menyukai ini: