Teks Eksposisi

12 min read

teks eksposisi

Teks Eksposisi – Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia terdapat banyak sekali jenis teks yang harus dipelajari, diantaranya adalah teks eksposisi. Dan pada materi bahasa indonesia kali ini budisyaqier.com akan membahas tentang teks eksposisi, dari mulai pengertian teks eksposisi sampai struktur teks eksposisi.

Pengertian Teks Eksposisi

pengertian teks eksposisi

Teks eksposisi adalah teks yang berisi informasi atau pengetahuan baik berupa fakta maupun gagasan pendapat serta dimuat secara singkat dan padat.

Teks eksposisi biasanya dibuat dalam bentuk tulisan atau karangan paragraf. Dalam paragraf tersebut terdapat informasi-informasi atau ilmu pengetahuan yang ingin disampaikan oleh penulis kepada pembaca. Jadi, bisa dibilang teks eksposisi bersifat informatif.

Tujuan Teks Eksposisi

tujuan teks eksposisi
Tujuan teks eksposisi

Tujuan teks eksposisi adalah untuk memberikan dan menjelaskan informasi kepada pembaca. Sehingga pembaca mendapatkan ilmu pengetahuan baru yang rinci dan jelas. Pengetahuan tersebut bisa berupa suatu hal atau suatu kejadian.

Struktur Teks Eksposisi

struktur teks eksposisi
Struktur teks eksposisi

Terdapat 3 struktur atau bagian dalam sebuah teks eksposisi. Berikut ketiga struktur teks eksposisi tersebut.

1. Tesis

Tesis berisi pandangan penulis secara umum terhadap tema atau topik yang akan dibahas.

Pendapat atau pandangan penulis di bagian tesis ini biasanya diiringi dengan perkenalan isu atau masalah dari topik terkait.

Tesis juga sering disebut sebagai bagian pembuka dari teks eksposisi.

2. Argumentasi

Bagian argumentasi dalam struktur teks eksposisi berisi alasan-alasan atau argumen penulis yang bisa memperkuat pendapatnya yang ada pada bagian tesis.

Biasanya di sini penulis akan melampirkan data-data dan juga fakta-fakta pendukung.

3. Penegasan Ulang

Dan struktur teks eksposisi yang terakhir adalah penegasan ulang. Bagian terakhir ini berisi tentang penegasan ulang pendapat penulis secara ringkas. Bagian ini juga disebut sebagai penutup atau simpulan.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Ciri ciri teks eksposisi
Ciri-Ciri

Sama seperti teks-teks lainnya dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, teks eksposisi juga mempunyai ciri-ciri khususnya tersendiri. Berikut beberapa ciri-ciri teks eksposisi.

  • Singkat, padat, jelas dan akurat.
  • Memberikan informasi tentang pengetahuan.
  • Tulisan bersifat informatif, objektif dan netral.
  • Mengandung fakta sebagai alat kontribusi dan alat konkritasi.
  • Biasanya menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, mengapa dan bagaimana.
  • Berusaha untuk menjelaskan sesuatu.
  • Ditulis menggunakan bahasa baku atau formal.
  • Penyampaian teks lugas.
  • Tidak memihak, artinya tidak memaksakan kemauan dan pendapat penulis terhadap pembaca.

Jenis-Jenis Teks Eksposisi

Jenis teks eksposisi
Jenis teks eksposisi

Teks eksposisi mempunyai beberapa jenis yang berbeda. Masing-masing jenis teks eksposisi mempunyai tujuannya sendiri yang lebih spesifik. Berikut jenis-jenis teks eksposisi.

1. Teks Eksposisi Laporan

Memberikan informasi tentang suatu kejadian dan mengandung laporan yang mendetail.

2. Teks Eksposisi Definisi

Berisi informasi tentang pendefinisian suatu hal.

3. Teks Eksposisi Ilustrasi

Berisi tentang penggambaran suatu hal atau ide secara sederhana.

4. Teks Eksposisi Perbandingkan

Menjelaskan gagasan dan menerangkan ide pada kalimat utama menggunakan metode perbandingan.

5. Teks Eksposisi Proses

Berisi informasi tentang suatu panduan atau tata cara sesuatu.

6. Teks Eksposisi Pertentangan

Menjelaskan tentang pertentangan antara suatu hal yang saling berkaitan satu sama lain.

7. Teks Eksposisi Analisis

Berisi proses pemisahan dari gagasan utamanya sehingga menjadi beberapa sub bagian.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi

Kaidah kebahasaan teks eksposisi
Kaidah kebahasaan teks eksposisi

Berikut unsur kebahasaan atau kaidah kebahasaan teks eksposisi.

  • Konjungsi.
    Konjungsi atau kata hubung biasanya digunakan dalam teks eksposisi untuk memperkuat argumen.
  • Pronomina.
    Pronomina atau kata ganti baik kata kata ganti orang maupun bukan orang sering terdapat dalam teks eksposisi.
  • Kata Leksikal.
    Kata leksikal adalah kata yang mengacu pada kamus.

Contoh Teks Eksposisi

Sebelumnya kita sudah belajar mengenai berbagai hal tentang teks eksposisi. Pembahasan mengenai teks eksposisi tidak akan lengkap apabila tidak memuat contoh teks eksposisi. Berikut ini beberapa contoh teks eksposisi beserta strukturnya yang bisa anda jadikan referensi:

Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan

Menjaga Lingkungan Hidup 

Tesis :

Kebersihan lingkungan merupakan faktor yang sangat penting dan perlu diperhatikan dalam bermasyarakat. Hal tersebut akan berimbas kepada kenyamanan dan kesehatan masyarakat dalam kehidupan sehari – hari. Pemerintah dan lembaga kesehatan sering menggalakkan kegiatan – kegiatan penanggulangan pencemaran lingkungan untuk menghindari terjadinya hal – hal yang tidak diingnkan terjadi, seperti munculnya wabah penyakit yang berbahaya bagi kesehatan dan kenyamatan masyarakat. Kegiatan penanggulangan tersebut diantaranya membuang sampah pada tempatnya, pendauran ulang sampah organik dan non-organik, dan lain sebagainya.

Argumentasi :

Gotong royong dalam dalam membersihkan dan menjaga lingkungan secara rutin dengan cara menjadwal setiap kelompok kepala keluarga merupakan salah satu alternatif dalam menanggulangi pencemaran lingkungan. Dalam satu RT yang terdiri dari beberapa kepala keluarga, di bagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan jumlah hari yang ada dan sesuai dengan jadwal yang telah disepakati. Selain itu, Hari minggu juga digunakan sebagai kegiatan kerja bakti rutin seluruh masyarakat desa yang di mulai pada pagi hari. Terdapat banyak manfaat yang di dapat dalam kegiatan tersebut, selain kebersihan dan kesehatan yang di dapat, juga akan terjalin hubungan solidaritas antar warga yang kuat di antara mereka

Penegasan Ulang :

Kebersihan lingkungan hidup merupakan hal yang tidak bisa di pisahkan dari masyarakat dan merupakan faktor penting bagi kesehatan dan kenyamanan dalam bermasyarakat. Kebersihan lingkungan masyarakat akan menjamin kesehatan dan kenyamanan bagi setiap individu dalam bermasyarakat. Hal tersebut akan tercapai jika dilakukan secara gotong royong melalui kerjakbakti yang terorganisir, terjadwal, dan terpadu.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Pendidikan Karakter

Tesis:

Pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Melalui pendidikan seseorang dapat mengenali jati dirinya sendiri. Jati diri tersebut tentu saja terbentuk dari karakter yang dimiliki oleh seseorang itu sendiri. Melalui perubahan kurikulum pemerintah juga ikut berperan dalam membentuk karakter anak didik. Pemerintah mengubah Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP) ke Kurikulum 2013. Perubahan ini mensyaratkan adanya pendidikan karakter dalam sistem pendidikan di Indonesia.

Argumentasi:

Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang lebih mengutamakan kemampuan siswa secara personal atau pendidikan yang mencoba untuk menggali potensi diri dari seorang individu, dalam hal ini siswa. Pendidikan karakter ini penting akan menggali bakat-bakat tersembunyi yang dimiliki oleh siswa. Setiap siswa tentu saja memiliki bakat, potensi, dan kecerdasan di bidang yang tidak sama antara yang satu dengan yang lainnya.

Siswa ang tidak pandai dalam pelajaran tentu saja bukan berarti ia bodoh, ia pasti memiliki kemampuan di bidang yang lain. Melalui pendidikan berkarakter, cerdas atau tidaknya seseorang tidak ditentukan berdasarkan pintar atau tidaknya seseorang dalam pelajaran di kelas. Guru juga tidak boleh untuk melabeli seorang siswa bodoh apabila ia tidak pintar dalam mata pelajaran yang diajarkan di kelas.

Pemerintah juga telah mengupayakan terwujudnya pendidikan karakter ini, yaitu melalui kurikulum pendidikan terbaru, yaitu kurikulum 2013. Melalui kurikulum ini pemerintah berusaha menggali potensi dan menanamkan karakter kepada siswa. Karakter yang toleransi terhadap suku, agama, bahasa, kebudayaan, dan adat istiadat lain. Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam kebudayaan, bahasa, kepercayaan, dan adat istiadat. Sehingga penanaman sikap toleransi harus diperkenalkan sejak di bangku sekolah.

Selain itu, pendidikan karakter juga diharapkan mampu membekali siswa di masa yang akan datang terkait dengan masa depannya. Siswa harus memiliki keahlian dan skill khusus yang harus dimiliki di zaman globalisasi ini.

Penegasan ulang:

Pendidikan karakter merupakan bekal awal siswa di masa depan. Siswa harus memiliki sikap toleransi kepada sesamanya dan memiliki skil atau potensi diri yang dapat dibanggakan agar siswa sebagai penerus bangsa ini lebih siap menghadapi kemajuan zaman.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Politik

Penetapan Standar Caleg dalam Meminimalisir Tindakan Korupsi

Tesis:

Dalam pemilihan umum, Seharusnya setiap partai politik memiliki standar yang ketat dan tegas dalam perekrutan calon anggoya legislatif. Standar kriteria setiap calon wakil rakyat haruslah bisa menjadi kualifikasi tegas bagi para calon anggota wakil rakyat yang bermasalah, khususnya korupsi.

Sperti contoh, Para calon legislatif yang pernah tercantun dalam permasalahan pelanggaran HAM atau permasalahan korupsi, tidak diperkenankan untuk menjadi dan diterima sebagai anggota legislatif. Hal tersebut perlu diperhatikan dengan tegas, karena anggota dewas diharapkan adalah benar – benar orang yang bermasalah dan memiliki integritas tinggi terhadap negeri.

Argumentasi:

Penetapan standar dalam pemilihan calon anggota legislatif adalah salah satu tindakan yang sangat penting untuk di galakkan. Berdasarkan fakta dan hasil survei, menunjukkan bahwa lemabaga parlemen dalam sistem pemerintahan parlementer, baik itu lembaga tingkat pusat maupun lembaga yang ada ditingkat daerah, dianggap sebagai lembaga-lemabaga dengan tingkat pelanggaran korupsi tertinggi. Hal tersebut di jelaskan oleh jojo rohi yang menjabat sebagai sekertaris jendral komite indpenden pemantau pemilu (KIPP).

Penegasan Ulang:

Penetapan standar caleg merupakan tindakan yang perlu dan penting untuk digalakkan. Hal tersebut dikarenakan anti korupsi menjadi hal prinsip yang harus di cantumkan dalam kriteria pencalonan anggota legislatif.

Setiap caleg yang memiliki track record yang buruk seperti pelanggaran HAM (poligami, selingkuh, dsb) dan korupsi, seharusnya tidak diperkenankan menjadi anggota dewas legislatif. harapan dari tindakan tersebut adalah berkurangnya angka korupsi di tingkat lembaga legislatif.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Hukum

Diskriminalisasi Terhadap Wanita

Tesis:

Wanita sangatlah rentan menjadi sasaran objek kejahatan. Berdasarkan data yang dirilis, Indonesia termasuk negara yang paling tidak aman terhadap kaum wanita. Rata-rata tiap hari hampir sering adanya laporan kejahatan terhadap wanita di Indonesia. Malahan ada beberapa kasus yang cukup langka, yaitu diantaranya pelakunya berasal dari keluarga korban sendiri. Kasus-kasus tersebut mengundang masukan dan pendapat dari pakar sosial terkait kesalahan struktur masyarakat Indonesia.

Isi:

Walaupun Negara kita secara tegas menerapkan undang-undang yang menjerat para pelaku tindakan kriminal, akan tetapi penerapan hukuman tersebut dinilai belum membuat para pelaku kapok atau jera. Beberapa pendapat dari pakar sosial memberikan kesimpulan bahwa adanya stereotype yang terjadi di masyarakat yang menimbulkan meningkatnya tindakan kriminal pada wanita. Negara kita Indonesia, pada konstruksi sosialnya menganut patriaki dimana kedudukan lelaki dinilai lebih tinggi dibandingkan wanita.

Pemerintah sebenarnya sudah menerapkan beberapa upaya dan pencegahan tindakan kriminal seperti sosialisasi pemberdayaan wanita, menyediakan gerbong kereta khusus wanita, mengutamakan kebutuhan wanita di tempat umum dan lainnya. Akan tetapi masih saja ada beberapa oknum yang melanggar peraturan tersebut.

Penegasan Ulang:

Lantaran sistem sosial patriaki sudah turun temurun dan berlangsung lama di Indonesia, mau tidak mau wanita diharuskan mentaati seluruh aturan sosial yang mana condong terjadinya diskriminasi gender. Selain itu sistem tersebut juga mengarahkan wanita supaya selalu patuh dan takut kepada pria. Dengan begitu apabila ada wanita yang melawan, tetap saja masyarakat menganggap perlawanan tersebut tidak seharusnya dilakukan oleh wanita yang sudah dinilai memiliki watak lemah lembut dan taat.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Ekonomi

Peranan WTO

Tesis:

Saat ini dampak dari adanya globalisasi telah di rasakan oleh seluruh negara yang ikut serta dalam pasar internasional. Dampak tersebut berupa perubahan pasa internasional yang tidak tentu. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan adanya liberasisasi dalam perdagangan yang dianggap dapat meningkatkan daya saing ekonomi dalam perdanganan internasional.

Argumentasi:

Negara indonesia merupakan negara yang menganut sistem perekonomian terbuka. Sistem perekonomian terbuka merupakan sistem yang tidak bisa atau sulit untuk berpaling dari dinamika ekonomi global internasional.

Dampaknya, pasar domestik Indonesia tidak terlepas dari gejolak pasar dunia yang semakin liberal, karena kebijakan unilateral dan ratifikasi kerjasama perdagangan internasional (regional dan global) yang harus dilakukan Indonesia. Oleh karena itu negara indonesia perlu mengikuti Organisasi Perdagangan Dunia atau World Trade Organization (WTO)

Penegasan Ulang:

Organisasi Perdagangan Dunia atau World Trade Organization (WTO) adalah satu-satunya lemabaga atau badan internasional yang  memiliki fungsi secara khusus mengatur permasalahan perdagangan antar negara.

Sistem perdagangan multilateral WTO diatur melalui suatu persetujuan yang berisi aturan-aturan dasar perdagangan internasional sebagai hasil perundingan yang telah ditandatangani oleh negara-negara anggota. Dengan adanya negara indonesia dalam WTO, maka permasalahan perdagangan indonesia yang berkaitan dengan perdagangan internasional akan dapat diminimalisir.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Manfaat Makanan Sehat Bergizi Bagi Tubuh

Tesis:

Secara umum dapat kita fahami bahwa fungsi makanan adalah sebagai fungsi energi tubuh makhluk hidup khususnya manusia. Makanan yang yang tidak baik akan menghasilkan energi yang buruk dan makanan yang baik akan menghasilkan energi yang baik. Disini makanan baik diartikan sebagai makanan yang bergizi.

Banyak definisi terkait dengan apa itu makanan yang bergizi yang sering membuat kita bingung. Namun ada satu hal yang pasti dalam definisi makanan bergizi yaitu ketersediaan dan kebutuhan akan makanan sehat memiliki peran yang sangat krusial bagi kesehatan manusia. Pasalnya, salah dalam mengkonsumsi makanan akan berdampak buruk dalam kesehatan tubuh karna makanan tersebut mengganggu proses metabolisme tubuh. Hal tersebut sering disebuat sebagai penyakit.

Argumentasi:

Dalam beberapa literatur dijelaskan bahwa salah satu indikato kondisi tubuh yang sehat adalah tubuh yang ideal yang ditinjau dari aspek bobot tubuh. Makanan sehat bergizi meliputi bahan pangan yang bisa membuat kita terhindar dari kondisi kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan. Makanan yang sehat dan higienis akan bisa membuat bobot tubuh anda tetap berada di angka normal atau berat badan ideal.

Selain itu, makanan bergizi dan sehat untuk tubuh manusia adalaha makanan yang tidak memicu penambahan kadar kolesterol di dalam tubuh, atau kadar gula darah. Lebih dari itu, makanan sehat membuat kadar asam urat, gula, lemak, dan asam urat, dalam kondisi stabil dan baik.

Para ahli dalam bidang kesehatan juga sering berpendapat bahwa makanan sehat bergizi adalah jenis makanan yang sama sekali tidak akan mengganggu fungsi organ-organ tubuh, bahkan mengondisikan tekanan darah selalu dalam posisi stabil. Sedangkan dalam definisi lain, makanan sehat merupakan bahan pangan yang menyehatkan dalam arti sebenarnya, dimana lidah kita juga mampu menikmati rasa makanan tersebut secara maksimal, serta tubuh kita mampu menerima dan memprosesnya menjadi energi positif yang akan menopang setiap kelancaran aktifitas haria kita.

Penegasan Ulang:

Indikator tubuh ideal yang dipengaruhi oleh bobot dan tingi tubuh akan berdampak positif terhadap kondisi keseatan tubuh. Tubuh yang ideal dapat diperoleh dengan cara mengkonsumsi makanan sehat bergizi dalam tataran ideal atau seimbang, wajib terdiri dari bahan pangan utama dan bahan pangan penunjang. Komposisi makanan seimbang ini sangat populer dengan sebutan makanan empat sehat, lima sempurna. Namun, karena berbagai hal, popularitas istilah empat sehat lima sempurna kian hari kian surut.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Berita

Polri Hadapi Maraknya Hoaks

Tesis

Menjelang tahun politik, terdapat banyak sekali kabar berita hoaks yang bertebaran di berbagai media. Hal tersebut menarik perhatian Irjen Pol Gatot Pramono sebagai Ketua Satgas Nusantara. Dia berpesan dan mengajak seluruh elemen yang ada didalam masyarakat untuk lebih bijak dalam mongkumsi kabar berita yang bersumber dari sosial media.

Menurut seorang pakar poliyik, Edi dalam sebuah diskusi “Refleksi Akhir Tahun : Memperteguh Komitmen Kebangsaan di Tahun Politik”, media konvensional lebih terpercaya dibandingkan dengan media sosial.

Edi juga kembali menjelaskan bahwa media sosial hanya dipegang oleh pemilik akun yang terkadang hanya memiliki tujuan tertentu termasuk menyebar hoaks. Sering akun – akun media sosial yang digunakan untuk menyebar hoaks adalah akun yang anonimus (menggunakan identitas palsu). Hal tersebut menjadi membahayakan kondusifitas tatanan negara dan menjadi tantangan tersendiri bagi polri untuk mencegah beredarnya hoaks yang masih banyak di media sosial.

Argumen

Bursah Zanubi, yang merupakan Ketua Umum  dari Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK), berkomentar dalam sebuah diskusi politik terkait dengan isu saat ini. Ia sangat menyesalkan kalau belakangan tahun politik ini menjadi tempat pemecah belah masyarakat dan menjadikan negara ini tidak kondusif.

Dia juga menjelaskan bahwa sebagian besar energi masyarakat Indonesia selama tahun 2018 terserap masuk hanya ke dalam atmosfer kampanye pemilihan presiden 2019 esok. Faktanya, kita hanya menyaksikan narasi kampanye dipenuhi dengan ujaran kebencian, hoaks, fitnah, kampanye hitam, dan perdebatan minim data sepanjang tahun politik ini.

Penegasan Ulang

Kita semua dapat mengakui bahwa fokus seluruh masyarakat indonesia saat ini dalam pilkada serentak dan persiapan pilpres 2019, jargon dan kampanye politik lebih menonjolkan politik identitas dan SARA yang dianggap subyektif dan membahayakan keutuhan masyarakat yang harmonis.

Kapolri bersama jajarannya, dalam sebuah jumpa pers, berharap kepada seluruh masyarakat supaya bisa menjalankan pemilu 2019 tanpa adanya unsur memecah belah bangsa serta selalu menjunjung tinggi nilai – nilai pancasila.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Laporan

Parahnya Masalah Sampai di Indonesia

Tesis

Indonesia kembali menjadi sorotan dunia terkait dengan masalah sampah yang terus berkembang dan belum dapat teratasi. Melihat perkembangan masalah sampah plastik, agaknya pemerintah memang sudah harus mempercepat perbaikan sistem pengelolaannya.

Indonesia memiliki populasi pesisir sebesar 187,2 juta yang setiap tahunnya menghasilkan 3,22 juta ton sampah plastik yang tak terkelola dengan baik. Sekitar 0,48-1,29 juta ton dari sampah plastik tersebut diduga mencemari lautan.

Data tersebut juga menunjukkan bahwa negara Indonesia merupakan negara dengan jumlah pencemaran sampah plastik ke laut terbesar kedua di dunia. China memimpin dengan tingkat pencemaran sampah plastik ke laut sekitar 1,23-3,53 juta ton/tahun.

Argumentasi

Dampak untuk Indonesia, tentu saja polusi akan semakin meningkat. Kualitas lingkungan hidup sudah tentu akan terancam.

Sudah bukan rahasia lagi kalau Indonesia adalah salah satu pusat dari ekosistem laut dunia. Perairan Indonesia merupakan rumah dari 76% spesies karang, hutan bakau, dan padang lamun. Berbagai spesies perikanan, tentu akan terganggu dengan adanya sampah plastik.

Selain dampak lingkungan, sampah plastik juga berisiko menekan kegiatan perekonomian Indonesia. Sebab, berdasarkan buku saku Kementerian Pariwisata, sektor pariwisata RI menyumbang 9% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) tahun 2014.

Adanya polusi perairan tentu saja akan berdampak pada penurunan kinerja pariwisata RI. Apalagi dunia internasional menilai daya tarik utama pariwisata Indonesia adalah di wilayah pesisir. Hal itu dibuktikan dari jumlah wisatawan asing yang mendarat di Bali mencapai 2,29 juta sepanjang Januari-Mei 2019 atau 62% dari total wisatawan yang datang melalui pintu udara.

Kala potensi pariwisata tidak bisa digarap akibat hambatan faktor polusi, laju pertumbuhan ekonomi semakin sulit untuk diangkat dari kisaran 5% seperti sekarang ini.

Penegasan Ulang

Masalah sampah plastik di Indonesia tidak bisa dibiarkan untuk terus bertumbuh. Pemerintah diharapkan untuk lebih tegas dalam membuat kebijakan untuk mengatasi masalah sampah plastik yang tersebut bekembang di indonesia. Selain itu, diperlukan adanya kerja cerdas dan kerja keras yang tersinergi antara pemerintah dalam mengatasi masalah sampah ini.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Perbandingan

Perbandingan Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial

Tesis


Ilmu pengetahuan alam merupakan bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang berbagai macam objek empiris yang ada di alam semesta dan seisinya. Tidak hanya mempelajari makhluk hidup seperti manusia, tumbuhan, hewan, dan sebagainya,  namun juga komponen alam beserta peristiwa – peristiwa yang terkait dengannya seperti hujan, proses terjadinya siang dan malam, perubahan musin, dan lain lain yang memiliki kaitan dengan kehidupan manusia.

Berbeda dengan ilmu pengetahuan sosial yang merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari pola, hubungan, dan kehidupan manusia. Ilmu sosial mempelajari semua hal yang langsung maupun tidak langsung berkaitan dengan hubungan antara manusia yang didefinisikan sebagai makhlak sosial (yang hidup membutuhkan orang lain).

Argumentasi


Kedua cabang ilmu pengetahuan tersebut memilik perbedaan secara empiris dan sulit untuk disatukan. Hal tersebut, dikarenakan objek ilmu sosial dengan objek ilmu alam tidaklah sama. Material objek dalam ilmu sosial adalah berupa tingkah laku dengan tindakan yang khas manusia, bebas, dan tidak deterministik.

Sedangkan ilmu alam material objek dalam ilmu alam merupakan seluruh makhluk hidup yang ada di alam semesta beserta proses- proses pertumbuhan dan perkembangan yang ada didalamnya.

Penegasan Ulang


Perbedaan antara ilmu alam dan ilmu sosial berada di bagian penggunaan prosedur ilmiah. Ilmu alam mempelajari hal yang objektif, tidak hidup dan dunia fisik, sehingga tidak mengalami perubahan jangka waktu tertentu.

Sedangkan ilmu sosial adalah proses hasil akal manusia, subjektif dan emotif, yaitu adalah tingkah laku khas manusia. Namun dari keduanya mempunyai manfaat yang sama penting untuk kelangsungan hidup manusia.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Definisi

Definisi Buah Pepaya

Tesis


Buah Pepaya adalah buah besar berbentuk lonjong dengan kulit berwarna hijau, daging buah yang matang berwarna orange, serta memiliki butiran biji kecil warna hitam dan banyak didalamnya. Memiliki tekstur yang empuk berseat tipis dan memiliki rasa segar manis.

Selain bentuknya yang besar, dan rasanya yang segar dan manis, buah pepaya memiliki banyak kandungan manfaat untuk tubuh kita seperti vitamin c, vitamin a, vitamin e, vitamin k, mineral serta karbohidrat. jadi, buah ini selain nikmat juga bermanfaat bagi kesahatan tubuh kita.

Argumentasi


Karna memiliki kandungan banyak viatmin, minera, dan karbohidrat, Setidaknya ada 14 manfaat buah pepaya yang memang sudah terbukti secara ilmiah, yaitu:

  1. Menurunkan kolesterol
  2. Menurunkan berat badan
  3. Mendongkrak sistem kekebalan tubuh
  4. Baik untuk penderita diabetes
  5. Menjaga kesehatan mata
  6. Mencegah radang sendi
  7. Membantu sistem pencernaan
  8. Meredakan sakit saat haid
  9. Mencegah penuaan dini
  10. Merangsang pertumbuhan rambut
  11. Mengurangi stres
  12. Mempercepat penyembuhan luka
  13. Menunjang kesehatan kulit
  14. Membantu mencegah dan mengatasi jerawat.

Selain untuk kesehatan, kita juga bisa memanfaatkan buah pepaya ini untuk menyajikan hidangan nikmat untuk keluarga kita. Di pedesaan umumnya menggunakan buah pepaya yang setengah matang untuk di olah menjadi sayur masak di rumah.

Penegasan Ulang


Banyak kandungan manfaat yang ada dalam buah pepaya yang dapat kita peroleh dengan cara mengkonsumsinya langsung atau diolah terlebih dahulu menjadi hidangan masakan yang lebih nikmat. Buah pepaya ini memiliki kandungan yang bernilai positif dan baik untuk kesehatan.

Dengan mengetahui banyak manfaat tersebut, anda dapat menjadikannya sebagai objek usaha yang potensial dimasyarakat.

Contoh Soal Teks Eksposisi

Pilihan Ganda

  1. Teks eksplanasi adalah….
    a. Teks yang berisi tentang penjelasan.
    b. Teks yang berisi tentang cara mengerjakan sesuatu.
    c. Teks yang berisi tentang pendapat.
    d. Teks yang menceritakan suatu kejadian.
    e. Teks yang menggambarkan suatu objek.
  2. Struktur teks eksplanasi adalah….
    a. Pernyataan umum ^ aspek yang dilaporkan
    b. Pernyataan umum ^ urutan sebab-akibat
    c. Pernyataan umum ^ argumentasi ^ reiterasi
    d. Orientasi ^ krisis ^ reaksi ^ koda
    e. Orientasi ^ urutan peristiwa ^ reorientasi
  3. Inti teks eksplanasi terdapat pada bagian….
    a. pernyataan umum
    b. sebab-akibat
    c. aspek yang dilaporkan
    d. argumen
    e. penutup
  4. Tahap pernyataan umum berisi tentang….
    a. apa yang akan dijelaskan
    b. alasan-alasan penulis
    c. pendapat penulis
    d. penutup sebuah teks
    e. urutan peristiwa
  5. Aspek sebab-akibat berisi hal berikut ini, kecuali ….
    a. penyebab terjadinya peristiwa
    b. akibat terjadinya peristiwa
    c. runtutan peristiwa
    d. hubungan sebab-akibat peristiwa
    e. tanggapan penulis
  6. teks eksplanasi bertujuan …
    a. menyatakan hasil laporan observasi
    b. menyajikan hiburan
    c. menyajikan informasi berupa fakta secara jelas kepada pembacanya
    d. menjelaskan langkah-langkah dalam menghasilkan suatu hal
    e. menggambarkan keadaan suatu obyek
  7. Dibawah ini yang termasuk ke dalam struktur teks eksplanasi ialah …
    a. Abstraksi
    b. Tesis
    c. Argumentasi
    d. Pernyataan umum
    e. Koda
  8. Karakteristik atau ciri dari teks eksplanasi ialah …
    a. Isinya memuat fakta
    b. Muatannya didasarkan pada pendapat / opini
    c. Adanya langkah prosedur
    d. Memuat unsur kekonyolan
    e. Terdapat unsur persuasif di dalamnya
  9. Di dalam teks eksplanasi secara umum membahas tentang berbagai fenomena sebagai berikut, kecuali …
    a. Fenomena alam
    b. Fenomena sosial
    c. Fenomena ekonomi kerakyatan
    d. Fenomena kawin cerai artis
    e. Fenomena pendidikan
  10. Bagian akhir / penutup dari sebuah teks eskplanasi disebut sebagai …
    a. Reorientasi
    b. Koda
    c. Konklusi
    d. Krisis
    e. Interpretasi

Essai

Apa yang dimaksud dengan teks eksposisi?

Sebutkan dan Jelaskan struktur teks eksposisi ?

Sebutkan ciri-ciri teks eksposisi ?

Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis teks eksposisi ?

Sebutkan kaidah kebahasaan yang ada dalam teks eksposisi?

Video Pembelajaran Teks Eksposisi

Apabila kamu masih belum memahami penjelasannya sebelumnya, kamu bisa menonton video pembelajaran mengenai teks eksposisi berikut ini.

Demikian pembahasan materi pada artikel kali ini tentang teks eksposisi lengkap.

Hosting Unlimited Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *