5/5 (1) Teks Eksplanasi (Pengertian, Tujuan, Struktur, Ciri-Ciri, dan Kaidah Kebahasaan)

Teks Eksplanasi – Tulisan yang berisi tentang bencana atau fenomena alam seperti banjir, gerhana matahari atau tsunami biasanya dimuat ke dalam teks eksplanasi. Selain itu, biasanya dalam teks eksplanasi juga dijelaskan bagaimana kejadian atau peristiwa tersebut bisa terjadi serta sebab dan akibatnya. Pada artikel kali ini budisyaqier.com akan menjelaskan materi teks eksplanasi mulai dari pengertian teks eksplanasi sampai struktur teks eksplanasi.

Pengertian Teks Eksplanasi

Eksplanasi atau eksplanation berasal dari bahasa Inggris yang artinya menjelaskan atau menerangkan. Maka, pengertian teks eksplanasi bisa disimpulkan sebagai berikut.

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang penjelasan proses terjadinya suatu peristiwa, ilmu pengetahuan, budaya, sosial, maupun fenomena lainnya.

Kejadian yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari selalu mempunyai hubungan sebab akibatnya sendiri. Baik peristiwa alam maupun sosial pasti mempunyai alasan mengapa dan bagaimana peristiwa tersebut bisa terjadi. Penjelasan serta proses tersebut dimuat dalam sebuah teks eksplanasi.

Tujuan Teks Eksplanasi

Tujuan teks eksplanasi adalah menjelaskan proses tercipta dan terjadinya sesuatu baik fenomena alamiah maupun sosial. Selain itu, teks eksplanasi juga bertujuan untuk menjelaskan hubungan sebab akibat suatu peristiwa.

Struktur Teks Eksplanasi

Struktur teks eksplanasi terdiri dari 3 bagian mirip seperti struktur teks eksposisi. Berikut penjelasan struktur teks eksplanasi.

1. Pernyataan Umum

Struktur pernyataan umum berisi penjelasan umum mengenai topik yang akan dibahas. Penjelasan yang ditulis pada bagian ini bisa berupa gambaran umum tentang fenomena yang akan dijelaskan, serta mengapa dan bagaimana proses terjadinya fenomena tersebut.

Misalnya jika teks eksplanasi membahas tentang banjir, maka pada bagian ini penulis akan menjelaskan secara singkat tentang banjir dan apa itu banjir.

2. Urutan Sebab Akibat

Pada bagian ini proses terjadinya peristiwa yang dibahas dijelaskan secara detail dan disajikan berurutan atau secara bertahap dari proses yang paling awal sampai proses yang terakhir. Struktur kedua ini mendeskripsikan dan merincikan penyebab serta akibat dari fenomena atau kejadian yang sedang dibahas.

Pada bagian ini penulis akan mengurutkan proses terjadinya banjir. Dan hubungan sebab akibat dari peristiwa tersebut.

3. Interpretasi (Opsional)

Dan struktur teks eksplanasi yang terakhir adalah interpretasi. Struktur interpretasi ini bersifat opsinal, artinya bisa ada dan bisa juga tidak, tergantung pada kemauan penulis. Interpretasi berisikan kesimpulan tentang tema yang telah dibahas.

Dan pada bagian terakhir ini penulis akan mengambil kesimpulan tentang banjir.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Berikut ciri-ciri teks eksplanasi.

  • Memuat informasi yang berdasarkan fakta atau bersifat faktual.
  • Memuat informasi yang bersifat ilmiah atau keilmuan, contohnya sains.
  • Teks bersifat informatif dan tidak bermaksud untuk mempengaruhi pembaca agar percaya terhadap topik yang dibahas.
  • Terdiri dari 3 struktur yaitu pernyataan umum, urutan sebab akibat dan interpretasi (jika ada).
  • Memakai penggunaan sequence markers atau tanda urutan. Misalnya seperti pertama, kedua, ketiga. Atau bisa juga menggunakan kata seperti pertama, kemudian, selanjutnya, terakhir.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Berikut beberapa unsur dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi.

  • Lebih fokus pada hal-hal umum (generic) dan bukan pada partisipan manusia (non human participants). Contohnya banjir, gempa bumi, gerhana, tsunami, hujan dan udara.
  • Banyak memakai verba relasional (kata kerja aktif) dan verba material.
  • Memakai penggunaan konjungsi waktu dan kausal. Misalnya kata sehingga, sebelum, jika, apabila, bila, pertama, dan kemudian.
  • Menggunakan istilah-istilah ilmiah atau ilmu pengetahuan.
  • Memakai kalimat pasif.
  • Eksplanasi atau penjelasan dalam teks ditulis guna membuat justifikasi bahwa sesuatu yang dijelaskan secara kausal tersebut memang benar adanya.

Kamu bisa mencari dan menemukan contoh teks eksplanasi di internet. Misalnya teks eksplanasi tentang pencemaran air.

Demikian pembahasan materi pada artikel kali ini tentang teks eksplanasi. Semoga sekarang kamu sudah paham apa itu teks eksplanasi.

Berikan Bintang Untuk Penulis

%d blogger menyukai ini: