Teks Eksemplum (Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, Unsur dan Contoh)

Teks Eksemplum – Materi yang akan kita pelajari kali ini di Budisyaqier.com meliputi pengertian teks eksemplum, struktur teks eksemplum, contoh teks eksemplum, ciri-ciri dan unsur kebahasaannya. Materi teks eksemplum ini merupakan salah satu materi dari mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 9.

Pengertian Teks Eksemplum

Teks eksemplum adalah teks yang menceritakan tentang peristiwa atau pengalaman hidup suatu tokoh. Pada bagian awal cerita bisanya tokoh atau pelaku akan diperkenalkan terlebih dahulu, selanjutnya peristiwa yang dialaminya akan diceritakan, dan ditutup dengan interpretasi atau nilai moral yang bisa diambil dari pengalaman tokoh tersebut.

Biasanya terdapat nilai-nilai moral di dalam sebuah teks eksemplum. Dan interpretasi kejadian yang dialami tokoh berfungsi untuk mengambil makna yang tersirat di dalam cerita. Dengan begitu maka pembaca bisa memetik hikmah agar tidak mengalami kejadian yang serupa dengan tokoh cerita di masa yang akan datang.

Jadi, tujuan teks eksemplum adalah agar pembaca tidak melakukan kesalahan yang sama seperti tokoh dalam cerita dan tidak mengalami peristiswa yang sama di kemudian hari.

Struktur Teks Eksemplum

Teks eksemplum memiliki 3 struktur sama seperti teks tanggapan kritis. Ketiga struktur inilah yang menyusun sebuah teks menjadi teks eksemplum yang utuh. Berikut penjelasan masing-masing struktur teks eksemplum.

1. Orientasi

Struktur teks eksemplum yang pertama adalah orientasi. Bagian ini merupakan pengenalan tokoh cerita. Biasanya informasi-informasi dasar dan sifat tokoh akan diungkap di bagian ini.

Contoh: “Laki-laki itu benar-benar pria yang tangguh dan sangat setia”.

2. Insiden

Insiden berisi peristiswa atau masalah yang akan dihadapi oleh tokoh.

Contoh: “Budi telat datang ke kampusnya karena semalam dia tidak tidur-tidur, melainkan bermain game di laptopnya”.

3. Interpretasi

Dan struktur teks eksemplum yang terakhir adalah interpretasi. Bagian ini berisi hikmah, evaluasi, pesan moral atau akibat yang timbul karena masalah yang telah dihadapi tokoh cerita.

Ciri-Ciri Teks Eksemplum

Untuk membedakan teks eksemplum baik dengan teks cerpen maupun jenis teks lainnya, terdapat ciri-ciri yang harus kamu ketahui. Berikut ciri-ciri teks eksemplum.

  • Memiliki struktur orientasi, insiden, dan interpretasi.
  • Urutan peristiwa disampaikan dengan jelas.
  • Menggunakan gaya bahasa naratif.
  • Mengandung kejadian atau peristiwa yang tidak diinginkan.
  • Kejadian yang menimpa tokoh merupakan kejadian yang tidak sering terjadi dalam kehidupan nyta.
  • Kejadian yang terjadi menimbulkan penyesalan bagi tokoh.
  • Mengandung makna tersirat atau hikmah yang bisa diambil pembaca dari kejadian yang menimpa tokoh.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksemplum

Teks eksemplum menggunakan banyak konjungsi atau kata hubung sebagai salah satu kaidah kebahasaannya, hampir mirip dengan teks prosedur kompleks. Berikut kaidah-kaidah kebahasaan teks eksemplum.

  • Menggunakan konjungsi atau kata hubung.
  • Menggunakan kalimat kompleks.
  • Menggunakan kata kerja.
  • Menggunakan kata rujukan.

Contoh Teks Eksemplum Singkat

Agar kamu semakin mengerti dan memahami materi teks eksemplum ini, berikut disajikan salah satu contoh teks eksemplum beserta strukturnya sebagai referensi.

“Makan Soto Sepulang Sekolah”

Orientasi

Setelah pulang sekolah aku ingin langsung makan di rumah. Karena terlalu malas untuk berjalan jauh, aku putuskan untuk beli soto di gang depan saja. Ternyata di situ juga ada kakak yang sedang beli soto juga. Setiba nya di rumah, kakak langsung memakan sotonya, sementara aku menunggu sotoku agar tidak terlalu panas dulu.

Insiden

Karena aku tidak sabar, akhirnya aku putuskan untuk membuka sotoku sekarang. Aku tergesa-gesa saat membuka plastik sotonya. Ternyata aku menggigit plastik sotonya terlalu besar sehingga membuat isi soto tumpah dan membasahi celanaku. Aku kaget dan malu karena kakak melihatnya. Akhirnya kakak menasehatiku agar tidak tergesa-gesa dan sabar jika mau membuka soto. Alhasil aku tidak jadi makan siang.

Interpretasi

Berdasarkan cerita ini, kita dapat mengambil hikmah untuk selalu hati-hati dan tidak tergesa-gesa ketika akan mengambil keputusan dan juga mempertimbangkan akibatnya.

Sekian pembahasan materi kali ini tentang teks eksemplum. Semoga bonus contoh teks eksemplum singkat di atas dapat membantu kamu dalam memahami materinya.