5/5 (1) Teks Diskusi Dengan Ciri-Ciri, Struktur dan Jenisnya

Teks Diskusi Dengan Ciri-Ciri, Struktur dan Jenisnya – Bertemu lagi bareng kita, budisyaqier.com yang senantiasa membahas mengenai segala ilmu pengetahuan yang pastinya perlu kalian ketahui. Dan kali ini budisyaqier.com berkesempatan untuk membahas Bertemu lagi bareng kita, budisyaqier.com yang senantiasa membahas mengenai segala ilmu pengetahuan yang pastinya perlu kalian ketahui. Dan kali ini budisyaqier.com berkesempatan untuk membahas Konsep Bahasa dan Fungsi Bahasa. Mari langsung saja simak baik-baik ulasan di bawah.. Mari langsung saja simak baik-baik ulasan di bawah.

Teks Diskusi di perlukan ketika melakukan diskusi. Diksusi dilakukan untuk saling bertukar fikiran mengenai suatu hal untuk mencapai kesepakatan ataupun menyempurnakan kesepahaman dari opini ataupun gagasan. Selain bertukar fikiran diskusi juga bisa menambah pengetahuan dan juga pengalaman. Nah dalam diskusi juga dibutuhkan yang namanya Teks Diskusi. Teks inilah yang nantinya akan di gunakan oleh notulen yang nantinya akan disampaikan kembali oleh moderator kepada pendengar.

Ciri-Ciri Teks Diskusi

Berikut ini beberapa ciri dari Teks Diskusi

  • Teks yang terdiir dari isu, argunen yang menentang, argumen yang mendukung dan juga kesimpulannya
  • Teks yang membuat informasi yang berifat argumenatif-informatif
  • Bahasa yang digunakan dalam teks diskusi biasanya menggunakan perlawanan seperti hanya sedangkan dan tetapi.

Struktur Teks Diskusi

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa teks diskusi ini memiliki struktur. Berikut ini struktur dari teks diskusi

  • Isu, bisa dikatakan sebagai masalah yang akan di diskusikan. Isu juga bisa dikatakan sebagai tema dari apa yang akan didiskusikan untuk mencapai kesepahaman dari berbagai opini.
  • Argumen yang menentang, opini atau argumen yang bertentangan dengan argumen yang mendukung. Adanya pertentangan tersebut dikarenakan pengunaan landasan berfikir yang berbeda dan juga sudut pandang mengenai isu yang berbeda-beda.
  • Argumen yang mendukung. Opini yang mendukung isu yang sedang di permasalahkan. Argumen yang mendukung ini juga memiliki landasan berfikir untuk mendukung isu atau masalah.
  • Kesimpulan, setelah berbagai argumen menentang ataupun mendukung dari isu atau masalah barulah diberikan kesimpulan. Buatlah kesimpulan¬† yang mengambil jalan tengah dari keduanya. Kesimpulan yang diambil sebisa mungkin diterima oleh pihak yang mendukung dan juga menentang.

Jenis-Jenis Teks Diskusi

Berikut ini beberapa jenis teks diksusi yaitu

  1. Muktamar, permusyawartan atau pertemuan tertinggi yang diadakan oleh organisasi. biasanya muktamar ini dilakukan oleh pimpian pusat dalam suatu organisasi. Pertemuan musyawarah atau diskusi yang dihadiri oleh wakil-wakil organisasi untuk mencapai suatu kesepakatan dalam permasalahan. Selain itu ada juga muktamar luar biasa. Muktamar yang dilakuakan bersifat darurat dan menyangkut keselematan dari organisasi seperti halnya kekosongan pemimpin.
  2. Diksusi panel merupakan diskusi yang dilakukan oleh panelis untuk membahas mengenai suatu hal permasalahan yang menjadi perhatian umum. Diskusi ini dilakukan secara umum, biasanya di siarkan di televisi ataupun radio. Diskusi panel memberikan kesempatan pada penonton untuk mengungkapkan pendapat ataupun argumen.
  3. Seminar, salah satu forum diskusi yang membahas tentang suatu permasalahan yang diketuai oleh pimpinan sidang. Seminar mendatangkan satu ataupun lebih pembicara mengenai materi yang akan di bahas. Seminar lebih bersifat formal dan ilmiah.
  4. Simposium, diksusi terbuka yang mendatangkan beberapa pembicara untuk menanggapi suatu permaasalahan. Pembica tersebut memiliki pengetahuan ataupun keahlian yang berkaitan dengan suatu masalah yang akan di bahas.
  5. Sarasehan, pertemuan diksusi yang mendatangkan satu pembicara yang sudah ahli dalam bidangnya untuk memberikan informasi mengenai suatu masalah yang terjadi. Pembicara tidk hanya memberikan informasi tapi juga memberikan tanggapan, kritikan dan juga saran dari suatu permasalahan untuk bisa dipecahkan atau diselesaikan.
  6. Konggres, pertemuan dikusi oleh kumpulan orgnisasi politik utuk menyelesaikan suatu masalah yang dihadapi. Konggres biasanya berhubungan dengan dunia politik dan juga pemerintahan
  7. Lokakarya, pertemuan diskusi yang menghadirkan beberapa ahli yang bekaitan dengan masalah yang di hadapi. Adanya ahli-ahli tersebut saling bertukar fikiran untuk memecahkan suatu permasalahan yang terjadi. Pertemuan ini bisa berupa diskusi ilmiah kecil yang secara rutin dengan suatu permasalahan untuk di carikan solusinya.

Demikan tadi penjelasan tentang ciri-ciri, struktur, dan jenis-jenis dari Teks Diskusi. Beberapa penjelasan tersebut digunakan untuk referensi teks diskusi. Semoga bermanfaat.

 

Berikan Bintang Untuk Penulis

%d blogger menyukai ini: