5/5 (1) Teks Anekdot (Pengertian, Struktur, Ciri- Ciri, Tujuan dan Kaidah Kebahasaan)

Teks Anekdot (Pengertian, Struktur, Ciri- Ciri, Tujuan dan Kaidah Kebahasaan) – Bertemu lagi bareng kita, budisyaqier.com yang senantiasa membahas mengenai segala ilmu pengetahuan yang pastinya perlu kalian ketahui. Dan kali ini budisyaqier.com berkesempatan untuk membahas Teks Anekdot (Pengertian, Struktur, Ciri- Ciri, Tujuan dan Kaidah Kebahasaan). Mari langsung saja simak baik-baik ulasan di bawah.

Dalam ragam bahasa indonesia, kita memiliki berbagai macam jenis kalimat. pernahkah anda mendengar jenis teks anekdot? Biasanya ini dapat kita temui di koran, majalah atau media cetak lainya. Namun seiring berjalanya waktu kita bisa menemukanya di banyak media online.

Pengertian Teks Anekdot

Yang harus kalian ketahui untuk dapat mengidentifikasi jenis kalimat anekdot adalah dengan mengetahui pengertianya terlebih dahulu. Secara umum teks anekdot merupakan cerita singkat atau sejenisnya yang didalamnya mengandung unsur humor atau bersifat lucu namun tujuanya adalah untuk memberikan kritik.

teks ini biasanya bertajuk tentang layanan publik, politik, lingkungan, sosial dan lain sebagainya. Dalam pengertian yang lain dari teks anekdot juga bisa berupa percakapan antara dua tokoh yang mana berisi kritik sosial namun bernada humor. Jadi tidak hanya sebagai penghibur kalimat ini juga memiliki pesan moral bagi pembacanya.

Struktur Teks Anekdot

Dalam membuat sebuah jenis teks pasti terdapat aturan- aturan yang sudah ada. Hal ini bertujuan agar susunan kalimat menjadi rapi, enak dibaca, dan juga memahamkan bagi para pembacanya. Tak berbeda dengan teks anekdot ini, ia juga memiliki susunan strukture teks yang baku secara tatanan bahasa.

Yang pertama adalah abstrak, ini ditempatkan pada awal paragraf yang bertujuan untuk mengenali jenis kalimat. dalam abstrak kita sudah bisa mengidentifikasi bahwa tulisan yang dibaca bersifat humor.

Yang kedua adalah orientasi, pada sesi ini penulis memulai awal ceritanya juga memberikan penjelasan mengenai latar belakang masalah, dan mengapa kejadian itu harus terjadi. Selanjutnya terdapat pula krisis, pada bagian ini penulis akan menjelaskan pokok masalah yang utama dengan bumbu warna yang berbeda dan unik, sehingga dapat menimbulkan ketertarikan pembacanya.

Struktur berikutnya, harus ada reaksi. Ini berhubungan besar pada krisis. Dalam sesi ini, akan ada penyelesaian masalah dengan menggunakan cara yang tak biasa dan tak kalah unik. Kemudian yang terakhir adalah koda, bagian ini berisi penutup dari teks anekdot yang merupakan akhir dari semua masalah bisa juga berisi kesimpulan atau yang lainya.

Ciri- ciri Teks Anekdot

Untuk memudahkan anda dalam membedakan jenis teks anekdot dengan yang lain, berikut ini beberapa ciri- ciri yang akan memudahkan anda untuk mengidentifikasinya :

  1. Berupa teks yang mendekati perumpamaan. Dalam teks anekdot, perumpamaan yang biasa digunakan menyerupai dongeng. Hal ini tentunya akan membawa para pembacanya pada khayalan dan imajinasinya masing masing serta biasanya mengambil setting kejadian sehari- hari.
  2. Menampilkan tokoh- tokoh yang sedang banyak dibicarakan publik atau juga figur yang banyak dikenal masyarakat.
  3. Bersifat humoris, lucu menghibur namun terdapat unsur sindiran si dalamnya.hal ini karena tujuan utama teks anekdot adalah untuk memberikan kritik sosial namun dengan nada yang kocak.
  4. Menyelipkan tujuan tertentu, biasanya dengan kalimat- kalimat yang lucu masyarakat akan lebih menerima tulisan yang dibuat. Oleh karena itu teks anekdot ini bisa menjadi suatu alat untuk mengekspresikan ungkapan sindiran atau kritik tertentu.

Kaidah Teks Anekdot

Kaidah dalam penulisan teks anekdot ini juga dapat menjadi pegangan saat menuliskanya. Adapun beberapa kaidah- kaidah yang harus diperhatikan ialah :

  1. Memakain pertanyaan retorik (tidak memerlukan jawaban) yang disajikan dengan kreatif.
  2. Sesuai dengan struktur yang telah ada.
  3. Menyatakan peristiwa.
  4. Memakai keterangan waktu lampau.
  5. Memakai kata predikat atau kata kerja.
  6. Memakai kalimat yang berbau perintah

Demikian beberapa hal mengenai Teks Anekdot yang bisa membantu anda dalam mengidentifikasinya. Guna membuat kemampuan anda dalam menulis lebih kreatif anda bisa membacanya dari berbagai sumber buku maupun internet, selamat mencoba.

 

Berikan Bintang Untuk Penulis

%d blogger menyukai ini: