5/5 (1) Sistem Kepercayaan Manusia Purba Masa Prasejarah yang Patut Kita Ketahui

Sistem Kepercayaan Manusia Purba Masa Prasejarah yang Patut Kita Ketahui – Sistem kepercayaan manusia purba masa prasejarah sangatlah unik dan semestinya kita ketahui. Belajar sejarah adalah hal yang menarik, selain itu juga menambah wawasan terkait perkembangan manusia dari masa ke masa. Terutama dalam hal kepercayaan.

Kepercayaan manusia purba muncul ketika mereka memperhatikan adanya tentang hidup dan mati. Mereka menyadari adanya kekuatan yang dapat menggerakkan sesuatu yang lainnya. Dan mereka mulai berinisiatif untuk mendekat pada hal yang mereka yakini memiliki kekuatan tersebut. Salah satunya dengan mempercayai kalau pohon-pohon dan batu besar serta lainnya ada yang menghuni.

Sehingga manusia purba melakukan beberapa ritual. Seperti melakukan pemujaan, pemberian sesaji, juga ritual-ritual upacara lainnya.

Ada banyak sekali kepercayaan yang dianut oleh manusia purba. Di antaranya adalah, roh nenek moyang, animisme, totemisme, dinamisme dan monoisme.

Oke, untuk lebih jelasnya kami akan membahas satu-satu mengenai kepercayaan manusia purba masa prasejarah untuk Anda.

Yuk, disimak!

Percaya terhadap Roh Nenek Moyang

Fenomena terjadinya kepercayaan ini disebabkan oleh adanya mimpi saat tidur. Saat itu manusia melihat dirinya terpisah dari jasmani. Mereka beranggapan bahwa tubuh yang berada di tempat lain itu adalah jiwa. Oleh karena hal tersebut, roh atau jiwa para pemimpin atau leluhur mereka yang sudah mati sangat dipuja-puja.

Kepercayaan Animisme

Kepercayaan ini merupakan kelanjutan dari percaya terhadap roh nenek moyang. Pada saat ini pikiran manusia telah berkembang. Manusia beranggapan bahwa fenomena-fenomena alam yang terjadi tidak lepas dari campur tangan roh nenek moyang mereka. Baik itu kesuksesan maupun kegagalan. Sehingga untuk mendapatkan kedamaian mereka melakukan ritual-ritual pemujaan.

Kepercayaan Dinamisme

Kepercayaan dinamisme mempercayai bahwa semua benda-benda memiliki energi atau tenaga yang bisa berpengaruh pada kesuksesan ataupun kegagalan dalam bertahan hidup. Dari situ, mereka percaya adanya kekuatan gaib dan diyakini bisa menolong. Mereka menganggap kekuatan gaib ini ada di dalam keris, gunung, pohon-pohon besar, patung, dan sebagainya. Dengan memberikan sesaji dan melakukan ritual-ritual lainnya, mereka berharap kekuatan gaib itu dapat menolong mereka.

Kepercayaan Totemisme

Manusia menganggap bahwa hewan tertentu adalah suci dan dipuja karena memiliki kekuatan supranatural. Bahkan sampai saat ini masih bisa kita temukan kepercayaan totemisme di kalangan masyarakat. Hewan yang biasanya dianggap suci adalah sapi, harimau, dan ular.

Kepercayaan Monoisme atau Monoteisme

Ini adalah puncak kepercayaan dalam evolusi manusia. Manusia sudah mulai percayaan terhadap keberadaan Tuhan Yang Maha Esa. Mereka mulai berpikir tentang siapa yang menghidupkan dan mematikan mahluk hidup, menciptakan siang dan malam, dan benda-benda angkasa. Pikiran manusia terus berkembang. Dan dari situlah manusia percaya tentang keberadaan Tuhan Yang Maha Esa.

Wah, bagaimana? Menarik bukan ulasan kami kali ini?

Ternyata kepercayaan-kepercayaan manusia prasejarah itu berkembang dari waktu ke waktu. Dan kita, sebagai manusia yang merupakan evolusi dari manusia dulu setidaknya harus tahu tentang sejarah di masa lampau.

Belajar sejarah itu menyenangkan. Ada banyak sekali hal-hal unik dan menakjubkan yang pastinya belum banyak kita ketahui. Perkembangan manusia dari masa ke masa tampak begitu pesat.

Jangan lupakan sejarah. Hari ini ada karena adanya sejarah di masa lalu. Dan sejarah menciptakan hal yang lebih baik untuk kita di masa ini.

Ayo, belajar sejarah! Ciptakan imajinasi yang luar biasa.

Berikan Bintang Untuk Penulis

%d blogger menyukai ini: