5/5 (1) Rangkuman Sosiologi Bab 1 Kelas 10

Rangkuman Sosiologi Bab 1 Kelas 10 – Bertemu lagi bareng kita, budisyaqier.com yang senantiasa membahas mengenai segala ilmu pengetahuan yang pastinya perlu kalian ketahui. Dan kali ini budisyaqier.com berkesempatan untuk membahas Rangkuman Sosiologi Bab 1 Kelas 10. Mari langsung saja simak baik-baik ulasan di bawah.

Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang membahas serta mempelajari manusia sebagai anggota golongan atau masyarakatnya (tidak sebagai individu yang terlepas dari golongan atau masyarakatnya), serta ikatan-ikatan adat, kebiasaan, kepercayaan atau agama, tingkah laku, dan kesenian atau kebudayaan.

Faktor yang melatarbelakangi lahirnya ilmu sosiologi adalah terjadinya berbagai krisis yang ada dalam kehidupan masyarakat pasca revolusi industri dan revolusi Perancis.

Kajian sosiologi adalah masyarakat dilihat dari sudut hubungan antarmanusia dan proses yang timbul akibat adanya hubungan manusia tersebut di dalam masyarakat.

Hakikat sosiologi adalah sebagai berikut.
1. Sosiologi merupakan ilmu sosial.
2. Sosiologi merupakan disiplin ilmu yang kategoris.
3. Sosiologi merupakan ilmu murni.
4. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan abstrak.
5. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang mencari pengertian dan pola-pola yang umum.
6. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang bersifat umum.

Metode dalam sosiologi terbagi atas metode kuantitatif dan kualitatif. Di samping itu ada metode lain yaitu metode induktif, deduktif, fungsionalisme, empiris, dan rasionalistis.

Dengan mempelajari sosiologi kita akan menjadi tahu peranan, kedudukan, dan bagaimana kita harus berperilaku dalam masyarakat.

Berikan Bintang Untuk Penulis

%d blogger menyukai ini: