5/5 (1) Proposal, Unsur, Jenis Dan Fungsinya Secara Detail

Proposal, Unsur, Jenis Dan Fungsinya Secara Detail – Bertemu lagi bareng kita, budisyaqier.com yang senantiasa membahas mengenai segala ilmu pengetahuan yang pastinya perlu kalian ketahui. Dan kali ini budisyaqier.com berkesempatan untuk membahas Proposal, Unsur, Jenis Dan Fungsinya Secara Detail. Mari langsung saja simak baik-baik ulasan di bawah.

Proposal bisa di sebut juga sebagai suatu pengajuan rencana kegiatan untuk medapatkan suatu persetujuan atau dukungan dari beberapa pihak. Proposal berasal dari bahasa inggris yaitu to purpose yang artinya mengajukan. Proposal juga bisa diartikan sebagai sebuah tulisan yang menjelaskan lebih detail tentang suatu rancangan kegiatan kepada pembaca. Bisa juga proposal sebagai bahan untuk menghalang dana dan mencari sponsor untuk melaksanakan kegiatan tertentu. Selain itu proposal juga bisa digunakan untuk mengajukan suatu izin untuk melakukan penelitian.

Unsur-Unsur Proposal

Adapu unsur-unsur dari Proposal yaitu

  • Latar belakang permasalahan

Adanya latar belakang ini sebagai panduan atau garis besar diadakannya suatu kegiatan. Dengan membaca latar belakang ini pembaca bisa mengetahui secara garis besar alasan dari diadakannya suatu kegiatan. Dengan demikian kegiatan yang dilakukan tersebut memiliki landasan berfikir yang jelas.

  • Rumusan masalah

Rumusan masalah ini menjelaskan tentang variabel-variabel yang akan di uji. Biasanya rumusan masalah ini berupa pertnyaan yang butuh jawaban.

  • Tujuan penelitian

Berupa pertnyaan yang mengaju pada rumusan masalah. Tujuan juga merupakan sasaran peneliti.

  • Hipotesis

Adanya hipotesis ini merupakan jawaban sementara dari penelitian yang biasianya berupa pernyataan singkat, jelas dan padat.

  • Manfaat penelitan

Manfaat menjadi salah satu alasan kelayakan dari suatu penelitian untuk di teliti.

  • Kajian pustaka

Adanya teori-teori yang mendukung suatu penelitian yang akan dilakukan.

  • Definisi operasional

Berisi tentang istilah-istilah penting yang ada dalam penelitian.

Sedangkan untuk unsur proposal kegiatan untuk menggalang dana yaitu judul kegiatan, pendahuan, tujuan kegiatan, waktu dan tempat, sasaran kegiatan, susunan kepanitiaan, anggaran dana, dan penutup.

Jenis –Jenis Proposal

Adapun jenis-jenis proposal berdasarkan bentuknya yaitu

  1. Proposal non formal, bisa berbentuk momarantum atau surat yang tidak selengkap proposal formal. Proposal non formal ini terdiri dari hal-hal berikut yaitu masalah, pemecahan, saran dan permohonan.
  2. Proposal semi formal, sama seperti halnya proposal non formal hanya saja tidak selengkap proposal formal.
  3. Proposal formal, proposal yang terdiri dari pendahuluan, isi dan juga penutup. Adapun pendahuluan ini berisi tentang halaman judul, kata pengantar, iktisar, daftar isi dan juga bagian pelengkap. Sedangkan bagian isi terdiri dari latar belakang, batasan masalah,  tujuan, landasan teori, metodologi, fasilitas, susunan panitia, analisis, waktu, tempat dan juga anggaran. Bagian pelengkap berisis tentang penutup, daftar pustaka, dan lampiran-lampiran.

Adapun jenis-jenis proposal secara umum yaitu

  1. Proposal penelitian, proposal ini lebih sering digunakan untuk bidang akademik seperti pembuatan tesis, skripsi dan lainnya. Sedangkan isi dari proposal penelitian biasanya kegiatan penelitian.
  2. Proposal proyek, proposal yang bersi tentang proyek dalam dunia kerja. Jadi, proposal ini berisi tentang rencana bisnis atau komersil seperti halnya proyek pembangunan.
  3. Proyek kegiatan, proposal yang berupa rencana kegiatan yang bersifat kelompok atau individu seperti halnya proposal kegiatan seminar dan pentas seni budaya.
  4. Proposal bisnis, proposal yang berkaitan dengan dunia usaha baik kelompok atau perorangan seperti halnya proposal kerja sama antar perusahaan dan pendirian suatu usaha.

Fungsi Proposal

Beberap fungsi dari proposal yaitu

  1. Proposal berfungsi untuk mengajukan kredit di bank
  2. Proposal berfungsi untuk mendirikan usaha besar, mikro dan usaha kecil.
  3. Proposal berfungsi untuk melakukan berbagai penelitian yang berkaitan dengan budaya, sosial, politik, ekonomi dan lainnya.
  4. Proposal berfungsi untuk mengajukan kegiatan diskusi, seminar, berbagai pelatihan dan lainnya.
  5. Proposal berfungsi untuk mengajukan tender dari berbagai lembaga swasta atau pemerintahan.

Demikian tadi beberapa unsur, jenis dna fungsi dari Proposal secara lengkapnya. Anda bisa menjadikannya sebagai referensi. Semoga bermanfaat.

 

Berikan Bintang Untuk Penulis

%d blogger menyukai ini: