4/5 (3) Pengertian, Struktur,Ciri, Tujuan dan Kaidah Kebahasaan Dari Teks Biografi

Pengertian, Struktur,Ciri, Tujuan dan Kaidah Kebahasaan Dari Teks Biografi – Bertemu lagi bareng kita, budisyaqier.com yang senantiasa membahas mengenai segala ilmu pengetahuan yang pastinya perlu kalian ketahui. Dan kali ini budisyaqier.com berkesempatan untuk membahas Pengertian, Struktur,Ciri, Tujuan dan Kaidah Kebahasaan Dari Teks Biografi. Mari langsung saja simak baik-baik ulasan di bawah.

Pernahkah Anda diberi tugas membuat teks biografi? Apa saja yang perlu Anda ketahui untuk membuat teks biografi? Untuk lebih jelasnya simak ulasan di bawah ini yang akan mengulas tentang teks biografi dari mulai  pengertian, struktur, ciri tujuan, dan kaidah kebahasaan dalam teks biografi.

Pengertian dan Struktur Teks Biografi

Suatu teks yang menceritakan atau mengisahkan kehidupan suatu tokoh baik itu untuk tujuan agar tokoh yang ditulis bisa menjadi teladan untuk banyak orang yang membacanya dinamakan teks biografi.

Sementara itu teks biografi memiliki struktur sebagai berikut

  1. Orientasi

Bagian  awal pada teks biografi yang menuliskan gambaran secara umum tentang tokoh yang sedang ditulis.

  1. Urutan Peristiwa

Bagian yang menuliskan peristiwa kehidupan yang pernah dialami oleh tokoh dari mulai masa kecil, pendidikan hingga kisah cintanya.

  1. Reorientasi

Bagian akhir dari teks biografi yang mana pengarang menuliskan kesimpulan mengenai tokoh yang diceritakan.

Maka dari itu untuk menulis sebuah teks biografi, perlu adanya pemahaman mengenai pengertian, struktur, ciri tujuan, dan kaidah kebahasaan dalam teks biografi.

 

Ciri dan Tujuan Teks Biografi

Sebelum menulis teks biografi, pastikan Anda mengetahui terlebih dahulu ciri dan tujuan dari teks biografi. Apa sajakah ciri dan tujuannya?

  1. Informatif

Terdapat muatan yang bersifat informatif dengan berdasarkan kisah nyata pada tokoh yang diceritakan.

  1. Faktual

Teks biografi harus ditulis berdasarkan pengalaman hidup suatu tokoh yang tidak direkayasa. Ada banyak hal menarik dari kehidupan seorang tokoh yang bisa menjadi teladan, dan hal menarik itu haruslah ditulislah dengan faktual.

  1. Terstruktur

Teks biografi haruslah memiliki struktur yang jelas.

Sementara itu tujuan dari teks biografi adalah supaya para pembaca bisa mengetahui dan meneladani hal positif dari perjalanan hidup seorang tokoh yang ia baca dan dapat mengambil pelajaran.

Kaidah Kebahasaan Dari Teks Biografi

 Ada 8 kaidah yang digunakan ketika hendak menuliskan teks biografi. Apa sajakah kaidah-kaidah tersebut?

  1. Partisipan Manusia

Terdapat orang yang ikut serta dalam  apa yang diceritakan

  1. Pronomina

Pronomina adalah istilah kata ganti yang sering digunakan pengarang untuk menamai seseorang secara tidak langsung. Bisa juga pronomina digunakan untuk menggantikan benda dan sesuatu hal secara tidak langsung.

  1. Pengacuan

Pengacuan  merupakan alat kohesi  yang digunakan oleh penulis teks biografi untuk terhindar dari pengulangan kata. Penting kaitannya bagi seorang penulis untuk berpedoman pada pengacuan agar terhndar dari pengulangan kata yang sama secara terus-menerus.

  1. Konjungsi Temporal

Kata hubung yang menunjukkan urutan waktu kejadian dinamakan konjungsi temporal. Contoh dari konjungsi temporal adalah lalu, setelah itu, saat, kemudian, ketika, dan lain-lain. Bisa juga menggunakan konjungsi dan, seperti, karena, tetapi, meskipun dan lain-lain.

  1. Kalimat Simpleks atau Tunggal

Kalimat  yang terdiri dari satu verba utama dinamakan kalimat simpleks atau kalimat. Ciri dari kalimat ini adalah hanya menggambarkan satu aksi, peristiwa, atau keadaan.

  1. Kata Keterangan

Kata keterangan adalah kata yang menunjukkan sebuah kejadian atau peristiwa, waktu dan tempat. Bisa pula kata keterangan menunjukkan cara atau alat.

  1. Kata Kerja Material

Kata kerja adalah jenis kata yang menyatakan tindakan, pengalaman, atau bentuk aktivitas kerja yang lain. Dalam sebuah kalimat, kata kerja mempunyai makna perbuatan, aktivitas atau tindakan. Sementara kata kerja material berarti menunjukkan perbuatan fisik maupun peristiwa.

  1. Kata hubung

Kata hubung adalah konjungsi yang digunakan untuk menghubungkan satu kalimat dengan kalimat yang lainnya

Demikian ulasan mengenai pengertian, struktur, ciri tujuan, dan kaidah kebahasaan dalam teks biografi. Semoga bermanfaat.

 

Berikan Bintang Untuk Penulis

%d blogger menyukai ini: