Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

PENGERTIAN SOSIOLOGI MENURUT PARA AHLI – Bertemu lagi bareng kita, budisyaqier.com yang senantiasa membahas mengenai segala ilmu pengetahuan yang pastinya perlu kalian ketahui. Dan kali ini budisyaqier.com berkesempatan untuk membahas PENGERTIAN SOSIOLOGI MENURUT PARA AHLI. Mari langsung saja simak baik-baik ulasan di bawah.

Pengertian Sosiologi

Manusia selalu mengadakan hubungan ke mana pun serta dimana pun dengan berulang-ulang, baik dengan cara langsung atau tidak langsung. Supaya hubungan itu berjalan secara baik, maka dalam berperilaku manusia selalu berpedoman pada nilai-nilai serta norma yang berlaku dalam masyarakat. Nilai serta norma yang dimiliki setiap masyarakat tidak sama. Dengan menyadari persamaan serta perbedaannya, dan keikutsertaan kita dalam hubungan sosial memberikan gambaran kepadamu mengenai ilmu yang akan kita pelajari, yakni sosiologi.
Arti sosiologi secara etimologis berasal dari kata Latin socius yang berarti ‘teman, kawan’, serta logos yang berasal dari kata Yunani yang berarti ‘ilmu’. Jadi apa yang dimaksud sosiologi? Mengacu pada arti dua kata itu, maka sosiologi berarti ilmu mengenai teman. Dalam arti yang lebih luas, sosiologi disimpulkan sebagai ilmu yang mempelajari interaksi manusia di dalam masyarakat. Sosiologi bermaksud untuk mengkaji kejadian- kejadian dalam masyarakat, yakni persekutuan manusia yang selanjutnya berupaya untuk mendatangkan perbaikan dalam kehidupan bersama . Istilah sosiologi pertama kali dipakai Auguste Comte untuk mempelajari keadaan masyarakat Eropa pada saat itu. Sosiologi sebagai ilmu mulai dikenal sejak abad ke-19 dengan melepaskan diri dari filsafat.
Sosiologi ialah ilmu yang mempelajari hidup bersama dalam masyarakat, serta menyelidiki ikatan-ikatan antarmanusia dalam kehidupan. Sosiologi mencoba mengerti sifat serta maksud hidup bersama, cara terbentuk, tumbuh, serta beralihnya kumpulan-kumpulan manusia yang hidup bersama itu, dan keyakinan, kepercayaan yang memberikan karakter tertentu kepada cara hidup bersama itu dalam setiap persekutuan hidup manusia.
Secara singkat, sosiologi adalah ilmu masyarakat atau ilmu kemasyarakatan yang mempelajari manusia sebagai anggota golongan atau masyarakat (tidak sebagai individu yang terlepas dari golongan atau masyarakat), dan ikatan-ikatan adat, rutinitas, keyakinan atau agama, perilaku, serta kesenian atau kebudayaan masyarakat tersebut .

Tahukah Kamu ?
Auguste Comte atau yang dikenal sebagai Bapak Sosio- logi memiliki nama lengkap Isidore Auguste Maria Francois Xavier Comte. Ia dilahirkan di sebuah kota di bagian selatan Perancis, Montpellier pada tanggal 19 Januari 1798. Comte adalah seorang filsuf dan sosiolog besar Perancis. Kar- yanya yang terkenal antara lain Cours de Philosophie Positive. Comte meninggal dunia pada tanggal 5 September 1857. Berkat Comte, ilmu sosiologi dikenal di seluruh dunia sampai sekarang.

Bagaimanakah pengertian sosiologi menurut pendapat para ahli? Seiring dengan perkembangan sosiologi, berikut ini pengertian sosiologi menurut pendapat para ahli dari sudut pandang masing-masing.

Auguste Conte

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari manusia sebagai makhluk yang mempunyai naluri untuk senantiasa hidup bersama dengan sesamanya.

Emile Durkheim

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari fakta sosial. Fakta sosial merupakan cara bertindak, berpikir, dan berperasaan yang berada di luar individu, serta mempunyai kekuatan memaksa dan mengendalikan.

Max Weber

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tindakan sosial. Tindakan sosial adalah tindakan yang dilakukan dengan mempertimbangkan dan berorientasi pada perilaku orang lain.

P.J. Bouman

Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari hubungan-hubungan sosial antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, serta sifat dan perubahan- perubahan dalam lembaga-lembaga dan ide-ide sosial.

Pitirim A.Sorokin

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari mengenai:

  1. Hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial, misalnya antara gejala ekonomi dan agama, keluarga dan moral, hukum dan ekonomi, gerak masyarakat dan politik, dan sebagainya.
  2. Hubungan dan saling pengaruh antara gejala-gejala sosial dan gejala-gejala nonsosial, misalnya gejala geografis, biologis, dan sebagainya.
  3. Ciri-ciri umum semua jenis gejala sosial.

Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi

Sosiologi atau ilmu masyarakat adalah ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial, termasuk perubahan-perubahan sosial.

Kingsley Davis

Sosiologi adalah suatu studi yang mengkaji bagaimana masyarakat mencapai kesatuannya, kelangsungannya, dan cara- cara masyarakat itu berubah.