5/5 (1) Pengertian Norma, Macam Norma dan Sanksinya

Pengertian Norma, Macam Norma dan Sanksinya – Bertemu lagi bareng kita, budisyaqier.com yang senantiasa membahas mengenai segala ilmu pengetahuan yang pastinya perlu kalian ketahui. Dan kali ini budisyaqier.com berkesempatan untuk membahas Pengertian Norma, Macam Norma dan Sanksinya. Mari langsung saja simak baik-baik ulasan di bawah.

Norma adalah seluruh kaidah dan peraturan yang diterapkan untuk mengatur tingkah laku manusia dalam masyarakat. Tujuannya agar hidup sosial manusia dapat berjalan terarur, sehingga orang lain tidak bisa melakukan perbuatan sesuka hatinya.

Berdasarkan tujuannya, maka Norma memiliki fungsi antara lain:

  • Sebagai pedoman atau aturan hidup untuk masyarakat di wilayah tertentu.
  • Dapat memberikan keteraturan dalam kehidupan bermasyarakat.
  • Menghadirkan suasana yang tertib.
  • Mengikat warga masyarakat karena adanya sanksi bagi yang melanggar.
  • Merupakan suatu standar dari masyarakat dalam bertingkah laku.
  • Memberi batasan berupa larangan dan perintah dalam bertindak dan berperilaku
  • Memaksa individu agar bisa menyesuaikan dan beradaptasi dengan norma yang ada di masyarakat serta menyerap nilai-nilai yang diharapkan.

Dengan beragam fungsi yang mengikat tersebut, maka kebutuhan akan hidup nyaman serasi, harmonis, dan selaras dalam masyarakat dapat tercipta.

Perlu kamu tahu, norma yang mengatur kehidupan masyakat pada umumnya ada dua jenis, yaitu norma Formal dan Non-Formal. Norma Formal adalah norma yang ketentuan dan aturan dalam kehidupan bermasyarakat ditentukan dan dibuat oleh lembaga atau institusi yang sifatnya resmi atau formal. Sedangkan norma Non-Formal adalah kaedah dan peraturan yang diberlakukan di dalam masyarakat, tapi tidak ada aturan baku. Biasanya pun norma ini tidak tertulis dalam aturan baku. Contohnya adat istiadat.

Norma-norma yang berlaku dalam masyarakat

Untuk lebih jelasnya mengenani Norma, berikut ini norma-norma yang diberlakukan di dalam masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia.

Norma Agama

Ssuatu tatacara atau peraturan hidup yang berdasarkan pada wahyu Ilahi disebut norma agama. Contohnya: melaksanakan ibadah tepat waktu, saling hormat-menghormati, monolong atar sesama manusia, tidak semena-mena pada yang lemah, dilarang membuat fitnah, tidak boleh minum-minuman keras, dilarang mencuri, dan lain sebagainya

Norma Kesusilaan

Norma ini merupakan kaedah atau tatacara hidup yang timbul dari sanubari manusia. Contohnya, antara lain: bertutur jujur, saling menghargai dan menghormati antar sesama, berbuat baik, berlaku adil, dilarang menganiaya, apalagi membunuh, dan lainnya.

Norma Kesopanan

Landasar norma ini adalah kebiasaan, kepantasan, dan ketaatan yang diberlakukan di dalam masyarakat. Norma ini berkaitan dengan etika kesopanan yang berlaku di mayarakat tersebut. Contohnya bertutur kata baik dan tidak saling menyakiti, bertamu kerumah orang lain dengan sopan, tidak meludah sembarangan, saling menghormati.

Norma Hukum

Norma Hukum adalah peraturan yang ditetapkan oleh negara atau pemerintah. Artinya norma ini dibuat oleh pemerintah yang berwenang. Contohnya adalah pengguna kendaraan bermotor wajib memiliki Surat Ijin Mengemudi/SIM, serta STNK, larangan untuk penipuan, pembajakan karya, dan lainnya.

Selelah mengetahui norma yang berlaku di masyarakat, selanjutnya yang wajib kamu ketahui adalah sanksi dari norma tersebut apabila dilanggar.

Macam-Macam Sanksi

Berikut ini merupakan sanksi dari berberapa norma yang ada.

Norma Agama

Sanksi apabila melanggar norma agama adalah akan dihukum oleh Tuhan di akhirat nanti. Hukumannya bisa berypa masuk ke dalam neraka.

Norma Kesusilaan

Hukuman dari norma kesusilaan apabila dilanggar adalah celaan dari masyarakat, sikap sinis, dan pandangan rendah dari orang lain, perasaan malu, dikucilkan dan penderiaan batin.

Norma Kesopanan/Adat

Sanksi dari norma ini adalah dikucilkan dari masyarakat, diusir dari lingkungan dan lainnya.

Norma Hukum

Sanksi dari norma hukum adalah perupa pidana penjara bahkan denda.

Demikian penjelasan tentang Norma, macam-macam norma dan sanksinya. Semoga bisa menambah wawasan kamu.

Berikan Bintang Untuk Penulis

%d blogger menyukai ini: