Pengertian Hak Asasi Manusia

Pengertian Hak Asasi Manusia – Bertemu lagi bareng kita, budisyaqier.com yang senantiasa membahas mengenai segala ilmu pengetahuan yang pastinya perlu kalian ketahui. Dan kali ini budisyaqier.com berkesempatan untuk membahas Pengertian Hak Asasi Manusia. Mari langsung saja simak baik-baik ulasan di bawah.

Hak Asasi Manusia atau yang dikenal dengan singkatan HAM adalah prinsip-prinsip moral atau norma-norma, yang menggambarkan standar tertentu manusia dalam berperilaku. HAM juga melindungi secara teratur hak-hak hukum dalam kota maupun internasional. Lebih sederhananya, HAM adalah hak dasar yang dimiliki manusia sejak lahir dan harus dijunjung tinggi serta diakui oleh orang lain.

Manusia merupakan makhluk hidup yang paling sempurna. Salah satu kesempurnaannya adalah akal dan pikiran. Tentu saja hal tersebut menjadikan manusia berbeda dengan makhluk lainnya. Sejak diciptaka dan dilahirkan manusia dianugerahi hal-hal yang melekat dalam dirinya dan wajib dihormati oleh manusia yang lain. Nah, hak tersebut disebut dengan HAM.

Ada beberapa pendapat tentang HAM ini. Berikut ini pendapat menurut para ahli:

HAM menurut Austin-Ranney kebebasan setiap orang telah diatur secara menurut perundang-undangan/sonsitusi, serta pelaksanaanya dijamin pemerintah.

HAM menurut A.J.M Milne adalah hak yang dimiliki oleh semua umat manusia di segala masa dan di segala tempat karena keutaan keberadaannya sebagai manusia.

HAM menurut John Locke adalah hak yang telah Tuhan beri sebagai sesuatu yang bersifat fitrah.

HAM menurut David Beetham dan Kevin Boyle adalah hak pribadi yang sumbernya dari kebutuhan dan keperluan manusia.

HAM menurut C. De Rover adalah hak setiap orang dalam ranah hukum sebagai manusia. Hak-hak tersebut bersifat universal. Artinya setiap orang memilikinya.  Tidlak peduli kaya ataupun miskin.

HAM menurut Franz Magnis-Suseno adalah hak yang manusia miliki tapi bukan karena masyarakat yang memberikannya.

Hak Asasi Manusia menurut Miriam Budiardjo adalah hak setiap manusia yang telah diperoleh dalam masyarakat dari sejak dia dilahirkan.

HAM menurut Eomar Seno Adji merupakan hak yang mengakar pada manusia sebagai makhluk Tuhan. Hak ini tidak boleh dilangggar oleh siapapun.

Sedangkan menurut UU nomor 39 tahun 1999, HAM adalah segala hak yang merekat pada keberadaan manusia sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Hak tersebut merupakan anugerah dari Tuhan yang harus dihormati. Selain itu juga wajib dijunjung tinggi, dan dilindungi. Baik itu oleh negara, hukum, pemerintah, dan bahkan setiap orang. Hal tersebut demi menjaga kehormatan serta harkat dan martabat manusia.

Nah, sekarang kamu sudah memahami pengertian HAM, bukan? Sekarang akan dijelaskan lagi macam-macam HAM yang digolongkan menjadi enam macam.

Macam Macam HAM

Hak Asasi Pribadi (Personal Rights)

Meliputi, hak kebebasan bergerak, bepergian dan berpindah tempat. Hak untuk mengeluarkan atau menyatakan pendapat juga termasuk. Di samping itu, setiap orang berhak memeluk keyakinan  atau agama yang dikayininya. Dan bebas berorganisasi dan berhak memilih.

Hak Asasi Ekonomi (Property Rights)

Contohnya antara lain: hak bebas melakukan kegiatan jual beli, mengadakan perjanjian kontrak, menyelenggarakan sewa-menyewa dan utang-piutang. Termasuk juga, bebas untuk memilih sesuatu, dan hak memiliki dan mendapatkan pekerjaan.

Hak Asasi Politik (Political Rights)

Meliputi, hak  memilih ketika ada pemilihan. Juga hak untuk dan dipilih. Hak untuk terlibat dalam kegiatan pemerintahan juga termasuk.  Serta hak untuk mendirikan partai politik dan mengelolanya. Selain itu juga, hak untuk membuat dan mengajukan suatu usulan petisi.

Hak Asasi Hukum (Legal Equality Rights)

Contohnya, hak mendapatkan perlakuan hukum yang sama, hak menjadi pegawai negeri sipil (PNS), serta hak mendapat layanan dan perlindungan hukum.

Hak Asasi Sosial Budaya (Social Culture Rights)

Contohnya, hak menentukan, memilih dan mendapatkan pendidikan. Termasuk juga hak mengembangkan budaya yang sesuai dengan bakat dan minat.

Hak Asasi Peradilan (Procedural Rights)

Contohnya, hak mendapatkan pembelaan hukum di pengadilan. Selain itu juga, mendapatkan perlakuan yang sama dalam penggeledahan, penangkapan, penahanan, dan penyelidikan di muka hukum.

Demikian pembahasan tentang Hak Asasi Manusia. Semoga setelah membacanya, kamu jadi lebih paham apa saja yang termasuk dalam HAM.