5/5 (1) Pengertian dan Rumus Past Perfect Continuous Tense Beserta Contohnya

Pengertian dan Rumus Past Perfect Continuous Tense Beserta Contohnya – Bertemu lagi bareng kita, budisyaqier.com yang senantiasa membahas mengenai segala ilmu pengetahuan yang pastinya perlu kalian ketahui. Dan kali ini budisyaqier.com berkesempatan untuk membahas Pengertian dan Rumus Past Perfect Continuous Tense Beserta Contohnya. Mari langsung saja simak baik-baik ulasan di bawah.

Anda pasti pernah merasakan kesulitan ketika membuat contoh kalimat dengan menggunakan rumus past perfect continuous tense. Sebenarnya rumus past perfect continuous tense ini begitu mudah asal Anda mau belajar dan memahami rumusnya. Nah, untuk lebih memahaminya, simak ulasannya mengenai past perfect continuous tense beserta contohnya di bawah ini.

Pengertian Past Perfect Continuous Tense

The past perfect continuous tense atau juga dikenal sebagai the past perfect progressive tense adalah rumus yang menunjukkan bahwa tindakan yang dimulai di masa lalu berlanjut sampai waktu lain di masa lalu. Past perfect continuous tense dibangun menggunakan kata kunci present participle (root + -ing).

Berbeda dengan present perfect continuous, yang menunjukkan suatu tindakan yang dimulai di masa lalu dan berlanjut sampai sekarang, past perfect continuous tense adalah kata kerja yang menunjukkan sesuatu dimulai di masa lalu, kemudian berlanjut di masa lalu, dan juga berakhir pada sebuah definisi titik di masa lalu.

Rumus Past Perfect Continuous Tense

Untuk merangkai kalimat dengan past perfect continuous tense, maka perhatikan cara menggunakan Past Perfect Continuous Tense beserta contohnya  di bawah ini :

  1. Perhatikan Durasi Sebelum Terjadi Sesuatu di Masa Lalu

Seseorang  menggunakan Past Perfect Perfect Continuous untuk menunjukkan bahwa sesuatu dimulai di masa lalu dan berlanjut sampai lain waktu di masa lalu. “Selama lima menit” dan “selama dua minggu” sama-sama jangka waktu yang bisa digunakan dengan Past Perfect Continuous.

Contoh :

  • Had you been waiting long before the bus arrived?
  • It had been raining hard for several hours and the streets were very wet.
  • Her friends had been thinking of calling the police when she walked in.

 

  1. Perhatikan Penyebab Sesuatu di Masa Lalu

Menggunakan Past Perfect Perfect Continuous sebelum tindakan lain di masa lalu adalah fungsi dari tenses ini untuk menujukan cause dan effect.

Contoh :

  1. Tania was happy because he was getting 5 stars in the class.

(Kalimatnya menekankan bahwa Tania lelah karena sedang berolahraga pada saat yang tepat.)

  1. Tania was tired because she had been walking around.

(Kalimat ini menekankan bahwa Tania sudah lelah karena sudah lama berolahraga. Mungkin saja Tania masih berolahraga pada saat itu bisa jadi baru saja ia selesai.)

Past Continuous vs Past Perfect Continuous

Jika Anda tidak memasukkan durasi seperti “selama lima menit”, “selama dua minggu” atau “sejak Jumat,” banyak pakar bahasa Inggris memilih untuk menggunakan Past Perfect Continuous. Berhati-hatilah karena penggunaan rumus bisa mengubah arti kalimat. Past Continuous menekankan tindakan yang terganggu, sedangkan Past Perfect Continuous menekankan durasi waktu sebelum sesuatu di masa lalu.

Demikan ulasan mengenai Past Perfect Continuous beserta contohnya. Semoga bermanfaat.

 

Berikan Bintang Untuk Penulis

%d blogger menyukai ini: