5/5 (1) Pengertian dan Contoh Prinsip Holistik

Pengertian dan Contoh Prinsip Holistik – Bertemu lagi bareng kita, budisyaqier.com yang senantiasa membahas mengenai segala ilmu pengetahuan yang pastinya perlu kalian ketahui. Dan kali ini budisyaqier.com berkesempatan untuk membahas Pengertian dan Contoh Prinsip Holistik. Mari langsung saja simak baik-baik ulasan di bawah.

Konsep holistik berubah menjadi salah satu keunikan dalam penelitian antropologi untuk membuat etnografi suatu suku bangsa atau suatu masyarakat tertentu. Pemahaman holistik merupakan memahami keterkaitan antara satu unsur dengan unsur yang lain dalam sebuah kesatuan kebudayaan. Untuk menyusun etnografi berdasarkan atas unsur-unsur kultural universal itu maka harus dicari salah satu unsur yang berkaitan dan saling melengkapi unsur yang lain dalam kebudayaan.

Baca Juga : Unsur-Unsur Kebudayaan Antropologi

Berdasarkan konsep holistik suatu unsur pengetahuan yang berkembang di orang Jawa akan berhubungan dengan sistem mata pencaharian seperti pertanian atau nelayan karena adanya sistem pranatamangsa di dalam masyarakat Jawa. Selanjutnya, teknologi berkaitan dengan sistem pengetahuan manusia karena semakin kompleks suatu hasil karya teknologi berdampak pada makin majunya sistem pengetahuan suatu masyarakat. Selain itu, teknologi berpengaruh pada sistem kekerabatan serta organisasi sosial suatu masyarakat karena adanya pergeseran norma serta nilai sosial sebagai dampak penerapan suatu teknologi. Contohnya, kegiatan makan bersama sudah jarang dilakukan oleh suatu keluarga sebab setiap anggota keluarga makan sambil menonton televisi di kamar masing-masing.

Baca Juga : Konsep Bahasa dan Fungsi Bahasa

Memahami keterkaitan salah satu unsur dengan unsur kultural universal yang lain sangat utama untuk memahami kebudayaan manusia secara objektif. Contohnya, kenapa warga Jawa struktur bahasanya berlapis-lapis di wilayah Yogyakarta serta Solo. Fenomena tersebut menunjukkan keterkaitan bahasa dengan stratifikasi sosial, sistem norma, serta nilai suatu masyarakat.

Berikan Bintang Untuk Penulis

%d blogger menyukai ini: