Pengertian dan Ciri-Ciri Orang Licik

Pengertian dan Ciri-Ciri Orang Licik – Bertemu lagi bareng kita, budisyaqier.com yang senantiasa membahas mengenai segala ilmu pengetahuan yang pastinya perlu kalian ketahui. Dan kali ini budisyaqier.com berkesempatan untuk membahas Pengertian dan Ciri-Ciri Orang Licik. Mari langsung saja simak baik-baik ulasan di bawah.

Ada dua sifat yang dipunyai manusia sejak menginjak dewasa. Dua sifat itu ialah sifat terpuji serta tercela. kalau ingin menjadi orang baik, sudah sepantasnya kita memiliki pembawaan terpuji. Memiliki sifat terpuji akan disayang Allah Swt. serta jadi ahli surga. Sebaliknya, sifat tercela harus dijauhi karena bisa menjerumuskan kita pada perbuatan yang dapat merugikan diri kita sendiri dan orang lain.
Dalam kehidupan sehari-hari manusia akan selalu berhubungan dengan manusia lainnya. Hal demikian disebabkan kedudukan manusia sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan.

Dalam pergaulan, terdapat etika yang harus dipenuhi supaya pergaulan dapat berjalan dengan baik tanpa adanya permasalahan. Agama Islam mengajarkan kepada manusia untuk bertata krama serta menjauhi sikap-sikap yang tercela. Jikalau manusia dapat menjalankan tuntutan itu, niscaya kehidupan masyarakat akan berjalan dengan baik.

Pengertian Licik

Licik merupakan salah satu sifat negatif yang sangat membahayakan bagi diri sendiri maupun orang lain. Licik berarti banyak akal yang buruk, pandai menipu, culas, curang, dan licin.

Ciri-Ciri Orang Licik

Sikap licik sangat berbahaya, sehingga jangan sampai sifat tersebut ada pada diri kita dan kita juga harus waspada terhadap orang yang bersifat licik. Berikut ini ciri-ciri sifat licik:

  1. Tidak suka melihat orang lain Orang seperti ini hatinya sedih dan gelisah ketika melihat orang lain bahagia. Ketika ia melihat saudara atau temannya meraih sukses, maka ia iri lalu berkomentar yang negatif. Bahkan ia berharap kebahagiaan yang diperoleh saudaranya itu bisa pindah kepada dirinya. Jika tidak bisa ia berharap nikmat tersebut lenyap. Sesungguhnya ini adalah sikap hasad. Tetapi licik lebih berbahaya karena orang yang licik sangat aktif untuk menghalang-halangi orang agar gagal.
  2. Bahagia melihat orang lain
    Ciri yang kedua adalah orang licik bahagia dan senang jika ada teman atau saudaranya mengalami musibah dan penderitaan. Rasa bahagia dan senangnya tersebut diekspresikan dalam raut muka dan ucapan maupun disembunyikan di hati dan perasaanya.
  3. Berpikir Untuk Mencelakakan Orang Lain
    Ciri yang ketiga orang licik mempunyai rencana-rencana negatif, di mana ingin menghalang-halangi agar orang lain gagal. Serta lebih jauh dari itu ia menghalalkan segala cara untuk membuat lain menderita bahkan ia tidak sportif dan kadang-kadang menggunakan orang lain untuk mencapai tujuan buruknya.
  4. Ingin Serba Jalan Pintas
    Orang licik kerap kali ketika menginginkan sesuatu ia tidak mau melalui sebuah proses. Inginnya cepat-cepat berhasil.
  5. Pandai Menipu, untuk memuluskan siasatnya yang licin, orang yang licik akan suka menipu dan berbohong serta bersilat lidah.

Bahaya Sifat Buruk Bagi Orang Lain

  1. Seringkali kita jumpai orang yang sikut sana-sikut sini untuk mencapai tujuannya. Demi memuaskan hawa nafsunya ia tidak segan-segan berbuat licik. Padahal keinginan bisa terwujud tanpa harus berbuat licik. Bagaimana pun licik adalah sikap yang tidak disukai oleh manusia manapun.
  2. Licik membuat seseorang menjadi serakah. Orang yang licik nafsunya tidak pernah ada Ia berbuat seperti orang haus yang meminum air laut. Makin diminum makin haus.
  3. Orang yang licik inginnya menjadi nomor satu, tidak peduli dengan kemampuannya yang tidak seberapa. Ia akan berusaha menyingkirkan orang yang bisa menghalangi ambisinya.
  4. Kurang Iman. Sudah pasti orang yang licik imannya kurang makanya ia berbuat seperti itu. Orang yang ber perilaku licik patut dikasihani karena kurang iman. Hatinya jauh dari mengingat Allah. Ia lupa kalau Allah selalu mengawasi perilaku hamba-Nya.
  5. Selagi ia butuh ia mendekat, dan selagi ia tidak butuh ia menjauh kan diri , dan menceritakan semua kejelekan dan menfitnah orang tersebut . tanpa ia mengingat budi dan kebaikan selama ia berteman pada orang tersebut . ia seperti kacang lupa dengan kulitnya.

Bahaya Orang Licik Bagi Diri Sendiri

  • Batinnya selalu resah dan Hatinya tidak akan tenang.
  • Jikaiamenafkahikeluargadenganjalanlicik lalu anak diberi makan yang tidak halal, maka akan menjadi daging
  • Hidupnya penuh dengan Orang yang licik hidupnya penuh dengan cobaan.
  • Dimanapun ia berada selalu mengalami Fitnah akan datang dikala orang melihat apa yang ia dapat tidak dengan cara yang wajar.
  • Ia penuh dengan dosa, Karena berbuat licik tidak akan diridhoiAllah Swt. dan dikutuk orang-orang.
  • Akhir hidupnya Su’ul Khotimah