Pengenalan dan Macam-Macam IDE C++

Pengertian Intergrated Developer Enviroment (IDE)

Intergrated Developer Enviroment (IDE) ialah program komputer yang diperuntukkan untuk membantu para programmer. fungsi dari IDE untuk menyediakan beberapa fasilitas serta semua untilitas yang dibutuhkan untuk membuat perangkat lunak. IDE umumnya memiliki fasilitas dasar seperti :

  • Editor, yaitu tempat untuk menuliskan kode sumber.
  • Compiler, alat penterjemah bahasa programmer tingkat ke bahasa mesin.
  • Debugger, adalah alat untuk membantu programmer dalam mengkoreksi kesalahan kode sumber program yang mereka buat.

Dan kebanyak IDE modern saat ini telah mempunyai fasilitas Intelligent Code Completion, banyak pula yang memberikan tambahan fasilitas penambahan serta sekaligus juga dapat menjadi ciri khas dari mereka (IDE).

Pada zaman dulu para programmer tidak dimanjakan seperti zaman saat ini, programmer dahulu kala sebelum membuat program mereka menggunakan rancangan Flowchart serta Punched Cards sematang-matangnya sebelum mereka mengirimnya ke compiler. Semuanya dikerjakan dengan manual serta tidak ada namanya debugger yang memberi tahu pada para programmer atas kesalan mereka pada kode yang mereka buat.

Seiring berjalanya waktu teknologi semakin meningkat serta termasuk juga IDE. Salah satunya tujuan dibuat IDE modern seperti zaman saat ini untuk mengoptimalkan produktifitas para programmer. dengan menyediakan komponen serta fasilitas yang memberi dukungan untuk kinerja programmer, ini terbukti dengan pertembuhan teknologi yang semakin cepat pada zaman ini.

Sebelum kita meluncur lebih dalam tentang bahasa pemrograman C++ anda diwajibkan memiliki perangkat lunak IDE yang mendukung bahasa pemrograman C++, jika anda tidak memiliki referensi tentang macam-macam IDE yang memberi dukungan bahasa pemrograman C++ anda dapat melihat daftar IDE C++ berikut ini.

Macam – Macam IDE C++

Anjuta, Code::Blocks, CodeLite, Dev-C++, Eclipse, Geany, GNAT Programming Studio, GNOME Builder, KDevelop, Kuzya, MonoDevelop, NetBeans, QDevelop, Qt Creator, SharpDevelop, Ultimate++, OpenWatcom, Pelles C, Philasmicos Entwickler Studio, Oracle Developer Studio, Visual Studio Community, Xcode, C++Builder, CodeWarrior, MyEclipse, Visual Studio, By JetBrains, IntelliJ IDEA, AppCode, CLion, IBM VisualAge, dan Borland.

Silahkan anda pilih (Download dan Install) salah satu IDE C++ dari daftar IDE di atas, anda juga dapat memilih lebih dari satu atau melanjutkan dengan menggunakan IDE kesukaan anda. Jika anda bingung mau pilih yang mana. Untuk rekomendasi penulis sendiri menggunakan IDE Code::Block.

Anda bebas menggunakan IDE apapun, bukan berarti setiap IDE akan berbeda dalam bahasanya, mereka masih memiliki bahasa yang sama mungkin hanya berbeda dalam tampilan dan fasilitas pendukung.

Share This

Thank you for your vote!
Post rating: 0 from 5 (according 0 votes)
What's your reaction?
0Smile0Lol0Wow0Love0Sad0Angry
%d blogger menyukai ini: