5/5 (1) Pemaparan Mengenai Kalimat Langsung dan Tidak Langsung Beserta Contohnya

Pemaparan Mengenai Kalimat Langsung dan Tidak Langsung Beserta Contohnya – Bertemu lagi bareng kita, budisyaqier.com yang senantiasa membahas mengenai segala ilmu pengetahuan yang pastinya perlu kalian ketahui. Dan kali ini budisyaqier.com berkesempatan untuk membahas Pemaparan Mengenai Kalimat Langsung dan Tidak Langsung Beserta Contohnya. Mari langsung saja simak baik-baik ulasan di bawah.

Kalimat langsung dan tidak langsung beserta contohnya di dalam bahasa Indonesia adalah suatu hal yang harus dipahami dengan baik. Banyak yang menyepelekan bahasa Indonesia, kebanyakan orang mengira bahwa bahasa Indonesia adalah suatu pelajaran atau hal yang mudah sebab sudah umum digunakan sehari-hari ketika bercakap-cakap. Namun, sejatinya dalam bahasa Indonesia ada beberapa aturan yang harus ditaati dalam prakteknya. Baik itu penggunaan bahasa bakunya, bahasa formalnya, kaidah kebahasaan, ejaan yang disempurnakan, majas dan lain sebagainya. Tahukah Anda penyebab jarangnya siswa yang SMP/SMA yang mendapat nilai sempurna pada ujian bahasa Indonesia? Sedangkan di bahasa inggris nilai sempurna sering didapat. Itu karena seorang siswa kadang tidak memahami betul-betul maksud dari pertanyaan yang tertera serta tidak paham betul mengenai perbedaan antara kata satu dengan kata lainnya, meski seolah kata tersebut memiliki arti yang sama. Hanya saja pemakaiannya yang berbeda.

Ada dua jenis kalimat dalam praktik menulis bahasa Indonesia yang harus dipahami, yakni kalimat langsung dan tidak langsung. Bila secara tatap muka, mungkin hal tersebut akan dapat dengan mudah dipahami. Sebenarnya kalimat langsung dan tidak langsung adalah hal yang mudah dibedakan meski dalam kalimat sekalipun. Hanya saja, dalam praktik menulis penjelasan mengenai dua hal tersebut penting adanya.

Kalimat Langsung

Kalimat langsung dan tidak langsung beserta contohnya kali ini dimulai dengan kalimat langsung terlebih dahulu. Apakah kalimat langsung itu? Kalimat langsung adalah kalimat yang secara langsung diucapkan oleh subyek kepada objek. Secara sederhananya, kalimat langsung adalah kalimat yang diucapkan oleh seseorang langsung kepada seseorang yang dituju tanpa menggunakan perantara orang lain.

Contohnya, “Budi, jangan lupa kerjakan PR!” Kata Ibu pada Budi yang sedang asyik main PS.

Dari contoh kalimat tersebut, maka sudah jelas bahwa apa yang dimaksud dengan kalimat langsung. Ibu dalam contoh, mengucapkan kalimat secara langsung pada Budi tanpa perantara siapapun. Contoh lainnya, “Nak, tolong angkatkan jemuran Ibu. Sebentar lagi hujan” Perintah Ibu pada anaknya yang sedang melamun di jendela.

melalui kedua contoh kalimat tersebut, maka sudah jelaslah apa yang dimaksud dengan kalimat langsung.

Kalimat tidak langsung

Bila sudah mengetahui apa itu kalimat langsung, maka untuk memahami tentang kalimat tidak langsung adalah hal yang mudah. kalimat tidak langsung adalah kebalikan dari kalimat langsung. Jadi intinya adalah kalimat yang tidak diucapkan langsung oleh si subyek kepada obyek. Ciri umumnya adalah, tidak ada tanda petik dua pada kalimat tersebut.

Contohnya, Budi berkata pada ibunya bahwa ia lapar. Bila kalimat tersebut dibuat menjadi kalimat langsung, maka hasilnya akan seperti ini, “Bu, Aku lapar” Kata Budi pada Ibunya. Jelaslah sampai di sini mengenai kalimat tidak langsung ini. Contoh lainnya, Ari berkata pada Firman bahwa hari ini tidak jadi ulangan matematika. Bagaimana, sangat mudah kan membedakan sekaligus memahami mengenai perbedaan kalimat langsung dan tidak langsung ini?

Kalimat langsung dan tidak langsung beserta contohnya sangat mudah dipahami. Materi mengenai hal tersebut biasanya diajarkan ketika menginjak bangku SMP. Seperti biasanya, pada pelajaran bahasa Indonesia. Setelah mengetahui perbedaan keduanya, setelah ini Anda dapat membuat tulisan dan mempraktekkan mengenai pemakaian kalimat langsung dan tidak langsung tersebut. Sekian artikel yang memuat sedikit pengetahuan bahasa Indonesia ini, semoga dapat membantu dan mengedukasi pembaca yang mencari info serupa. Terima kasih.

Berikan Bintang Untuk Penulis

%d blogger menyukai ini: