5/5 (1) Past Perfect Tense Beserta Contohnya

Past Perfect Tense Beserta Contohnya – Bertemu lagi bareng kita, budisyaqier.com yang senantiasa membahas mengenai segala ilmu pengetahuan yang pastinya perlu kalian ketahui. Dan kali ini budisyaqier.com berkesempatan untuk membahas Past Perfect Tense Beserta Contohnya. Mari langsung saja simak baik-baik ulasan di bawah.

Bingung membuat contoh kalimat dengan rumus past perfect tense? Tidak usah khawatir, sebab artikel ini akan mengulas bagaimana pengertian, rumus beserta contoh past perfect tense. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan mengenai Past Perfect Tense beserta contohnya di bawah ini.

Pengertian Past Perfect Tense

Past perfect tense adalah bentuk kalimat yang paling sempurna dari masa lalu. Pada umumnya rumus ini digunakan untuk menunjukkan suatu keadaan atau peristiwa yang terjadi sebelum ada kejadian lain di masa itu. Past perfect tense juga dapat digunakan untuk menunjukkan bahwa sesuatu terjadi sebelum waktu tertentu di masa lalu. Tenses ini tergolong ke dalam penggunaan kata kerja regular atau irregular verb dalam bentuk past.

Rumus Past Perfect Tense

Bagaimana rumus untuk membuat  kalimat Past Perfect Tense? Untuk lebih mempermudah, pemahaman Anda, berikut adalah rumus Past Perfect Tense beserta contohnya :

Untuk membentuk masa lampau yang sempurna, Anda perlu menggunakan bentuk kata kerja yang lalu dari “to have” yang dimiliki, dan menambahkannya ke masa lalu dari kata kerja utama. Misalnya: subject + had + past participle = past perfect tense

  1. Rumus pertama “Menyelesaikan Tindakan Sebelum Sesuatu Terjadi di Masa Lalu”

Past Perfect mengungkapkan gagasan bahwa sesuatu terjadi sebelum tindakan lain di masa lalu. Hal ini juga dapat menunjukkan bahwa sesuatu terjadi sebelum waktu di masa lalu datang.

Contoh :

  1. Had Susan ever studied Melayu before she moved to Malaysia
  2. Jojo had never been to an opera before last night.
  3. Rumus kedua “Durasi Sebelum Sesuatu di Masa Lalu (Non-Continuous Verbs)”

Dengan Non-Continuous Verbs dan beberapa penggunaan campuran kata kerja yang tidak kontinu, maka gunakan Past Perfect untuk menunjukkan bahwa sesuatu dimulai di masa lalu dan berlanjut sampai tindakan lain di masa lalu.

  1. Dady have that motorcycle for five years before it broke down.
  2. By the time Koko finished his studies, he had been in America for over sevent years.

Contoh Past Perfect Tense

  1. She had never been to the symphony before last night.
  2. I did not have any cash because I had lost my purse.
  3. I had been to Mexico once before.
  4. I had never seen such a beautiful sunset before I went to the island.

Demikian ulasan mengenai Past Perfect Tense beserta contohnya. Perlu diketahui bahwa setiap tenses bisa diketahui ciri-cirinya dari mempelaajri struktur kalimat dan penunjuk waktu. Jika anda sudah mengetahui penujuk waktu atau Time Signal dalam setiap tenses, maka anda akan lancar memahamai setiap jenis atau bentuk kata kerja yang ada. Semoga bermanfaat.

 

Berikan Bintang Untuk Penulis

%d blogger menyukai ini: