Nilai dan Norma Sosial

3 min read

Nilai dan Norma Sosial – Pada kesempatan kali ini, budisyaqier.com akan membahas materi sosiologi mengenai Nilai dan Norma Sosial. Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah. Semoga bermanfaat!

Nilai dan Norma Sosial
Sumber: bid-better.co.uk

Pengertian Nilai Sosial

Nilai sosial merupakan nilai yang tertanam di dalam masyarakat, mengenai apa yang dianggap baik dan apa yang dianggap buruk oleh masyarakat. Nilai dapat dijadikan dasar pertimbangan setiap individu dalam menentukan sikap serta mengambil keputusan.

Dilansir dari Wikipedia, pengertian nilai sosial yaitu:

Nilai sosial adalah sebuah konsep abstrak dalam diri manusia mengenai apa yang dianggap baik.

Wikipedia

Sedangkan menurut KBBI adalah:

ni.lai/ sesuatu yang menyempurnakan manusia sesuai dengan hakikatnya

KBBI Daring

Pengertian Nilai Sosial Menurut Para Ahli

Robert M.Z. Lawang

Nilai sosial merupakan sesuatu yang dianggap baik dan berharga dan memengaruhi orang yang memiliki nilai tersebut.

Kimball Young

Young berpendapat bahwa nilai sosial merupakan asumsi abstrak yang sering tidak disadari apa yang baik, benar, dan dianggap penting dalam masyarakat.

A.W. Green

Green berpendapat bahwa nilai sosial merupakan kesadaran yang secara efektif berlangsung disertai emosi terhadap ide, objek, dan individu.

Claudia Wood

Menurut Claudia, nilai sosial adalah petunjuk umum yang sudah berlangsung sejak lama hingga akhirnya mampu mengarahkan tingkah laku dan kepuasan dalam kehidupan sehari-hari.

Koentjaraningrat

Nilai budaya merupakan pedoman tertinggi dalam kehidupan manusia.

Ciri-Ciri Nilai Sosial

Berikut merupakan ciri-ciri dari nilai sosial:

  1. Ditentukan melalui interaksi antarmanusia yang terjadi secara intensif, bukan merupakan bawaan sejak lahir.
  2. Ditransformasi melalui proses belajar, seperti sosialisasi, enkulturasi, dan difusi.
  3. Peraturan sosial yang turut memenuhi kebutuhan sosial.
  4. Berbeda-beda untuk setiap kelompok.
  5. Memiliki efek yang berbeda-beda terhadap di setiap tindakan.
  6. Dapat memengaruhi kepribadian individu.

Macam-Macam Nilai Sosial

1. Nilai material, merupakan segala sesuatu yang berguna bagi tubuh manusia. Contoh: pakaian, obat-obatan.

2. Nilai vital, merupakan segala sesuatu yang berguna bagi manusia untuk melaksanakan aktivitasnya. Contoh: buku dan perlengkapan alat tulis bagi pelajar.

3. Nilai kerohanian, merupakan segala sesuatu yang berguna bagi batin (rohani) manusia. Nilai ini terbagi menjadi beberapa macam, yaitu:

  • Nilai kebenaran yang bersumber dari akal manusia dan diikuti dengan fakta-fakta yang telah terjadi.
  • Nilai keindahan yang berhubungan dengan ekspresi (perasaan) seseorang mengenai keindahan suatu hal, seperti karya seni.
  • Nilai moral yang bersumber dari perilaku baik dan buruknya seseorang.
  • Nilai religius yang bersumber pada kepercayaan atau keyakinan manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Pengertian Norma Sosial

Norma sosial adalah petunjuk yang harus dijalankan dalam kehidupan karena di dalamnya berisi perintah, larangan, dan anjuran untuk mengatur tingkah laku masyarakat.

Dilansir dari Wikipedia, pengertian norma sosial yaitu:

Norma sosial adalah kebiasaan umum yang menjadi patokan perilaku dalam suatu kelompok masyarakat dan batasan wilayah tertentu.

Wikipedia

Sedangkan menurut KBBI adalah:

aturan yang menata tindakan manusia dalam pergaulan dengan sesamanya

KBBI Daring

Pengertian Norma Sosial Menurut Para Ahli

Broom Dan Selznic

Menurut Broom Dan Selznic, norma yaitu suatu rancangan yang ideal dari perilaku manusia yang memberikan batasan bagi suatu anggota masyarakatnya untuk mencapai tujuan hidup yang sejahtera.

Soerjono Soekanto

Soerjono Soekanto berpendapat bahwa norma yaitu sebuah perangkat dimana hal itu dibuat agar hubungan didalam suatu masyarakat dapat berjalan seperti yang diharapkan.

AA. Nurdiaman

Menurut AA. Nurdiaman, norma yaitu suatu bentuk tatanan hidup yang berisikan aturan-aturan dalam bergaul di masyarakat.

Marvin E. Shaw

Marvin E. Shaw berpendapat bahwa norma merupakan peraturan segala tingkah laku manusia yang ditegakkan oleh anggota masyarakat dan mengekalkannya keselarasan tingah laku yang seharusnya.

Isworo Hadi Wiyono

Norma adalah suatu bentuk peraturan atau petunjuk hidup yang memberikan acuan-acuan perbuatan mana yang boleh dijalankan dan perbuatan mana yang harus dihindari.

Ciri-Ciri Norma Sosial

Norma sosial memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Umumnya tidak tertulis.
  2. Merupakan hasil kesepakatan bersama.
  3. Bisa mengalami perubahan.
  4. Ditaati bersama.
  5. Memiliki hukuman/sanksi.

Macam-Macam Norma Sosial

Macam-macam norma sosial dikelompokkan menjadi dua, yaitu:

Berdasarkan Tingkatan Hukuman/Sanksi

Dengan berdasarkan kekuatan mengikatnya, Soerjono Soekanto (1989) kemudian menuliskan empat norma, yaitu:

1. Cara (usage), merupakan perbuatan atau perilaku yang dilakukan seseorang dalam sebuah kelompok masyarakat, tetapi tidak dilakukan secara terus menerus. Contoh: cara berpakaian yang baik dan sopan.

2. Kebiasaan (folkways), merupakan perbuatan yang dilakukan secara berulang-ulang dan memiliki tujuan jelas yang dianggap baik (benar). Kebiasaan ini apabila dilakukan oleh sekelompok masyarakat, maka dapat disebut sebagai tradisi dan menjadi ciri dari kelompok masyarakat tersebut. Contoh: kebiasaan menghormati dan menaati perintah orang tua.

3. Tata Kelakuan (mores), merupakan aturan-aturan yang telah diterima oleh masyarakat. Umumnya, tata kelakuan berhubungan dengan kepercayaan atau keyakinan agama. Sanksi orang yang melanggar norma ini akan jauh lebih berat tingkatannya. Contoh: larangan untuk membunuh.

4. Adat Istiadat (custom), merupakan kumpulan tata kelakuan yang bersifat kekal dan menyatu sangat kuat dengan masyarakat yang menganutnya. Adat istiadat merupakan norma yang memiliki sanksi cukup berat bagi para pelanggarnya. Contoh: seseorang yang melanggar pelaksanaan upacara adat akan dijatuhi hukuman berupa pengucilan dari kelompoknya.

Berdasarkan Sumber

1. Norma Agama, suatu norma yang sifatnya mutlak, hal ini dikarenakan bersumber langsung dari Tuhan Yang Maha Esa. Contoh: melaksanakan segala perintah agama serta menjauhi segala larangan agama.

2. Norma Kesusilaan, suatu norma yang bersumber dari hati nurani sehingga dapat melahirkan suatu akhlak ataupun perbuatan. Contoh: bersikap jujur.

3. Norma Kesopanan, norma yang bersumber dari pergaulan seseorang di masyarakat. Norma ini didasari dari kebiasaan, kepatutan, dan kepantasan yang berlaku di masyarakat. Contoh: sikap hormat kepada orang tua.

4. Norma Hukum, norma yang bersumber dari seseorang yang memiliki jabatan atau wewenang. Sifatnya memaksa serta bertujuan untuk melindungi dan menjaga tata tertib masyarakat. Contoh: tertib berlalu lintas.

Demikianlah artikel mengenai Nilai dan Norma Sosial. Apabila ada pertanyaan, kamu dapat bertanya melalui kolom komentar dibawah ini.

Hosting Unlimited Indonesia

Lembaga Sosial

Lembaga Sosial – Pada kesempatan kali ini, budisyaqier.com akan membahas materi sosiologi mengenai Lembaga Sosial. Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah. Semoga bermanfaat! Daftar Isi1 Pengertian...
Afifa Atira
2 min read

Tindakan dan Interaksi Sosial

Tindakan dan Interaksi Sosial – Pada kesempatan kali ini, budisyaqier.com akan membahas materi sosiologi mengenai Tindakan dan Interaksi Sosial. Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah....
Afifa Atira
1 min read

Perubahan Sosial di Masyarakat

Perubahan Sosial di Masyarakat – Pada kesempatan kali ini, budisyaqier.com akan membahas materi sosiologi mengenai Perubahan Sosial di Masyarakat. Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah. Semoga...
Afifa Atira
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *