Mengenal Perbedaan Antara Surat Dinas dan Surat Pribadi

Mengenal Perbedaan Antara Surat Dinas dan Surat Pribadi – Bertemu lagi bareng kita, budisyaqier.com yang senantiasa membahas mengenai segala ilmu pengetahuan yang pastinya perlu kalian ketahui. Dan kali ini budisyaqier.com berkesempatan untuk membahas Mengenal Perbedaan Antara Surat Dinas dan Surat Pribadi. Mari langsung saja simak baik-baik ulasan di bawah.

Surat Resmi

Pengertian Surat Resmi

Surat resmi biasa disebut dengan surat dinas. Surat dinas ialah surat yang dikirim oleh suatu lembaga atau instansi pada perseorangan atau ke lembaga lain yang berisi hal-hal kedinasan. Contoh dari surat dinas ialah surat undangan, surat jual beli, surat perjanjian, nota dinas, dan sebagainya.

Saat menulis surat dinas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni penggunaan bahasanya. Tetapi, bahasa yang digunakan pada surat dinas ini lebih gampang dibandingkan surat pribadi. Surat resmi tidak membutuhkan bahasa yang basa-basi. Gaya bahasa dari surat resmi lebih singkat, jelas, serta berpola tetap.

Surat resmi hanya bisa ditulis oleh sebuah lembaga pada lembaga lain atau individu. Seseorang atau individu tidak bisa menulis surat dinas. Karena itu, pada surat dinas ada kepala surat serta nomor surat. Isi surat dinas berkaitan dengan topik kedinasan, contohnya undangan rapat, lamaran pekerjaan, izin menggunakan tempat, dan lain-lain.

Unsur-Unsur Surat Resmi

  1. Kepala surat atau kop surat
  2. Nomor surat
  3. Tanggal Surat
  4. Lampiran Surat
  5. Perihal Surat
  6. Alamat Surat
  7. Salam Pembuka
  8. Isi Surat
  9. Penutup Surat
  10. Identitas Pengirim
  11. Salam Penutup

Surat Pribadi

Pengertian

Surat pribadi ialah surat yang digunakan untuk berkomuniasi secara pribadi, berbentuk tidak resmi, serta berisi mengenai masalah pribadi. Surat pribasi ditulis oleh seorang individu atau perorangan untuk orang lain atau instansi lain. Oleh karenanya, bahasa dari surat pribadi berbentuk pribadi, santai, mudah dimengerti, serta komunikatif.

Surat pribadi yang dibuat dari seseorang untuk orang lain, contohnya surat bertukar kabar kepada kerabat. Sementara itu, contoh surat pribadi yang dikirim ke suatu instansi, contohnya surat izin tidak masuk sekolah karena suatu hal.

Jika bahasa dalam surat resmi lebih baku serta jelas polanya, karena itu tidak begitu dengan surat pribadi. Tetapi, dalam surat pribadi tetap ada hal yang perlu diperhatikan yakni tata etika atau sopan santun. Khususnya bila kita menulis pada orang yang lebih dewasa.

b. Unsur-Unsur Surat Pribadi

  1. Tempat dan tanggal penulisan surat
  2. Tujuan surat
  3. Salam pembuka
  4. Isi surat
  5. Salam Penutup
  6. Identitas pengirim surat

Perbedaan Surat Resmi dan Surat Pribadi

Perbedaan antara surat resmi terdapat pada 4 aspek fundamental, salah satunya kelengkapan bagian-bagian surat, jenis korespondensi di antara pihak yang dikaitkan, tata bahasa, dan gaya bahasa yang dipakai keduanya.Di bawah ini perbedaan surat resmi serta surat pribadi berbentuk tabel dan indikator-indikatornya.

PerbedaanSurat ResmiSurat Pribadi
Bagian-bagian suratAda aturan bakuTidak ada aturan baku
Pihak yang dihubungkanIndividu ke IndividuLembaga ke lembaga atau lembaga ke individu
Bahasa yang digunakanBahasa bakuBahasa sehari-hari
Gaya bahasaKakuSantai

Bagian-Bagian Surat

Perbedaan pertama di antara surat resmi serta surat pribadi terdapat pada kelengkapan beberapa bagian surat di dalamnya. Surat resmi biasanya mengandung bagian yang diantaranya:

  1. Kepala atau kop surat yang terdiri dari nama, alamat, dan logo instansi atau lembaga yang mengirim surat.
  2. Nomor surat, lampiran, dan perihal.
  3. Tanggal surat dan alamat yang dituju.
  4. Pembuka, isi, dan penutup surat yang berisi salam penutup, jabatan, tanda tangan, dan nama lengkap dengan NIP atau nomor identitas.
  5. Tembusan surat, berupa pemberitahuan kepada pihak lain tentang isi surat.

Sementara surat pribadi mengandung beberapa bagian yang lebih simpel, diantaranya tanggal serta alamat surat yang dituju, pembuka, isi, penutup yang disertai salam, tanda tangan serta nama pengirim. Secara lebih lengkap, perbedaan beberapa bagian di antara surat resmi serta surat pribadi dapat dilihat pada Tabel berikut ini.

PerbedaanSurat ResmiSurat Pribadi
Kop suratx
Nomor suratx
Lampiranx
Halx
Tanggal surat
Alamat yang dituju
Pembuka
Isi surat
Salam penutup
Jabatanx
Tanda tangan
Nama pengirim
Tembusan suratx

Pihak Yang Dihubungkan

Perbedaan surat resmi serta surat pribadi terdapat pada korespondensi pihak yang dihubungkan. Surat pribadi biasanya menghubungkan 2 individu yang masih mempunyai ikatan pertemanan, persahabatan, atau keluarga. Sedangkan surat pribadi biasanya menghubungkan instansi dengan instansi atau instansi dengan individu. Surat undangan rapat walimurid yang dikeluarkan pihak sekolah termasuk juga jenis surat resmi.

Bahasa Yang Digunakan

Bahasa yang digunakan dalam surat resmi serta surat pribadi tidak sama. Surat resmi lazimnya memakai bahasa baku dengan ejaan yang disempurnakan, sementara surat pribadi boleh memakai bahasa slang dengan ejaan yang tidak mengenal ketentuan asalkan masih dipahami oleh pihak yang menerima surat.

Gaya Bahasa

Gaya bahasa menjadi salah satu aspek perbedaan surat resmi serta surat pribadi. Surat resmi memakai gaya bahasa yang kaku serta langsung menuju maksud pokok tujuan pengiriman surat. Sedangkan surat pribadi memakai bahasa yang luwes dengan penyampaian tujuan yang berbelit.