Mengenal Manfaat Kingdom Plantae

MENGENAL MANFAAT KINGDOM PLANTAE – Bertemu lagi bareng kita, budisyaqier.com yang senantiasa membahas mengenai segala ilmu pengetahuan yang pastinya perlu kalian ketahui. Dan kali ini budisyaqier.com berkesempatan untuk membahas MENGENAL MANFAAT KINGDOM PLANTAE. Mari langsung saja simak baik-baik ulasan di bawah.

Tumbuhan ialah makhluk hidup yang bisa membuat makanannya sendiri. Banyak makhluk hidup di alam bergantung pada tumbuhan. Lewat fotosintesis yang dilakukan, tumbuhan membuahkan beberapa zat yang bisa dijadikan makanan untuk makhluk lain . Selain itu, tumbuhan menghasilkan oksigen yang dibutuhkan makhluk hidup untuk respirasi.

Kingdom plantae memiliki banyak manfaat bagi kehidupan makhluk hidup lainnya. Bagi manusia, kingdom Plantae dapat dimanfaatkan sebagai bahan sandang, pangan dan papan serta obat-obatan. Untuk lebih jelas, perhatikan berikut.

NoNama Tumbuhan Kegunaan
1. Padi (Oryza sativa) Sumber makanan pokok dan sebagai sumber karbohidrat
2. Kentang (Solanum tuberosum) Sumber makanan yang mengandung karbohidrat
3. Singkong (Manihot esculenta) Bahan makanan yang mengandung karbohidrat
4. Kelapa (Cocos nucifera) Buahnya yang mengandung air dapat di konsumsi dan batangnya dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan.
5. Pohon jati (Tectona grandis) Bahan dasar bangunan dan peralatan rumah tangga
6. Pohon jambu (Psidium guajava) Daun mudanya dapat dijadikan sebagai obat sakit perut dan buahnya dapat dijadikan sebagai buah-buahan
7. Pohon pisang (Musa paradisiaca) Getah pada batangnya dapat dijadikan obat luka, buahnya dapat dijadikan sebagai buah-buahan

Dilihat dari Tabel tersebut, banyak sekali manfaat dari kingdom Plantae. dari bahan kebutuhan sandang yang merupakan sumber karbohidrat dan lainnya yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Selain itu, kingdom Plantae juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan, bahan obat-obatan, dan lain sebagainya.

Manfaat lainnya dari kingdom Plantae yang sangat penting adalah tumbuhan mampu menyerap air serta menjaga kestabilan tanah yang berada di lereng-lereng gunung, sehingga tumbuhan ini bermanfaat dalam menjaga lingkungan dari banjir serta bahaya longsor. Melihat begitu besarnya manfaat kingdom Plantae bagi manusia, upaya pelestarian dari kingdom Plantae ini harus di mulai dari sekarang juga.

Share This

Thank you for your vote!
Post rating: 0 from 5 (according 0 votes)
What's your reaction?
0Smile0Lol0Wow0Love0Sad0Angry
%d blogger menyukai ini: