5/5 (1) Mengenal Kerajaan Kutai

Mengenal Kerajaan Kutai – Kerajaan Kutai yang dulu lebih dikenal sebagai Kutai Martadipura merupakan kerajaan Hindu tertua di Nusantara. Kerajaan ini menguasai hampir sebagian besar wilayah Kalimantan Timur. Sebagaimana sebagian besar  kerajaan lain yang ada di dunia, kerajaan Kutai Martadipura juga berada pada hulu sungai yaitu hulu sungai Mahakam.

Sejarah

Informasi pertama mengenai kerajaan Kutai ditemukan pada prasasti Yupa dalam sebuah upacara pengorbanan, yakni pada abad ke empat. Ada tujuh buah Yupa yang dapat menjelaskan mengenai keberadaan kerajaan Kutai. Ada salah satu Yupa yang menjelaskan silisilah keluarga Raja Kudungga yang merupakan pendiri dari kerajaan Kutai Martadipura. Raja Kudungga merupakan pembesar dari kerajaan Campa ( Kambodia ) yang datang ke Indonesia. Di dalam prasasti itu disebutkan bahwa Raja Kudungga memiliki seorang anak yang sangat terkenal bernama Aswawarman. Kemudian dari anaknya inilah akan lahir seorang cucu Raja Kudungga – Mulawarman yang akan membawa kerajaan Kutai memasuki masa gemilangnya. Di dalam prasasti ini juga menjelaskan mengapa prasasti ini dibuat yaitu sebagai bukti adanya kenduri bagi para Brahmana.  

Aswawarman adalah anak dari raja Kudungga yang diketahui juga sebagai pendiri kerajaan Kutai. Salah satu putra Aswawarman yaitu Mulawarman membawa kerajaan Kutai pada masa keemasannya. Wilayah kekuasaannya meliputi hampir seluruh Kalimantan Timur.

Kerajaan Kutai berakhir pada masa raja Maharaja Dharma Setia yang tewas dalam perang di tangan raja kerajaan Kutai Kertanegara 13. Kerajaan Kutai Martadipura berbeda dengan Kerajaan Kutai Kertanegara  yang saat itu beribukota di Kutai Lama ( tanjung Kute ).

Pada tahun 1365 Kutai Kartanegara inilah yang disebut dalam sastra Jawa sebagai Negarakertagama. Kerajaan Kutai Kertanegara ini selanjutnya menjadi kerajaan Islam dan sejak tahun 1735 semua rajanya yang bergelar pangerang berubah menjadi sultan, hingga kini di kenal sebagai Kesultanan Kutai Kartanegara.

Peninggalan Kerajaan Kutai

Peninggalan kerajaan Kutai bisa ditemui di Museum Mulawarman Tenggarong, Kutai Kartanegara dan Museum Nasional Jakarta. Berikut adalah beberapa peninggalan yang mengukuhkan bahwa pernah ada kerajaan Kutai di Nusantara diantaranya adalah :

1. Prasasti Yupa

Yupa adalah tempat pengorbanan untuk sesembahan kepada para dewa. Yupa terbuat dari batu dan biasanya kurban yang akan dipersembahkan diikat di Yupa tersebut. Saat ini ada tujuh prasasti Yupa yang masih bisa dilihat.

2. Ketopong Sultan

Ketopong merupakan mahkota yang terbuat dari emas seberat 1.98 kg. Ketopong ini ditemukan pada tahun 1890 di daerah Muara Kaman , Kutai.

3. Kalung Uncal

Kalung Uncal adalah kalung yang terbuat dari emas seberat 170 gram berhiaskan liontin dengan relief cerita Ramayana.

4. Kura – kura Emas

Kura – kura emas ini seukuran setengah kepalan  tangan dan terbuat dari emas 23 karat. Kura – kura ini merupakan persembahan dari paengran di China untuk mempersunting putri Raja Kutai yaitu Aji Bidah Putih.

5. Tali Juwita

Tali ini dibuat dari 21 helai benang dan utasan tali ini terbuat dari emas , perak juga perunggu.

6. Kelambu Kuning

Kelambu kuning merupakan tempat menyimpan benda peninggalan kerajaan Kutai yang memiliki kekuatan magis.

7. Singgasana Sultan

Singgasana ini merupakan singgasana yang sering digunakan oleh Sultan pada masa itu.

8. Meriam

Meriam ini ada empat buah dan diberi nama yaitu Meriam Aji Entong, Meriam Sapu Jagat, Meriam Gentar Bumi dan Meriam Sri Gunung.

Berikan Bintang Untuk Penulis

%d blogger menyukai ini: