Mengenal Bermacam Macam Genre Musik

Mengenal Bermacam Macam Genre Musik – Bertemu lagi bareng kita, budisyaqier.com yang senantiasa membahas mengenai segala ilmu pengetahuan yang pastinya perlu kalian ketahui. Dan kali ini budisyaqier.com berkesempatan untuk membahas Mengenal Bermacam Macam Genre Musik. Mari langsung saja simak baik-baik ulasan di bawah.

Pengertian Genre Musik

Musik dibagi menjadi 2 bagian yaitu musik tradisional dan musik non-tradisional. Musik tradisonal biasanya musik kedaerahan dan mengandung unsur unsur etnik. Sedangkan musik non-tradisional adalah musik yang tercipta sesuai dengan perkembangan masa kini atau biasa disebut musik modern. Ada beberapa pengertian musik yang ada atau yang diketahui publik umum, akan kita bahas satu per satu, diantara-Nya yaitu:

Pertama, Musik adalah suara-suara yang disukai atau diindahkan manusia.

Kedua, Musik adalah suara atau bunyi yang didalamnya terdapat ritmik dan melodi yang teratur.

Ketiga, Musik adalah suara atau bunyi yang enak untuk didengar manusia.

Musik Sebagai Simbol

  • Musik, seperti cabang seni lainnya, sangat sarat dengan simbol-simbol tertentu yang terkait erat dengan makna tertentu dalam kehidupan penghuninya. Simbol-simbol ini muncul pada karakter suara yang dihasilkan oleh instrumen ini (musikal), termasuk vokal manusia. Secara musikal, simbol-simbol musik dapat dilihat pada elemen-elemen di dalamnya, seperti nada rendah, ritme, dinamika, atau tempo.

Baca Juga : Pengertian Seni Rupa Tiga Dimensi

  • Secara musikal, simbol-simbol musik dapat tampak pada elemen-elemen di dalamnya, seperti :
  1. Tinggi-rendahnya nada
  2. Ritme
  3. Dinamika
  4. Tempo
  • Penjelasan :
    a. Nada (pitch) adalahTinggi-rendahnya bunyi
    b. Ritme adalah Durasi setiap bunyi
    c. Dinamika adalah Perubahan bunyi yang terdengar keras menjadi semakin lembut atau bunyi yang terdengar lembut menjadi semakin keras
    d. Tempo adalah Kecepatan musik/lagu: sangat cepat, cepat, sedang, lambat, atau sangat lambat.

Baca Juga : Contoh dan Pengertian Kolaborasi Seni Dalam Permainan Musik

Nilai Estetis Genre Musik

Nilai Estetis Genre Musik adalah nilai-nilai keindahan baik itu pada untaian nadanya atau pun pada liriknya (musik vokal) Unsur-unsur yang membentuk nilai estetis pada seni musik ini antara lain adalah : bunyi, irama, birama, harmoni, dinamika, tempo dan lain sebagainya.

Fungsi Musik

Fungsi dari musik itu sendiri sangat beragam dan sesuai pemosisian kita sebagai pendengar, penikmat atau bahkan aktor yang terlibat dalam musik itu sendiri.Musik sebagai ungkapan rasa emosional. Jadi musik disini berfungsi sebagai ungkapan emosional seorang pemusik atau musisi yang membuat karya seni musik tersebut. Musik sebagai penghayatan diri dan ekspresi. Jadi dari musik ini kita dapat mengeluarkan ekspresi jiwa kita saat itu.Musik sebagai sarana komunikasi. Jadi musik dibeberapa daerah melambangkan komunikasi kita dengan alam atau lingkungan sekitarnya, seperti musik-musik suku tertentu didunia.Musik sebagai hiburan. Nah, ini jelas fungsi musik yang paling awam yaitu sebagai sarana hiburan.Musik sebagai penggerak dan pembakar semangat. Seperti yang biasa digunakan pada senam-senam dilingkungan kita.Musik sebagai ciri khas suatu budaya. Ada beberapa suku yang masih menggunakan musik etnik sebagai ciri khasnya.Musik untuk diperdagangkan atau sarana promosi perdangangan.