5/5 (1) Mengenal Bahasa Inggris dengan Present Perfect Continuous Tenses Beserta Contohnya

Mengenal Bahasa Inggris dengan Present Perfect Continuous Tenses Beserta Contohnya – Bertemu lagi bareng kita, budisyaqier.com yang senantiasa membahas mengenai segala ilmu pengetahuan yang pastinya perlu kalian ketahui. Dan kali ini budisyaqier.com berkesempatan untuk membahas Mengenal Bahasa Inggris dengan Present Perfect Continuous Tenses Beserta Contohnya. Mari langsung saja simak baik-baik ulasan di bawah.

Masih ingatkah kamu dengan Present Perfect Continuous Tenses Beserta Contohnya? tentunya pelajaran kita pada waktu duduk di sekolah menengah pertama sudah diajarkan oleh guru bahasa Inggris. Lalu pada waktu kita sekolah di sekolah menengah atas pun juga masih diberpelajaran tersebut dengan masih sama polanya. Kemudian waktu kuliah pun juga kita menemui pelajaran ini, terutama apabila kita kuliah di jurusan bahasa Inggris.

Dengan kata lain bahwa present perfect continuous tenses adalah merupakan suatutindakan yang dikerjakan pada masa lalu. Walau demikian pekerjaan yang telah dilakukan pada masa lalu sekarang masih berlanjut. Tenses ini bisa sigunakan untuk kalimat bercerita yang menceritakan kejadian masa yang telah lalu. Kemudian dilanjutkan dengan penyelesaian cerita sampai saat ini atau baru saja selesai.

Dalam present perfect continuous tenses ini terdapat kejelasan waktu yang benar-benar ditulis. Kejelasan wakttu tersebut antara lain adalah seperti since 1980 atau for five hours. Ciri utama dalam present perfect continuous tenses ini mengandung keterangan waktu. Hal ini karena kalimat akan menunjukan kapan kejadian berlangsung dan terjadi. Apabila kalimat tidak ada keterangan waktu maka kalimat itu tidak bisa disebut sebagai present perfect continuous tenses.

Selain itu keterangan waktu atau adverb of time yang diggunakan seperti since atau for. Kemudian kalau adverb of placement kata yang digunakan adalah always, never, ever, still, only, and just. Lalu kita tidak boleh menggunakan kalimat non-continous kata kerja.

Beberapa pola dan penjelasan tentang presen perfect continuous tenses

Kalimat yang digunakan atau aksi kata kerja yang digunakan pada Present Perfect Continuous Tenses Beserta Contohnya ini biasanya berdurasi waktu. Selain itu juga ada trelevasi yang berhubungan dengan kondisi saat ini juga.

Pola dan contoh kalimat present perfect continuous tense:

(+) S + have/has + Been + Verb 1 + Ing + Object

(-) S + have/has + not + Been + Verb 1 + Ing + Object

(?) Have/has + S + Been + Verb 1 + Ing + Object + ?

Contoh kalimatnya:

(+) I have been staying here since 1999

(-) I have not been staying here since 1999

(?) Have you been staying here since 1999?

Ada beberapa fungsi dari present perfect continuous tense yaitu:

  1. Digunakan dengan menyatakan kalimat yang dimulai pada waktu lampau sampai masih berlanjut hingga sekarang.
  • We have been waiting here for over two hours! (kita sudah menunggu disini selama lebih dari dua jam)
  1. Kalimat dalam Present perfect continuous tense juga bisa tanpa keterangan waktu. Namun keterangan waktu diganti dengan kata yang lain seperti recently dan lately.
  • Recently, I have been feeling very tired ( baru-baru ini saya merasa sangat capek)

Itu tadi sedikit penjelasan tentang Present Perfect Continuous Tenses Beserta Contohnya semoga bermanfaat.

 

Berikan Bintang Untuk Penulis

%d blogger menyukai ini: