5/5 (1) Mengenal Apa Itu Tempat Rekreasi dan Contohnya

Mengenal Apa Itu Tempat Rekreasi dan Contohnya – Bertemu lagi bareng kita, budisyaqier.com yang senantiasa membahas mengenai segala ilmu pengetahuan yang pastinya perlu kalian ketahui. Dan kali ini budisyaqier.com berkesempatan untuk membahas Mengenal Apa Itu Tempat Rekreasi dan Contohnya. Mari langsung saja simak baik-baik ulasan di bawah.

Pengertian Tempat Rekreasi

Tempat rekreasi merupakan berpergian yang dikerjakan bersama atau beberapa orang saat akhir minggu maupun pada saat hari libur yang mempunyai tujuan untuk liburan memperoleh beberapa hal baru, entahlah itu dari obyek wisata yang saat itu mereka datangi atau lainnya kata dapat dapat disebutkan dengan bertamasya. obyek wisata ini dapat juga di jelaskan melancong dengan bersama dengan arah untuk bersenang-senang, meningkatkan pengetahuan, juga lain-lain. Tidak hanya itu dapat juga disimpulkan menjadi bertamasya atau piknik juga ke arah satu tempat yang indah serta menarik bersama dengan keluarga rekanan serta rekan teman untuk liburan pada saat hari minggu ataupun pada saat cuti pekerjaan.

Contoh tempat rekreasi di indonesia

Berlibur salah satu langkah sangat tepat untuk melepas depresi karena kegiatan rutin serta pekerjaan yang membosankan.menjengkelkan. Tak perlu bepergian ke luar negeri atau habiskan uang di pusat-pusat perbelanjaan mahal, karena Indonesia pun miliki banyak tempat menarik yang menanti untuk selekasnya Anda telusuri. Mulai dari wisata laut serta pantai, pegunungan, danau, rimba, serta masih tetap banyak yang lain, semua dapat dengan gampang diketemukan di Negeri Zamrud Khatulistiwa ini. Nah, dari Sabang sampai Merauke, ada rincian obyek wisata yang pas jadikan arah liburan bersama dengan keluarga, diantaranya:

1. danau toba sumatera utara

Anda tentu sudah tak asing lagi dengan tempat wisata yang satu ini, bukan? Ya, keindahan Danau Toba dengan Pulau Samosir di tengahnya memang berhasil menarik perhatian wisatawan, tidak hanya lokal, tapi juga internasional. Danau Toba sendiri merupakan sebuah danau raksasa yang terbentuk akibat dari aktivitas gunung berapi. Danau ini memiliki panjang 100 km dan lebar 30 km dan disebut-sebut sebagai danau vulkanik terindah yang dimiliki Indonesia. Tidak hanya wisata danaunya yang menarik, di sini pengunjung juga bisa menjelajah kawasan hutan pinus di sekitar danau, menikmati pemandian air hangat, dan bermain-main di sekitar air terjun. Sudah? Tunggu dulu, di Pulau Samosir ada 2 desa wisata yang juga tak luput dari perhatian wisatawan, yakni Tomok dan Tuktuk. Di Tomok, Anda bisa mengunjungi makam Raja Sidabutar, Museum Batak, dan melihat pertunjukan boneka Sigale-gale. Mau bermalam di sini? Ada banyak penginapan murah di Tuktuk yang bisa Anda jadikan referensi. Lengkap sekali, bukan?

2. candi muaro jambi

Selama ini, dua candi yang paling banyak dikenal di Indonesia adalah Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Namun tahukah Anda, bahwa di tanah Jambi juga terdapat sebuah kompleks candi Hindu-Budha terbesar di Indonesia? Ya, Candi Muaro Jambi namanya. Tempat wisata bersejarah ini merupakan perpaduan peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu dan diperkirakan sudah ada sejak abad 11 Masehi. Tempatnya yang menarik dan kaya akan nilai sejarah membuat Candi Muaro Jambi diresmikan sebagai Kawasan Wisata Sejarah Terpadu (KWST) pada 2012 silam oleh mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Tidak hanya wisatawan domestik, beberapa tahun belakangan wisatawan asing pun mulai berdatangan demi bisa menyaksikan langsung tempat yang dulunya pernah dijadikan sebagai salah satu pusat tempat peribadahan agama Budha Tantri Mahayana di negeri ini.

3. taman nasional way kambas

Apa sih yang pertama muncul di pikiran Anda ketika mendengar kata Lampung? Kopinya yang harum dan penangkaran gajahnya yang terkenal itu? Ya, tidak salah, Lampung memang merupakan salah satu tujuan wisata yang pas bagi Anda yang ingin melihat penangkaran mamalia bertubuh besar yang satu ini. Adalah Taman Nasional Way Kambas yang terletak di Kecamatan Labuhan Timur, Lampung. Tempat wisata yang dikelola oleh Kementerian Perhutanan ini pertama kali dibangun pada tahun 1985 dan merupakan sekolah gajah pertama di Indonesia. Selain merupakan tempat konservasi dan pelatihan gajah, di TNWK juga terdapat International Rhino Foundation yang difungsikan sebagai tempat penangkaran badak dari kepunahan. Untuk bisa masuk ke sini, Anda hanya akan dikenai tiket masuk sebesar Rp30.000 per orang. Murah sekali, bukan?

4. kepulauan seribu dki jakarta

Jakarta ternyata tidak melulu soal macet, gedung-gedung pencakar langit, hotel dan pusat perbelanjaan mewah, lho. Jika mau bergeser sedikit ke arah utara di Kepulauan Seribu, Anda akan menemukan Jakarta yang berbeda. Ya, di sini terdapat sebuah tempat wisata bertajuk Taman Nasional Kepulauan Seribu yang tidak hanya dijadikan sebagai zona konservasi, tapi juga tempat wisata. Selain itu, Kepulauan seribu juga memiliki banyak pulau cantik yang sangat cocok dijadikan destinasi liburan akhir pekan, beberapa di antaranya adalah Pulau Kahyangan, Pulau Pabelokan, Pulau Bidadari, Pulau Onrust, dan masih banyak lagi yang lainnya. Karena air lautnya jernih dan berpasir putih, tempat ini merupakan spot yang sangat cocok untuk menyelam, snorkeling, dan aktivitas air yang lainnya. Untuk mencapai Kepulauan Seribu, Anda harus menyeberang menggunakan kapal yang disediakan di Pelabuhan Ancol selama 3 jam perjalanan.

5. kawah putih bandung

Bergeser ke Provinsi Jawa Barat, di Bumi Pasundan, Bandung, ada banyak tempat wisata dengan pemandangan memesona yang wajib Anda kunjungi, salah satunya adalah Kawah Putih yang terletak di Ciwidey, Bandung. Terletak sekira 50 km arah selatan Kota Bandung, objek wisata ini merupakan sebuah danau vulkanis yang dihasilkan dari letusan Gunung Patuha. Karena tercampur dengan unsur belerang, tanah di kawasan wisata ini seluruhnya berwarna putih. Yang menarik, danau di sini juga bisa berubah warna sesuai dengan kadar belerang, suhu, serta iklim. Karena letaknya berada pada ketinggian 2.400 dpl, cuaca di sini terbilang cukup dingin sehingga Anda disarankan untuk memakai jaket tebal. Untuk bisa menikmati keindahan Kawah Putih, Anda cukup membayar tiket masuk seharga Rp15.000. Di lokasi, ada banyak fasilitas yang bisa Anda nikmati, mulai dari musala, restoran, area parkir, dan transportasi dari gerbang sampai kawah.

6. pelabuhan ratu sukabumi

Pernah mendengar legenda Nyi Roro Kidul? Ya, salah satu tempat yang sering disebut-sebut sebagai lokasi persemayaman Ratu Laut Selatan adalah Pantai Pelabuhan Ratu, Sukabumi. Pelabuhan Ratu sendiri merupakan pantai paling terkenal yang ada di Sukabumi, hal ini tidak lepas dari mitos yang beredar di masyarakat tersebut. Pantai ini memiliki karakter khas pantai selatan, yakni pasir cokelat dengan ombak yang cukup tinggi serta bibir pantai yang dihiasi bebatuan besar. Di sini ada satu hotel bersejarah yang pembangunannya diinisiasi oleh Presiden Soekarno, yakni Samudera Beach Hotel.

7. gunung rinjani

Selain Gili Trawangan, di NTB juga terdapat satu tempat wisata lain yang tak kalah popular di kalangan wisatawan, yakni Gunung Rinjani. Gunung ini merupakan gunung berapi tertinggi kedua yang ada di Indonesia. Setiap tahunnya, ada ratusan ribu pendaki yang berjuang menaklukkan puncak Rinjani pada ketinggian 3.726 mdpl tersebut, terlebih pada saat menjelang 17 Agustus. Konon, Gunung Rinjani merupakan gunung dengan pemandangan terindah se-Asia. Di sini juga terdapat hamparan bunga edelweiss dan Danau Segara Anak yang merupakan spot menarik para pendaki untuk mendirikan tenda, mandi air hangat, maupun memancing ikan. Nah, sebelum memutuskan untuk mendaki, buatlah persiapan sematang mungkin. Tidak hanya bekal mendaki, tapi juga mental dan stamina. Kebanyakan pendaki menyerah di tengah jalan karena tidak punya persiapan yang matang.

8. pantai losari makassar

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan Pantai Losari, bukan? Meskipun belum pernah menginjakkan kaki di sana, umumnya orang Indonesia tahu persis di mana pantai ini berada. Ya, di Makassar, Sulawesi Selatan. Pantai ini merupakan tempat wisata yang menjadi primadona warga sekitar dan siapa pun yang berkunjung ke Makassar. Di sini, Anda bisa duduk santai di pinggir pantai menikmati angin sepoi-sepoi ditemani camilan khas yakni pisang epe. Suasana pantai akan semakin ramai menjelang sore karena Losari adalah tempat favorit banyak orang untuk melihat matahari terbenam. Meskipun pantai, objek wisata ini tidak memiliki pasir jadi jangan harap Anda bisa membangun istana pasir di sini. Selain itu, Anda juga tidak diperkenankan berenang di sini karena pantai ini cukup dalam.

Berikan Bintang Untuk Penulis

%d blogger menyukai ini: