5/5 (1) Menganalisis Kemaharajaan Vereeniggdee Oostindesche Compagni (VOC) di Indonesia

Menganalisis Kemaharajaan Vereeniggdee Oostindesche Compagni (VOC) di Indonesia – Belanda adalah negara yang terkenal dengan kekajamannya selama menjajah di Indonesia. Belanda membentuk Program Tanam Paksa (Culturstelsel) dalam melakukan penjajahan terhadap Indonesia. Belanda juga membentuk VOC untuk menguasai perdangan di Asia seperti rempah-remah, tebu, kopi, dan tembakau. Apa itu VOC? Berikut penjelasannya.

Berdirinya Vereenigde Oostindesche Compagnie (VOC)

VOC terbentuk pada tanggal 20 Maret 1602 yang dipimpin oleh dewan yang memiliki 17 orang anggota berkekudukan di Amterdam. VOC merupakan perusahaan Belanda yang mempunyai monopoli aktivitas perdangangan di wilayah Asia dan merupakan perusahaan pertama yang memiliki pembagian saham. Tujuan utama terbentuknya VOC adalah untuk menghindari adanya persaingan antar para pengusaha belanda (intern). Tujuan lain untuk menghadapi adanya persaingan dengan bangsa yang lain seperti Portugis dan Spayol yang merupakan musuh dari belanda (ekstern).

VOC atau Perserikatan Perusahaan Hindia Timur Belanda adalah badan perdagangan yang didukung oleh negara dan diberikan fasilitas yang istimewa. VOC diizinkan mempunyai tentara dan bernegosiasi dengan negara lain yang dikehendaki. Di Indonesia VOC disebut dengan Kumpeni atau Kompeni yang diambil dari nama perusahaan tersebut, yaitu Compagni. Karena adanya penindasan dan pemerasan oleh tentara belanda kepada rakyat Indonesia, membuat rakyat Indonesia mengenal Kompeni sebagau tentara belanda.

Masa Kejayaan Vereenigde Oostindesche Compagni (VOC)

Pusat VOC terletak di Batavia, namun VOC melakukan perluasan wilayah kekuasaan ke Banten, Sumatra, Banjar, Maluku, Gowa (Makasar), dan Mataram. Perluasan wilyah kekuasaan tersebut dilakukan dengan cara pendekatan dan melakukan campur tangan pada kerajaan-kerajaan yang ada di Indonesia. VOC memiliki hak monopoli untuk memaksakan kehendaknya terhadap kerajaan di Indonesia dan menyebabkan permusuhan antara VOC dan kerajaan di Indonesia. VOC meningkatkan kekuatan meliternya dan mendirikan benteng-benteng di Makasar, Ambon, Jayakarta, dan yang lainnya sebagai benteng perlawanan dari bangsa Indonesia.

Pada abad ke-18, VOC mulai mengalihkan perhatiaan pada produksi kopi, teh, dan gula. VOC menanam tebu di Muara Angke (daerah Batavia) dan menanam biji kopi dan daun teh di daerah Priangan. Hal itu terjadi karena perubahan kebutuhan yang diminta di Eropa berganti dari rempah-rempah pada tiga jenis komoditi tersebut. Dalam pelaksanaanya, VOC menggunakan tenaga dari Bupati dan bangsa Cina yang dipercayai untuk melakukan pemungutan pajak dengan menyewakan suatu desa untuk jangka waktu beberapa tahun.

Masa Kemunduran Vereenigde Oostindesche Compagni (VOC)

VOC mengalami masa kemunduran pada abad ke-18, dibubarkan pada tanggal 31 Desember 1799 dengan membawa hutang sebesar 136,7 juta gulden. Dibubarkannya VOC meninggalkan kantor dagang, benteng, gudang, kapal dan beberapa daerah kekuasaan yang ada di Indonesia. Berikut beberapa sebab kemunduran VOC dan alasan dibubarkannya VOC.

Sebab-sebab kemunduran VOC

  1. Pegawai VOC banyak yang melakukan kecurangan dan korupsi.
  2. Banyak mengeluarkan biaya peperangan seperti peperangan melawan Hasanuddin dari Gowa.
  3. Kekuasaan yang luas membuat VOC membutuhkan banyak pegawai dan mengeluarkan banyak dana untuk gaji.
  4. Setelah mengalami penurunan pemasukan, VOC juga kesulitan dalam membayar devident (keuntungan) untuk para pemegang saham.
  5. Banyaknya saingan dagang yang berada di daerah Asia terutama Perancis dan Inggris.
  6. Berdirinya Republik Bataaf 1795 yang menggunakan prinsip demokrasi dan liberal membuat perubahan politik pada Belanda.

Alasan dibubarkannya VOC

  1. VOC kesulitan dalam keuangan karena adanya korupsi, biaya gaji pagawai, membayar devident, dan biaya peperangan.
  2. Sulitnya menghadapi persaingan dengan perusahaan dagang asing
  3. Terbentuknya Republik Bataff yang menginginkan perdangan bebas monopoli.

Berikan Bintang Untuk Penulis

%d blogger menyukai ini: