5/5 (1) Meneladani Tokoh Proklamasi

Meneladani Tokoh Proklamasi

Kemerdekaan yang telah diperjuangakan selama 3,5 abad, akhirnya dapat diraih dengan dibacakannya text proklamasi. Proklamasi yang dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 1945 itu menjadi sebuah titik awal bangkitnya Indonesia. Dari sebuah bangsa yang terbelenggu penjajajahan, menuju sebuah bangsa yang merdeka  dan bebas. Sebuah perjuangan menuju titik itu dipenuhi dengan darah perjuangan para pahlawan yang tak terbalaskan. Maka, kita sebagai generasi yang menikmati hasil perjuangan mereka, sangatlah tak pantas jika kita tidak mengenal dan meneladani tokoh proklamasi yang berperan penting dalam proses perjuangan menuju kemerdekaan Indonesia.

Maka, mari kita mengenal mereka, para bapak yang telah  relah menyerahkan jiwa dan raga demi manisnya kemerdekaan ini. Mari kita meneladani segala perjuangan yang tak terhitung atas setiap tetes darah yang jatuh di medan juang.

Ir. Soekarno

Siapa yang belum mengenal sosok nomor satu ini? Bahkan di beberapa Negara, nama ini diabadikan sebagai nama jalan. Jika mereka saja begitu bangga dengan beliau, bagaimana dengan kita?  Bapak kita yang satu inilah yang dengan gagahnya berdiri di atas mimbar, membacakan text proklamasi dengan begitu sacral. Beliau menjadi tokoh utama dalam sebuah momentum besar titik kebangkitan Indonesia, yaitu Proklamasi Kemerdekaan.

Beliau lahir di kota pahlawan pada tanggal 6 Juni 1901. Di tahun 1927, beliau memulai karir perjuangan beliau bersama Mr. Sartono, Mr Sunaryo, Mr Iskaq Tjokrohadisuryo, dan Dr. Tjipto Mangunkusumo dengan mendirikan PNI. Pada saat  Jepang berkuasa di Indonesia, Ir. Soekarno menjabart sebagai ketua PUTERA, PPKI, dan Chuo Sangi In. selain itu, beliau menjabat pula sebagai anggota BPUPKI. Bersama Moh. Hatta dan Ahmad Subarjo, beliau  merumuskan text proklamasi,  dan mendapatkan  sebuah kehormatan untuk menandatangani text proklamasi tersebut bersama dengan Moh. Hatta. Hingga akhirnya, tepat pada tanggal 17 Agustus 1945, masih bersama Moh.Hatta, Ir. Soekarno membacakan text proklamasi kemerdekaan Indonesia. Pahlawan proklamator  kita tutup usia pada tahun 1970, tepatnya tanggal 21 Juni di Blitar.

Drs. Moh Hatta

Siapa yang tidak mengenal beliau? Pahwana proklamasi yang menjadi saksi penting proklamasi kemerdekaan  dan merumuskan  serta menandatangani text proklamasi tersebut. Bapak kita ini lahir di Bukittinggi, tepatnya pada tanggal 12 Agustus 1902. Sebelum akhirnya berjuang di tanah air, beliau pernah  menduduki jabatan penting sebagai ketua Perhimpunan Indonesia di negeri Belanda. Selain itu, beliau juga berperan aktif di PNI bersama Bung Karno. Pada masa penjaajahan Jepang, belia juga menjabat sebagai salah satu pimpinan di  PUTERA, menjadi wakil ketua PPKI, dan  aktif sebagai anggota BPUPKI. Perjuangan beliau berbuah  manis pada tanggal  17 Agustus 1945, dan mendampingi Bung Karno dalam membacakan text proklamasi kemerdekaan. Tanggal 14 Maret 1980 Indonesia berduka  dengan wafatnya Bung Hatta.

Ahmad Subarjo

Lahir di Karawang pada tanggal 23 Maret 1896. Beliaulah  yang berani menjadi jaminnan nyawa atass Ir Soekarno dan Moh.Hatta pada masa peristiwa Rengasdengklok, hingga akhirnya bung Karno dann Bung  Hatta diperkenankan kembali ke Jakarta. Beliau pula yang berperan penting dalam perumusan text proklamasi kemerdekaan.

Pada masa penjajahan Jepang, beliau sempat menduduki jabatann sebagai Kantor Kepala Biro Riset Angkatan Laut Jepang pimpinan Laksamana Maeda. Beliau juga aktif berperan sebagai anggota BPUPKI dan PPKI. Hingga akhirnyaa perjuangan beliau usai di tanggal 15 Desember 1978

Itulah tiga tokoh penting dalam proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Berikan Bintang Untuk Penulis

%d blogger menyukai ini: