Memahami tentang masalah ekonomi dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas

MEMAHAMI TENTANG MASALAH EKONOMI DAN KEBUTUHAN MANUSIA YANG TIDAK TERBATAS – Bertemu lagi bareng kita, budisyaqier.com yang senantiasa membahas mengenai segala ilmu pengetahuan yang pastinya perlu kalian ketahui. Dan kali ini budisyaqier.com berkesempatan untuk membahas MEMAHAMI TENTANG MASALAH EKONOMI DAN KEBUTUHAN MANUSIA YANG TIDAK TERBATAS. Mari langsung saja simak baik-baik ulasan di bawah.

Masalah Ekonomi

Manusia seringkali menyalahkan hidupnya memiliki banyak permasalahan. Tidak seorang pun yang hidup di dunia ini yang tidak mempunyai permasalahan baik permasalahan kecil atau permasalahan yang besar yang bisa mengancam kehidupannya. Apa yang mengakibatkan persoalan itu muncul? Bagaimanakah cara menanganinya?
Agar bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan itu kita harus tahu apakah yang dimaksud dengan permasalahan. Para ahli mendefinisikan jika permasalahan ialah kesenjangan antara harapan serta kenyataan. Jadi, makin banyak kita mempunyai harapan, semakin banyak juga harapan yang mungkin tidak terkabul. Hal itu yang umumnya akan memunculkan permasalahan.
Begitupun dengan ekonomi. Manusia secara alami mempunyai banyak keperluan yang perlu dipenuhi, tetapi di lain sisi alat pemuas kebutuhan itu benar-benar hanya terbatas. Dari kesenjangan itu selanjutnya muncul masalah ekonomi.

Masalah ekonomi adalah kesenjangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas sedangkan alat pemuas kebutuhannya terbatas.

Tidak setiap permasalahan beresiko negatif pada kita. Masalah ekonomi meningkatkan kita agar bisa menyelesaikannya serta mendorong untuk manfaatkan semua potensi diri serta lingkungannya. Ini yang akan membawa bangsa kita pada kemajuan. Walau begitu, bila kita salah memanfaatkan semua potensi itu, hal tersebut dapat membawa ke arah kehancuran.

Kebutuhan Manusia Yang Tidak Terbatas

Seperti yang sudah diulas sebelumnya, kehidupan manusia mempunyai banyak kebutuhan yang pada akhirnya bisa memunculkan masalah ekonomi. Kebutuhan muncul sebab terdapatnya tuntutan fisik serta / atau psikis agar hidup layak sebagai manusia hingga kebutuhan manusia benar-benar beragam macam serta seringkali tidak bisa dipuaskan. Ini mengakibatkan kebutuhan jadi tidak hanya terbatas
Kemauan serta kebutuhan terkadang disamakan pengertiannya, padahal sesungguhnya ada perbedaan mendasar yang memperbedakan di antara kedua hal itu. Kemauan ialah hasrat dalam diri manusia yang bila tidak tercukupi tidak merubah kelangsungan hidupnya, sedangkan kebutuhan ialah keinginan yang muncul dalam diri manusia yang bila tidak tercukupi bisa merubah kelangsungan hidupnya. Dalam pembahasan ini kita akan memakai arti kebutuhan untuk menunjukkan semua hasrat manusia pada sesuatu baik itu cuma berbentuk kemauan atau kebutuhan tersebut.
Kebutuhan manusia yang tidak hanya terbatas dikuasai oleh beberapa hal seperti berikut.

1. Sifat Alami Manusia

Sudah menjadi sifat alami manusia untuk tidak cepat puas pada segala sesuatu yang sudah dimilikinya. Ketika sudah mendapatkan sesuatu maka akan muncul kebutuhan lainnya seiring dengan situasi dan kondisi.

2. Tingkat Pendapatan

Semakin tinggi tingkat pendapatan seseorang semakin banyak kebutuhan hidupnya. Misalnya, kebutuhan seorang pengusaha kaya berbeda dengan kebutuhan para karyawannya.

3. Lingkungan Alam

Untuk dapat bertahan hidup maka manusia selalu berusaha untuk menyesuaikan diri dan kebutuhan hidupnya dengan keadaan alam sekitarnya. Kebutuhan hidup di daerah dingin akan berbeda dibandingkan dengan kebutuhan hidup di daerah tropis, baik dari segi makanan, pakaian maupun perumahan.

4. Lingkungan Sosial

Secara naluriah manusia mempunyai kebiasaan meniru tingkah laku orang lain sehingga jumlah dan jenis kebutuhan hidupnya juga akan sangat dipengaruhi oleh lingkungan sosialnya. Seseorang yang tinggal di lingkungan ekonomi tinggi akan terpacu dirinya untuk dapat menyesuaikan dengan lingkungan sosialnya.

5. Kemajuan Teknologi Informasi

Perkembangan teknologi informasi memberikan kemudahan kepada seseorang untuk mendapatkan informasi sekaligus membeli suatu barang. Hal tersebut dapat mendorong bertambahnya kebutuhan seseorang.

6. Agama dan Kepercayaan

Perbedaan agama dan kepercaya- an yang dianut seseorang meng- akibatkan timbulnya berbagai macam kebutuhan yang berbeda sesuai dengan norma agama yang dianutnya.

7. Akulturasi Budaya

Kebudayaan sangat berpengaruh terhadap kebutuhan hidup seseorang baik kebudayaan sendiri maupun kebudayaan yang datangnya dari luar. Hal ini menyebabkan terbentuknya pola perilaku dan kebiasaan yang berbeda yang akan menimbulkan berbagai macam kebutuhan.

8. Perdagangan Internasional

Adanya perdagangan internasional menimbulkan terjadinya aliran barang dari luar negeri yang dapat mendorong peningkatan kebutuhan hidup.

Share This

Thank you for your vote!
Post rating: 0 from 5 (according 0 votes)
What's your reaction?
0Smile0Lol0Wow0Love0Sad0Angry
%d blogger menyukai ini: