5/5 (1) Memahami Peraturan Dasar Bola Voli

Memahami Peraturan Dasar Bola Voli – Bertemu lagi bareng kita, budisyaqier.com yang senantiasa membahas mengenai segala ilmu pengetahuan yang pastinya perlu kalian ketahui. Dan kali ini budisyaqier.com berkesempatan untuk membahas Memahami Peraturan Dasar Bola Voli. Mari langsung saja simak baik-baik ulasan di bawah.

Permainan voli ialah permainan yang dapat dimainkan oleh pria dan wanita sehingga ada beberapa peraturan dasar bola voli yang harus diketahui. Permainan bola voli juga menjadi salah satu cabang olahraga di Indonesia. Di dalam permainan bola voli, terdapat beberapa peraturan yang harus ditaati oleh para pemain. Peraturan dalam permainan bola voli idak hanya sebatas untuk para pemain, tapi juga untuk teknis pelaksanaan permainan tersebut. Oleh karena itu, permainan bola voli ini mengikat seluruh elemen yang terhubung dengan permainan bola voli. Peraturan olahraga bola voli ini ditentukan oleh FIVB Federation Internationale De Volleyball).

Lapangan Bola Voli

Peraturan yang pertama ialah tentang lapangan bola voli. Voli merupakan salah satu olahraga indoor. Lapangan bola voli berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 18 meter dan lebar 9 meter. Seperti halnya permainan bulu tangkis, permainian bola voli ini juga menggunakan garis pembatas. Lebar garis pembatas dalam permainan bola voli ialah 5 cm.

Jaring Net

Peraturan dasar bola voli yang selanjutnya ialah tentang ukuran jarring net. Seperti badminton, permainan bola voli juga menggunakan net sebagai pembatas antar tim. Panjang jarring net yang dibutuhkan ialah 9,5 m dengan lebar 1 m. Namun, erdapat perbedaan ukuran tinggi jaring net antara pemain voli putra dan pemain voli wanita. Untuk pemain voli putra, tinggi jarring net ialah 2,43 meter sedangkan untuk pemain wanita ialah 2,24 meter.

Bola yang Digunakan

Tentu saja dalam permainan bola voli, bola adalah hal yang terpenting. Bola yang digunakan dalam permainan ini harus yang memiliki bahan lunak. Bentuk bola voli harus bulat sempurna dengan bahan yang berbahan karet di dalamnya. Diameter bola voli beruuran 65 cm hingga 67 cm dengan berat 250-280 gram.

Pemain Bola Voli

Dalam bermain olahraga bola voli, para pemain harus menggunakan seragam dengan nomor punggung dan nomor dada. Biasanya para pemain bola voli memakai celana pendek dan juga sepatu olahraga. Dalam satu regu, terdapat 6 pemain inti dan juga 6 pemain cadangan. Pemain cadangan bertugas untuk menggantikan pemain inti jika ada yang terluka atau kelelahan. Dalam pergantian pemain, para pemain harus berpinndah searah jarum jam.

Teknis Permainan Bola Voli

Dalam satu kali permainan setiap regu / tim diberikan kesempatan untuk memainkan bola sebanyak 3 kali. Namun, seorang pemain tidak dibolehkan memainkan bola secara berturut-turut lebih dari satu kali. Jika satu regu berhasil melakukan servis dan memenangkan permainan, maka regu tersebut akan mendapatkan poin. Namun, ketika salah satu regu tidak dapat memberikan pukulan bola, maka mereka akan kehilangan poin.

Pelanggaran yang Harus Dihindari

Ada beberapa pelanggaran yang idak boleh dilakukan oleh para pemain. Yang pertama ialah pemain tidak diperbolehkan menyentuh jarring net dengan tangan ataupun bagian tubuh yang lainnya. Kedua, jika ada kaki salah satu pemain yang masuk ke daerah lawan. Ketiga, dilarang mengumpat kepada juri ataupun wasit dan pembantu wasit. Yang terakhir ialah pemain dilarang meninggalkan lapangan tanpa ada izin.

Beberapa peraturan di atas adalah peraturan yang sudah disetujui secara Internasional. Peraturan tersebut juga telah diterapkan oleh setiap pemain bola voli. Peraturan tersebut harus dipatuhi dan tidak boleh dilanggar agar permainan bola voli berjalan dengan lancar. Dengan peraturan dasar bola voli, diharapkan semua pemain dan elemen yang terikat di dalamnya bisa menjalankan peraturan ini dengan baik.

Berikan Bintang Untuk Penulis

%d blogger menyukai ini: