5/5 (1) Landasan Politik Luar Negeri Bebas Aktif Sesuai UUD 1945

Landasan Politik Luar Negeri Bebas Aktif Sesuai UUD 1945 – Landasan politik luar negeri bebas aktif dijelaskan dalam Pembukaan UUD 1945. Pengertian dari politik luar negeri sendiri adalah sebuah kebijakan yang memuat aturang tentang hubungan suatu negara dengan lain. Dengan kata lain setiap negara mempunyai politik luar negeri yang berbeda-berbeda. Mengapa hubungan antar negara harus diatur? Politik luar negeri sangat penting bagi suatu negara. Tanpa sebuah politik luar negeri, hubungan antar negara menjadi tidak jelas.

Indonesia menganut politik luar negeri bebas aktif. Bebas berarti Indonesia tidak condong dengan suatu blok apapun. Walaupun demikian, Indonesia selalu aktif menyuarakan pendapat dan memberikan sumbangsih nya untuk menyelesaikann masalah-masalah yang terjadi di dunia yang bertujuan untuk menciptakan hubungan yang damai dan harmonis antar negara di dunia. Ini berarti Indonesia mempunyai hak sebagai negara merdeka dan berdaulat untuk menyuarakan keinginannya dan menentukan sikap akan suatu permasalahan. Politik luar negeri negara lain tidak bisa mempengaruhi kebijakan politik luar negeri Indonesia.

Tujuan Politik Luar Negeri Bebas Aktif

Ada beberapa tujuan yang  ingin dicapai dengan politik luar negeri bebas aktif. Yang pertama adalah untuk menjaga kemanan negara dan keselamatan bangsa. Walaupun Indonesia sudah sejak lama merdeka, ancaman tetap ada dan kita tidak pernah tau kapan ancaman tersebut akan datang, Dengan membangun hubungan baik dengan negara lain dalam berbagai bidang, diharapkan kedua negara bisa saling mendukung dan membantu dalam berbagai hal. Oleh karena itu, hubungan antar negara harus dipertahankan. Selain itu dengan berpolitik luar negeri bebas aktif, Indonesia turut terlibat dalam kedamaian internasional. Tujuannya adalah Indonesia bisa menjadi salah satu negara yang diperhitungkan dalam kancah internasionl.

Landasan Politik Luar Negeri Indonesia

Dalam menjalankan politik bebas aktifnya, Indonesia selalu mengadakan kegiatan diplomasi yang dijalanlan oleh diplomat. Dengan adanya diplomat, kualitas hubungan Indonesia dengan negara-negara lain bisa terjaga. Penting sekali menjaga hubungan antar negara. Dalam merumuskan politik luar negerinya, Indonesia berpegang pada pancasila dan UUD 1945. Politik luar negeri Indonesia berlandaskan akan 2 hal sebagai berikut.

Landasan yang pertama adalah Pancasila sebagai landasan ideal. Pancasila mempunyai nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Nilai-nilai inilah yang dipakai sebagai dasar untuk merumuskan politik luar negeri Indonesia. Landasan yang kedua adalah UUD 1945 sebagai landasan konstitusional. Dengan berdasar pada UUD 1945, tujuan nasional bangsa dapat tercapai dengan politik luar negeri tersebut. Hal ini tertuang dalam pembukaan UUD 1945 alinea pertama dan keempat dan di batang tubuh UUD 1945 yaitu pasal 11 dan 13.

Faktor yang Mempengaruhi Politik Luar Negeri Indonesia

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kebijakan politik luar negeri Indonesia. Faktor-faktor tersebut bisa berasal dari dalam maupun luar negeri. Dari dalam negeri misalnya, sistem pemerintahan, kepentingan negara, dan bahkan kondisi geografis juga turut berkontribusi dalam merumuskan politik luar negeri. Masih ada faktor-faktor lain seperti sistem pemerintahan, sikap pemimpin begara, dan  lain-lain yang secara langsung ataupun tidak langsung memberikan pengaruh pada politik luar negeri yang digunakan dalam suatu negara.

Selain pengaruh dari dalam negeri sendiri, faktor dari luar negeri juga mempengaruhi prinsip-prinsip politik luar negeri. Faktor yang pertama adalah globalisasi. Tuntutan globalisasi membbuat suatu negara harus merancang suatu strategi politik dengan negara lain. Selain itu politik luar negeri negara lain juga mempengaruhi politik luar negeri Indonesia.

 

 

Berikan Bintang Untuk Penulis

%d blogger menyukai ini: