5/5 (1) Lahirnya Agama Hindu di Indonesia

Lahirnya Agama Hindu di Indonesia – Agama Hindu merupakan salah satu agama yang punya umur terpanjang. Agama Hindu juga merupakan agama yang dikenal dan diketahui oleh umat manusia. Hindu merupakan agama yang melahirkan banyak kebudayaan yang bisa terbilang kompleks. Adapun bidang yang dikatakan kompleks untuk hal ini adalah ilmu pada bidang filsafat, astronomi, pertanian, dan beberapa ilmu lainnya. Agama Hindu ini juga memiliki jangkauan yang sangat mendetail, serta hal inilah yang kemudian menjadi ia sulit untuk dipahami.

Beberapa ahli yang terfokus pada bidang agama kemudian melakukan pendalaman tentang Hindu. Hal ini menyebabkan munculnya beragam penafsiran dan analisa terkait agama Hindu itu sendiri. Sampai sekarang ini, belum ada kesepakatan secara resmi yang dilakukan oleh para ahli yang tujuan awalnya digunakan untuk melakukan penetapan terhadap kapan kira-kira agama Hindu mulai diwahyukan. Bukan hanya itu, terkait misi dan juga metode saat penyebaran ajarannya juga masih banyak yang belum terkuak dan dimengerti oleh banyak kalangan.

Terkait agama Hindu itu sendiri, maka perlu dilihat negara-negara yang turut menjadikan agama Hindu sebagai salah satu agama resmi di negaranya. Beberapa diantaranya adalah negara India dan Indonesia.

Hindu di Negara India

Perkembangan agama Hindu di negara India pada dasarnya dibagi menjadi empat buah fase. Adapun fase-fase yang dimaksud adalah Jaman Upanisad, jaman Budha, jaman Brahmana, dan juga Weda. Adapun peninggalan benda-benda yang bersifat purbakala di Harappa dan Mohenjodaro menjadi bukti bahwa berbagai orang yang tinggal di jaman dahulu sudah memiliki peadaban yang terbilang tinggi. Untuk salah satu peninggalan yang cukup menarik meupakan adanya patung yang menjadi perwujudan dari dewa Siwa. Untuk peninggalan tersebut sangat erat kaitannya dengan ajaran yang disebut Weda. Hal ini disebabkan oleh adanya kegiatan menyembah yang dilakukan terhadap dewa.

Untuk jaman Weda sendiri dimulai sewaktu bangsa Arya berada di lembah Sungai bernama Sindhu. Hal ini diperkirakan terjadi pada tahun 2500 sampai dengan 1500 tahun SM. Setelah adanya pristiwa mendesak bangsa Dravida kearah Selatan hingga ke daerah dataran tinggi yang dinamakan Dekkan.

Hindu di Negara Indonesia

Berdasarkan berbagai pendapat mengenai agama Hindu, ada perkiraan bahwa agama Hindu untuk pertama kalinya berkembang di wilayanh yang berada disekitar sungai Shindu yang berada di daerah India. Pada lembah ini juga diduga Rsi mendapatkan wahyu dari Hyang Widhi yang selanjutnya diabadikan kedalam Kitab suci Weda. Dari mulai lembah, hingga akhirnya ajaran Hindu menyebar keseluruh pelosok yang ada di dunia. Beberapa wilayah yang ditempuhnya seperti Asia bagian Tengah, Jepang, India Belakang dan hingga akhirnya sampai ke negara Indonesia.

Masuknya agama Hindu ke Indonesia tidak luput dari berbagai teori yang merupakan hasil pendapat. Adapun beberapa teori yang dimaksud adalah:

  1. Krom atau yang biasa disebut ahli-Belanda yang berkaitan dengan teori Waisya. Dalam buku yang diberi judul Hindu Javanesche Geschiedenis disebutkan bahwa proses masuknya Hindu ke negara Indonesia melalui peristiwa penyusupan yang saat itu masih menempuh jalan damai. Hal ini dilakukan oleh golongan waisya (pedagang) yang berasal dari India.
  2. Mookerjee yang merupakan ahli dari India. Hal ini terjadi pada tahun 1912. Hal ini menyatakan bahwa Hindu masuk dari India ke Indonesia dengan perantara pedagang.
  3. Moens dan Bosch berisi peranan dari kaum Ksatrya.

 

Berikan Bintang Untuk Penulis

%d blogger menyukai ini: