5/5 (1) Jenis-Jenis Teks Dalam Bahasa Inggris Secara Singkat

Simak Dan Perhatikan Jenis-Jenis Teks Dalam Bahasa Inggris Secara Singkat Berikut – Jenis-jenis teks dalam bahasa inggris secara singkat akan kita bahas disini untuk memudahkan pemahaman para pembaca? Anda penggila Bahasa Inggris? atau baru mencoba belajar Bahasa Inggris? Nah informasi berikut akan semakin memudahkan Anda. Penasaran? Yuk simak penjelasannya!

Sama halnya dengan bahasa Indonesia, ternyata dalam bahasa Inggris juga ada berbagai macam teks. Genre teks tersebut diklasifikasi berdasarkan beberapa hal. Diantaranya ialah dilihat dari purpose atau tujuan penulisan teks, struktur bahasa yang digunakan, serta kegunaan teks (fungsinya untuk apa).

Jenis-Jenis Teks Dalam Bahasa Inggris

Sebenarnya ada lebih dari 10 jenis teks Bahasa Inggris. Akan tetapi secara umum, teks tersebut terbagi ke dalam 5 macam. Berikut penjelasan terkait jenis-Jenis Teks Dalam Bahasa Inggris secara singkat.

  1. Teks Narasi atau Narrative Text

Teks narasi merupakan genre teks yang menceritakan atau menjabarkan tentang suatu peristiwa yang dialami oleh suatu tokoh dalam cerita. Baik berupa khayalan, peristiwa sungguhan yang menarik, ataupun imajinasi belaka. Contohnya ialah dongeng, fabel (cerita hewan), sage, cerita rakyat, dan lainnya. Nah, salah satu ciri dari teks narasi ialah adanya seorang tokoh atau karakter cerita. Ditambah lagi ada keterangan waktu pada awal cerrita, memakai kata sifat (untuk mendeskripsikan sifat tokoh) serta kata hubung.

  1. Teks Deskripsi atau Deskriptive Text

Teks ini menjelaskan suatu benda, orang, maupun tempat tertentu. Menjelaskan semua hal yang terkait topic pembahasan, seperti ciri-ciri, bentuk, kegunaan, serta sifat yang melekat pada benda tersebut. Struktur kalimat memakai simple present tense. Sekaligus fokus dan khusus membahas satu objek atau karakter.

  1. Teks Prosedur atau Procedure Text

Procedure text biasanya dipakai untuk menulis resep makanan,masakan, ataupun kue. Selain itu berguna dalam menulis suatu tutorial, seperti halnya tutorial membuat kreasi tangan, memakai hijab, berdandan, dan lain sebagainya. Mengapa demikian? Hal itu karena teks ini berisi cara melakukan sesuatu yang dijabarkan dalam langkah-langkah ataupun step tertentu.

  1. Teks Laporan atau Report Text

Laporan biasanya digunakan dalam penelitian. Penulisan laporan didasarkan pada hasil pengamatan yang dilakukan pada objek penelitian. Selain itu juga menggunakan bahasa formal sesuai dengan tata bahasa yang berlaku.

  1. Recount Text

Recount text hampir sama dengan teks narasi, yakni sama-sama menceritakan sesuatu. Perbedaanya terletak pada fokus cerita. Pembahasan menjelaskan tentang suatu kejadian yang telah terjadi pada waktu lampau. Umumnya menceritakan pengalaman, baik pengalaman pribadi maupun pengalaman orang lain. Teknik menulis recount text sesuai dengan sudut pandang orang yang bercerita.

Itulah penjelasan terkait jenis-jenis teks dalam bahasa inggris secara singkat. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan acuan dalam menulis bahasa Inggris. Sekian dan terma kasih.

 

 

 

 

Berikan Bintang Untuk Penulis

%d blogger menyukai ini: