5/5 (1) Jenis-Jenis Manusia Purba di Indonesia

Jenis-Jenis Manusia Purba di Indonesia – Mengenal sejarah adalah hal yang sangat penting, Hal ini bisa menjadi kekayaan intelektual bagi kita. Terlebih lagi semua hal yang menyangkut tempat tinggal kita yakni negara Indoneia. Untuk itu, salah satu hal yang mesti diketahui adalah jenis-jenis manusia purba di Indonesia. Untuk itu, simak ulasannya berikut ini:

Sejarah Tentang Manusia Purba di Indonesia

Untuk Indonesia sendiri, penelitian terkait manusia purba sudah sejak zaman dahulu dilakukan. Hal ini diperkirakan telah berlaku pada abad ke delapan belas Masehi. Adapun pelopor dari banyaknya penelitian terkait manusia purba yang ada di Indonesia adalah Eugene Dubois. Profesi dari peneliti ini adalah dokter yang negeri asalnya adalah Belanda. Penelitian yang dilakukan ini tidak lain untuk menemukan berbagai jenis manusia purba yang ada di negara Indonesia. Adapun lokasi yang banyak ditemukannya manusia purba ini adalah di Mojokerto, Pacitan, Ngandong, Solo dan masih banyak daerah lainnya lagi.

Berdasarkan banyaknya penelitian yang telah ditemukan dan setelah merekonstruksi berbagai jenis fosil yang ditemukan, maka didapat bahwa terdapat tiga jenis manusia purba yang ada di Indonesia. Ketiga jenis manusia purba tersebut adalah Meganthropus, Pithecanthropus dan juga Homo atau yang sering dikatakan sebagai manusia yang berpikir.

Terkait masih berkembangnya teori Darwin tentang asal usul manusia yang dikatakan berasal dari kera, sejumlah ilmuwan yang meneliti ini juga banyak menganut teori yang sama yakni teori evolusi kera. Namun jika ditelusur, masih banyak perbedaan yang menonjol tentang teori tersebut. Teori ini pun tidak bisa dijelaskan secara tegas oleh para penganutnya.

Adapun beberapa jenis manusia Purba yang ada di Indonesia adalah:

Meganthropus Palaeojavanicus

Untuk jenis manusia purba yang satu ini, merupakan jenis manusia purba terbesar dan yang paling tua di negara Indonesia. Penemunya adalah Van Koenigswald. Penemunya ini adalah seorang arkeolog yang berasal dari negeri kincir angin Belanda. Fosil manusia purba yang satu ini ditemukan pada tahun 1936 tepatnya pada daerah Sangiran. Makna dari nama manusia purba jenis ini sendiri adalah manusia tua besar yang asalnya dari Jawa.

Pithecanthropus Erectus

Untuk jenis manusia purba yang satu ini banyak ditemukan di beberapa wilayah yang ada di Indonesia. Adapun zaman sebagai masa hidup dari manusia purba jenis ini adalah sekitar 1 sampai 2 juta tahun lalu. Penemu dari manusia purba jenis ini adalah seorang dokter yang berasal dari negeri kincir angin Belana. Nama penemunya adalah Eugene Dubois. Adapun wilayah awal ia melakukan penelitian adalah di daerah Sumatera, tepatnya di daerah Sumatera Barat. Namun penemuannya disana masih nihil. Setelah itu, ia berpindah ke pulau Jawa, dan disanalah ia berhasil menemukan fosilĀ  dari manusia purba jenis Pithecanthrophus Erectus yang saat itu tepat berada di Kabupaten Ngawi, tahun 1891 silam.

Homo Sapiens

Salah satu jenis manusia purba yang ketiga adalah homo sapiens. Ia merupakan jenis manusia purba yang berumur paling muda dan memiliki karakteristik cerdas jika dibandingkan dengan jenis manusia purba lainnya. Terkait bentuk tubuh yang dimilikinya, juga menyerupai bentuk manusia. Berdasarkan penemuan yang kemudian diteliti, dikatakan bahwa yang bisa dikaji bukan hanya dari segi bentukan fisikm melainkan juga kehidupan sosial manusia purba itu sendiri. Namun, untuk menemukan itu, perlu dilakukan penelitian yang intens.

 

Berikan Bintang Untuk Penulis

%d blogger menyukai ini: