Indeks Buku (Pengertian, Bagian, dan Contoh Indeks Buku)

1 min read

indeks buku

Contoh Indeks Buku – Indeks buku merupakan salah satu materi dari mata pelajaran Bahasa Indonesia yang akan dipelajari pada artikel kali ini. Di artikel ini Budisyaqier.com akan menjelaskan pengertian indeks buku, bagian-bagian indeks buku dan contohnya.

Dalam sebuah buku biasanya terdapat banyak istilah-istilah asing. Berbagai macam istilah tersebut dimuat di halaman bernama. Indeks buku menjadi salah satu bagian penting yang harus ada di dalam sebuah buku. Karena tanpa ada indeks buku, maka pembaca tidak akan bisa menemukan istilah-istilah yang ada di buku tersebut dengan mudah dan cepat.

Pengertian Indeks Buku

Indeks buku adalah sebuah halaman yang berisi istilah-istilah dari sebuah buku yang disusun berdasarkan abjad dan juga halaman tempat istilah tersebut ditemukan.

Indeks buku terletak di bagian belakang dari sebuah buku, biasanya menjadi halaman terakhir sesudah halaman daftar pustaka. Dengan indeks buku, pembaca bisa mencari istilah-istilah atau kata yang ada di buku dengan mudah. Ketika pembaca ingin mencari istilah dari buku, maka pembaca bisa langsung membuka halaman indeks bukunya.

Jadi bisa dikatakan bahwa fungsi indeks buku adalah mencari istilah yang ada di buku. Indeks buku berguna mempercepat pencarian istilah dari buku sehingga pembaca tidak perlu menghabiskan banyak waktu hanya untuk mencari sebuah istilah.

Namun, walaupun indeks buku sangat bermanfaat, sayangnya pembaca jarang membuka halaman indeks buku.

Bagian-Bagian Indeks Buku

Indeks buku mempunyai bagian-bagiannya sendiri, antara lain indeks nama, indeks topik, nomor halaman dan perincian indeks topik. Bagian-bagian tersebutlah yang membangun dan menyusun sebuah indeks buku. Berikut masing-masing bagian indeks buku dan penjelasannya.

1. Indeks Nama (Pengarang)

Indeks nama adalah kumpulan nama-nama orang dalam sebuah indeks buku.

2. Indeks Topik (Subjek/Istilah)

Indeks topik adalah kumpulan subjek atau istilah yang disusun berdasarkan abjad. Subjek atau istilah yang tersusun di dalam indeks topik merupakan subjek atau istilah yang terdapat di dalam buku atau berkaitan dengan isinya. Misalnya buku geografi akan berisi istilah-istilah yang bersangkutan dengan ilmu geografi.

3. Perincian Indeks Topik

Perincian indeks topik adalah subjek atau istilah yang masih berkaitan dengan subjek atau istilah yang ada di bagian indeks topik.

4. Nomor Halaman

Dan bagian indeks buku yang terakhir adalah nomor halaman. Nomor halaman adalah nomor halaman di mana sebuah istilah berada.

Contoh Indeks Buku

Indeks buku terletak di paling belakang sebuah buku. Agar kamu lebih mengenal indeks buku lebih dalam lagi, berikut salah satu contoh indeks buku.

A
Abadi Husnu, 101
Abeba, A. Aris, 3
Achmad, Sri Wintala, 222
Bachri, Sutardji Calzoum, 233
Chudori, Leila S., 101
Donggo, A.D., 8
Gantang, I Gusti Putu Bawa Samar, 106

B
Bachri, Sutarji Colzoum, 31, 41, 54, 77, 87
Bachtiar, Toto Sudarto 22, 43, 44, 95, 99
Badudu, J.S., 40
Balada, 45-46, 48, 62-64

Dan di bawah ini juga contoh indeks buku yang lain.

A
Akustia, Klara, 214
Aku sertaan, 78
Aku tak sertaan, 78
Ali, Muhammad, 43, 44
Alisjahbana, Sutan Takdir, 24, 41, 50, 53, 65, 76, 82

B
Bachri, Sutarji Colzoum, 31, 41, 54, 77, 87
Bachtiar, Toto Sudarto 22, 43, 44, 95, 99
Badudu, J.S., 40
Balada, 45-46, 48, 62-64

Dan setelah abjad B pada contoh indeks buku di atas, maka dilanjutkan dengan istilah yang diawali dengan huruf C, begitu seterusnya sampai semua istilah dan berakhir di istilah dengan huruf awal Z.

Dengan adanya indeks buku, maka ketika kamu sedang membaca buku dan ingin mencari suatu istilah dari buku tersebut, kamu tidak perlu membolak-balik halaman hanya untuk mencari letaknya. Kamu cukup membuka indeks bukunya dan halaman tempat semua istilah ada di situ.

Sekian pembahasan dan penjelasan materi kali ini tentang indeks buku, pengertian indeks buku, bagian-bagian indeks buku dan contoh indeks buku.

Hosting Unlimited Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *