Geografi (Konsep, Pendekatan, Prinsip, dan Aspek)

2 min read

Pengertian Geografi

Geografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu “geo” yang berati bumi dan “graphein” yang berarti tulisan atau menjelaskan. Jadi jika kedua kata tersebut dihubungkan maka akan terbentuk kata geography yang berarti sebagai ilmu bumi atau ilmu yang mempelajari tentang bumi. 

Baca juga: Sejarah Pembentukan Bumi dan Perkembangannya

Secara umum, pengertian geografi adalah ilmu yang mempelajari mengenai lokasi serta persamaan, dan perbedaan (variasi) keruangan atas fenomena fisik, dan manusia di atas permukaan bumi.

Konsep Geografi

Konsep geografi adalah sekelompok fenomena/gejala-gejala yang digunakan untuk menggambarkan berbagai gejala atau fenomena yang sama. Konsep-konsep geografi terdiri dari 10 konsep antara lain sebagai berikut :

1.)  Lokasi, adalah konsep utama yang akan digunakan untuk mengetahui fenomena geosfer. Konsep lokasi dibagi atas :

  • Lokasi Absolut, lokasi menurut letak lintang dan bujur bersifat tetap.
  • Lokasi Relatif, lokasi yang tergantung pengaruh daerah sekitarnya dan sifatnya berubah.

2.) Jarak, yaitu panjang antara dua tempat. Terdiri antara atas :

  • Jarak Mutlak, satuan panjang yang diukur dengan kilometer.
  • Jarak Relatif, jarak tempuh yang menggunakan satuan waktu

3.) Keterjangkauan, menyangkut ketercapaian untuk menjangkau suatu tempat, sarana apa yang digunakan, atau alat komunikasi apa yang digunakan dan sebagainya.

4.) Pola, berupa gambar atau fenomena geosfer seperti pola aliran sungai, pola pemukiman, lipatan patahan dan lain-lain.

5.) Morfologi, menunjukkan bentuk muka bumi sebagai hasil tenaga endogen dan eksogen yang membentuk dataran rendah, dataran tinggi dan pegunungan.

6.) Aglomerasi, pengelompokan fenomena di suatu kawasan dengan latar belakang adanya unsur-unsur yang lebih memberi dampak positif.

7.) Nilai Kegunaan, manfaat yang diberikan oleh suatu wilayah di muka bumi pada makhluk hidup, tidak akan sama pada semua orang.

8.) Interaksi Interdependensi, keterkaitan ruang antara satu dengan yang lain, misalnya interaksi antara desa dengan kota.

9.) Diferensiasi Area, daerah-daerah yan terdapat di muka bumi berbeda satu sama lain. Dapat dicermati dari corak yang dimiliki oleh suatu wilayah dengan wilayah yang lainnya.

10.) Keterkaitan Keruangan, hubungan antara penyebaran suatu unsur dengan unsur yang lain pada suatu tempat.

Pendekatan Geografi

Pendekatan dalam kajian geografi terdiri dari 3 macam antara lain sebagai berikut :

1. Pendekatan Spasial atau Keruangan

Pendekatan spasial atau keruangan ini merupakan sebuah pendekatan yang sangat khas yang ada di dalam geografi. Dimana pendekatan yang pertama ini memiliki studi mengenai keragaman ruang pada muka bumi serta menelaah masing-masing mengenai aspek keruangannya.

2. Pendekatan Ekologi atau Lingkungan

Pada pendekatan ekologi ini didasarkan pada sebuah prinsip mengenai ilmu biologi yang merupakan interelasi yang dapat menonjol mengenai makhluk hidup dengan lingkungannya. Tujuan yang dilakukan mengenai pendekatan ini adalah agar dapat mengkaji fenomena geosfer serta dapat memperhatikan interaksi antara organisme dengan lingkunganya.

3. Pendekatan Regional atau Kompleks Wilayah

Pendekatan regional atau disebut juga dengan kompleks wilayah dapat dilakukan dengan cara membandingkan berbagai kawasan yang ada di muka bumi serta memperhatikan aspek keruangan dan juga lingkungan dengan cara komprehensif.

Prinsip Geografi

Geografi terdapat 4 prinsip utama dalam menganalisis geogsfer. Macam-macam prinsip geografi tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Prinsip Distribusi (Penyebaran/Persebaran) adalah persebaran mengenai bentang alam di permukaan bumi yang tidak merata sehingga setiap wilayah berbeda dengan satu sama lain. 
  2. Prinsip Interelasi (Sebab Akibat) adalah fenomena geosfer yang satu mempunyai hubungan dengan fenomena geosfer yang lain, gejala yang satu berkaitan dari gejala yang lainnya.
  3. Prinsip Deskripsi (Penggambaran) adalah untuk menggambarkan fenomena geosfer yang memerlukan deskripsi dengan melalui tulisan, tabel, gambar, atau grafik.
  4. Prinsip Korologi (Gabungan) adalah prinsip yang menganalisis suatu wilayah berdasarkan dari ketiga prinsip sebelumnya maka suatu wilayah akan memiliki karakteristik tertentu.  

Aspek Geografi

Hubungan geografi dengan disiplin ilmu dapat dibedakan dalam beberapa aspek antara lain sebagai berikut.

  1. Aspek Fisik, adalah aspek yang mengkaji segala fenomena geosfer yang memengaruhi keberlangsungan hidup manusia. Aspek fisik seperti aspek astronomis, kimiawi, biologis dan semua fenomena alam yang langsung dapat diamati. 
  2. Aspek Topologi, adalah aspek yang membahas letak atau lokasi suatu wilayah, bentuk muka buminya, luas area dan batas-batas wilayah dengan ciri khas tertentu. 
  3. Aspek Biotik adalah aspek yang membahas mengenai hal yang berkenaan terhadap unsur vegetasi (tumbuhan atau flora, dunia binatang (fauna) dan kajian penduduk. 
  4. Aspek Non Biotik adalah aspek yang membahas unsur kondisi tanah, hidrologi (tata air) baik perairan darat maupun luat dan kondisi iklim suatu wilayah.  
  5. Aspek Sosial adalah aspek yang mengkaji hubungan manusia dengan fenomena geosfer. Aspek sosial meliputi dari aspek politik, antropologis, ekonomis dan aspek berhubungan dengan pola hidup manusia (kebudayaan). Aspek sosial, manusia dipandang sebagai fokus utama kajian geografi dengan memperhatikan pola penyebaran manusia dalam ruang dan hubungan perilaku manusia terhadap lingkungannya. Macam-macam aspek yang dibahas dalam aspek sosial adalah sebagai berikut. Aspek Sosial, adalah aspek yang membahas mengenai unsur tradisi, adat-istiadat, komunitas, kelompok masyarakat dan lembaga-lembaga sosial. Aspek Ekonomi, adalah aspek yang membahas mengenai unsur pertanian, perkebunan, pertambangan, perikanan, industri, perdagangan, transportasi dan pasar.  Aspek Budaya, adalah aspek yang membahas mengenai unsur pendidikan, agama, bahasa dan kesenian. Aspek Politik, adalah aspek yang membahas mengenai unsur kepemrintahan yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat. 

Demikianlah artikel mengenai Geografi (Konsep, Pendekatan, Prinsip, dan Aspek). Apabila ada pertanyaan, kamu dapat bertanya melalui kolom komentar dibawah ini.

Hosting Unlimited Indonesia

Regionalisasi Negara Maju dan Negara Berkembang

Daftar Isi1 Pengertian Negara Maju dan Negara Berkembang2 Negara Maju2.1 Pengertian Negara Maju2.2 Ciri-ciri Negara Maju2.3 Contoh Negara Maju3 Negara Berkembang3.1 Pengertian Negara Berkembang3.2...
Afifa Atira
1 min read

Konsep Wilayah dan Perwilayahan

Daftar Isi1 Pengertian Wilayah dan Perwilayahan2 Wilayah2.1 Pengertian Wilayah2.2 Jenis-Jenis Wilayah3 Perwilayahan (Regionalisasi)3.1 Pengertian Perwilayahan3.2 Jenis-Jenis Perwilayahan3.3 Manfaat Perwilayahan 4 Pusat Pertumbuhan4.1 Pengertian Pusat...
Afifa Atira
2 min read

Interaksi Desa dan Kota

Daftar Isi1 Pengertian Interaksi Desa dan Kota2 Desa3 Kota4 Zona Interaksi Desa Kota5 Dampak Interaksi Desa Kota5.1 Dampak Positif5.2 Dampak Negatif Pengertian Interaksi Desa...
Afifa Atira
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *