Gelombang Mekanik – Fisika Kelas 11

2 min read

Gelombang Mekanik – Pada kesempatan kali ini, budisyaqier.com akan membahas materi fisika mengenai Gelombang Mekanik. Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah. Semoga bermanfaat!

Pengertian Gelombang Mekanik

Pengertian Gelombang Mekanik
Pengertian Gelombang Mekanik

Gelombang mekanik yaitu suatu gelombang dalam perambatannya memerlukan media (perantara), yang menyalurkan energi buat keperluan proses penjalaran sebuah gelombang. Artinya, jika tidak ada medium, gelombang tidak akan pernah terjadi. Hal ini dapat kita lihat pada kasus percakapan astronot di luar angkasa. Gelombang yang termasuk gelombang mekanik ini adalah gelombang bunyi, gelombang tali, dan  gelombang air laut.

Dilansir dari Wikipedia, pengertian gelombang mekanik yaitu:

Gelombang mekanik adalah sebuah gelombang yang dalam perambatannya memerlukan medium, yang menyalurkan energi untuk keperluan proses penjalaran sebuah gelombang.

Wikipedia

Rumus Gelombang Mekanik

Persamaan yang digunakan didalam sebuah gelombang diantaranya sebagai berikut :

T = t/n
f = n/t

dan

T = 1/f
f =
1/T

Keterangan:
T = periode (s)
t = waktu (s)
n = banyaknya gelombang (kali)
f = frekuensi (Hz)

Untuk dapat menentukan cepat rambat gelombang itu digunakan persamaan sebagai berikut :

v = λ.f

atau

v = λ/T

Keterangan:
λ = panjang gelombang (m)
v = cepat rambat gelombang (m/s)
f = frekuensi (Hz)
T = periode (s)

Sifat Gelombang Mekanik

Dipantulkan (Refleksi)

Gelombang mekanik dapat dipantulkan jika gelombang mengenai medium penghalang tertentu yang bersifat rigid (keras). Jika bahan penghalang bersifat lunak, maka gelombang akan diserap. Bahan lunak tersebut dapat berupa busa atau kain.

Dibiaskan (Refraksi)

Gelombang mekanik dapat dibiaskan jika gelombang merambat melalui dua medium yang berbeda kerapatannya. Pada diagram pembiasan terdapat garis normal yang tegak lurus dengan batas dua medium. Bila gelombang datang dari medium yang kurang rapat, maka sudut bias akan menjauhi garis normal. Sebaliknya, bila gelombang datang dari medium yang lebih rapat, maka sudut bias akan mendekati garis normal.

Dibelokkan/Disebarkan (Difraksi)

Gelombang mekanik dapat dibelokkan atau disebarkan jika gelombang melalui suatu celah sempit. Muka gelombang terpotong sehingga gelombang mengalami pembelokan.

Dipadukan (Interferensi)

Dua buah atau lebih gelombang mekanik dapat dipadukan (mengalami interferensi). Hal ini dapat terjadi jika suatu gelombang melewati dua celah sempit. Ada dua jenis interferensi, yaitu interferensi destruktif dan interferensi konstruktif. Interferensi destruktif bersifat saling melemahkan, sedangkan interferensi konstruktif bersifat saling menguatkan.

Jenis Gelombang Mekanik

Gelombang Transversal

Gelombang Transversal
Sumber: zenius.net

Gelombang transversal merupakan suatu jenis gelombang yang arah rambatnya itu tegak lurus dengan arah getarnya.

Contoh dari gelombang transversal ialah pada gelombang pada tali, gelombang cahaya, gelombang permukaan air, gelombang geser serta juga lain sebagainya.

Gelombang Longitudinal

Gelombang Longitudinal
Sumber: zenius.net

Gelombang longitudinal merupakan jenis gelombang yang mempunyai arah rambatnya itu sejajar dengan arah getarnya.

Contoh dari gelombang longitudinal ialah gelombang pada slinky, gelombang bunyi diudara, gelombang pada pegas serta lain sebagainya.

Karakteristik Gelombang Mekanik

Panjang Gelombang

Pada gelombang transversal, panjang gelombang merupakan panjang satu siklus gelombang, yakni dari satu puncak ke puncak setelahnya, atau dari satu lembah ke lembah setelahnya. Jika terdapat dua puncak gelombang dan dua lembah, maka panjang gelombangnya adalah dua. Panjang gelombang disebut sebagai lamda (𝜆) dan satuannya meter (m).

Sedangkan pada gelombang longitudinal, panjang satu gelombang adalah panjang satu rapatan dan satu regangan, atau jarak antara dua rapatan yang berurutan, atau jarak antara dua regangan yang berurutan.

Periode Gelombang

Periode gelombang merupakan waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak satu panjang gelombang. Periode gelombang satuannya sekon (s).

Frekuensi Gelombang

Frekuensi gelombang merupakan jumlah gelombang yang terbentuk tiap detik, atau dapat diartikan sebagai banyaknya satu siklus gelombang penuh yang terbentuk dalam 1 detik.

Frekuensi gelombang sangat dipengaruhi oleh panjang gelombangnya. Jika panjang gelombangnya kecil, maka frekuensi gelombangnya akan tinggi. Dan juga sebaliknya, jika panjang gelombangnya besar, maka frekuensi gelombangnya akan rendah.

Cepat Rambat Gelombang

Cepat rambat gelombang merupakan jarak yang ditempuh gelombang tiap detiknya.

Contoh Soal Gelombang Mekanik

1.) Suatu gelombang transversal mempunyai periode 8 detik. Jika jarak antara dua buah titik berurutan yang sama fasenya = 8 cm, maka berapa besar cepat rambat gelombangnya.

Diketahui

T = 8 s
λ = 8 cm

Ditanya

v = ?

Penyelesaian

v = λ/T
v = 8/8
v = 1 cm/s
v = 0,01 m/s

Jadi, cepat rambat gelombang tersebut adalah 0,01 m/s atau 1 cm/s.

2.) Gelombang air laut mendekati perahu dengan cepat rambat sebesar 12 m/s. Jika jarak antara dua puncak gelombang yang berdekatan adalah 6 m, tentukan periode dan frekuensi gelombangnya!

Diketahui

v = 12 m/s
λ = 6 m

Ditanya

T dan f = ?

Penyelesaian

  • Periode gelombang:

v = λ/T
T = λ/v
T = 6/12
T = 0,5 s

  • Frekuensi gelombang:

f = 1/T
f =
1/0,5
f =
2 Hz

Jadi, periode gelombang dan frekuensi gelombangnya berturut-turut adalah 0,5 s dan 2 Hz.

Demikianlah artikel mengenai Gelombang Mekanik. Apabila ada pertanyaan, kamu dapat bertanya melalui kolom komentar dibawah ini.

Hosting Unlimited Indonesia

Hukum Kepler – Fisika Kelas 10

Hukum Kepler – Pada kesempatan kali ini, budisyaqier.com akan membahas materi fisika mengenai Hukum Kepler. Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah. Semoga bermanfaat! Daftar Isi1 Pengertian...
Afifa Atira
2 min read

Efek Doppler – Fisika Kelas 11

Efek Doppler – Pada kesempatan kali ini, budisyaqier.com akan membahas materi fisika mengenai Efek Doppler. Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah. Semoga bermanfaat! Daftar Isi1 Pengertian...
Afifa Atira
1 min read

Alat Optik – Fisika Kelas 11

Alat Optik – Pada kesempatan kali ini, budisyaqier.com akan membahas materi fisika mengenai Alat Optik. Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah. Semoga bermanfaat! Daftar Isi1 Pengertian...
Afifa Atira
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *