Gelombang Bunyi – Fisika Kelas 11

1 min read

Gelombang Bunyi – Pada kesempatan kali ini, budisyaqier.com akan membahas materi fisika mengenai Gelombang Bunyi. Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah. Semoga bermanfaat!

Pengertian Bunyi

Dilansir dari Wikipedia, pengertian bunyi yaitu:

Dalam fisika, bunyi atau suara adalah adalah getaran yang merambat sebagai gelombang akustik, melalui media transmisi seperti gas, cairan atau padat.

Wikipedia

Sementara itu, bunyi menurut KBBI adalah:

bu.nyi1/ kesan pada pusat saraf sebagai akibat getaran gendang telinga yang bereaksi karena perubahan-perubahan dalam tekanan udara

KBBI Daring

Pengertian Gelombang Bunyi

Pengertian Gelombang Bunyi
Pengertian Gelombang Bunyi

Gelombang bunyi adalah gelombang yang merambat melalui medium tertentu. Gelombang bunyi merupakan gelombang mekanik yang digolongkan sebagai gelombang longitudinal.

Menurut KBBI, gelombang bunyi adalah:

gelombang » gelombang bunyi/gangguan dalam udara yang disebabkan oleh getaran suatu benda

KBBI Daring

Jenis Gelombang Bunyi

Suatu bunyi dapat didengar oleh manusia karena memiliki 3 hal yaitu, adanya sumber bunyi, adanya medium rambat bunyi, dan frekuensinya yang berada antara 20 Hz – 20.000 Hz (audiosonik). Berdasarkan frekuensinya, gelombang bunyi terbagi menjadi 3, yaitu sebagai berikut:

  • Infrasonik, gelombang bunyi yang memiliki frekuensi < 20 Hz. Bunyi ini dapat didengar oleh hewan seperti jangkrik, laba-laba, gajah, anjing, dan lumba-lumba.
  • Audiosonik, gelombang bunyi yang memiliki frekuensi 20 Hz – 20.000 Hz. Bunyi ini dapat didengar oleh manusia.
  • Ultrasonik, gelombang bunyi yang memiliki frekuensi > 20.000 Hz. Bunyi ini dapat didengar oleh hewan seperti kelelawar, anjing, dan lumba-lumba. 

Rumus Cepat Rambat Bunyi

Secara matematis, persamaan matematik yang menjelaskan gelombang bunyi, yaitu:

Gelombang Bunyi - Fisika Kelas 11
Sumber quipper.com

Keterangan:
v = cepat rambat bunyi (m/s)
s = jarak tempuh (m)
t = waktu (s)
T = periode (s)

Melalui Zat Padat

Gelombang bunyi dapat merambat melalui zat padat. Contoh medium rambatan zat padat yaitu alumunium, baja, kaca, dan lain-lain. Secara matematis, persamaan matematik yang menjelaskan cepat rambat bunyi yang merambat melalui zat padat, yaitu:

Zat Padat
Sumber: quipper.com

Keterangan:
v = cepat rambat bunyi (m/s)
E = modulus young (N/m2)
ρ = massa jenis (kg/m3

Modulus young (E) adalah ukuran kekakuan suatu bahan elastis yang merupakan ciri dari suatu bahan. Contohnya dapat dilihat pada Tabel 1. 

BahanModulus Young
Alumunium7 x 1010
Baja20 x 1010
Besi 21 x 1010
Karet0,05 x 1010
Kuningan 9 x 1010
Nikel21 x 1010
Tembaga11 x 1010
Timah1,6 x 1010
Beton2,3 x 1010
Kaca5,5 x 1010
Wolfram41 x 1010
Tabel 1

Melalui Zat Cair

Gelombang bunyi juga dapat merambat melalui zat cair. Contoh rambatan medium pada zat cair dapat berupa air, raksa, helium cair, dan lainnya. Secara matematis, persamaan matematik yang menjelaskan cepat rambat bunyi yang merambat melalui zat cair, yaitu:

Zat Cair
Sumber: quipper.com

Keterangan:
v = cepat rambat bunyi (m/s)
B = Modulus Bulk (N/m2)
ρ = massa jenis (kg/m3

Melalui Udara atau Gas

Gelombang bunyi juga dapat merambat melalui medium udara atau gas. Secara matematis, persamaan matematik yang menjelaskan cepat rambat bunyi yang merambat melalui udara atau gas, yaitu:

Udara atau Gas
Sumber: quipper.com

Keterangan:
v = cepat rambat bunyi (m/s)
γ = konstanta laplace
R = konstanta gas umum (J/mol K)
T = suhu gas (K)
M = massa molekul relatif gas

Konstanta laplace (notasi γ) adalah perbandingan antara kapasitas kalor gas pada tekanan tetap dengan kapasitas kalor pada volume tetap. Konstanta laplace dapat dipakai untuk gas monoatomik atau diatomik.

Demikianlah artikel mengenai Gelombang Bunyi. Apabila ada pertanyaan, kamu dapat bertanya melalui kolom komentar dibawah ini.

Hosting Unlimited Indonesia

Hukum Kepler – Fisika Kelas 10

Hukum Kepler – Pada kesempatan kali ini, budisyaqier.com akan membahas materi fisika mengenai Hukum Kepler. Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah. Semoga bermanfaat! Daftar Isi1 Pengertian...
Afifa Atira
2 min read

Efek Doppler – Fisika Kelas 11

Efek Doppler – Pada kesempatan kali ini, budisyaqier.com akan membahas materi fisika mengenai Efek Doppler. Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah. Semoga bermanfaat! Daftar Isi1 Pengertian...
Afifa Atira
1 min read

Alat Optik – Fisika Kelas 11

Alat Optik – Pada kesempatan kali ini, budisyaqier.com akan membahas materi fisika mengenai Alat Optik. Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah. Semoga bermanfaat! Daftar Isi1 Pengertian...
Afifa Atira
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *