Cara Membedakan Fakta dan Opini dalam Iklan

2 min read

fakta dan opini

Fakta dan Opini dalam Iklan Iklan merupakan salah satu media mempromosikan suatu barang atau jasa. Iklan terdiri dari beberapa kalimat menarik. Di dalam sebuah iklan ada kalimat yang berupa fakta dan opini, baik itu jenis iklan baris maupun jenis iklan lainnya. Dan pada artikel kali ini Budisyaqier.com akan memberitahukan cara membedakan fakta dan opini iklan.

Perbedaan Fakta dan Opini Iklan

Fakta dan opini merupakan dua hal yang berbeda. Berikut pengertian dan perbedaan antara fakta dan opini dalam iklan.

1. Fakta

Fakta adalah suatu hal yang benar-benar nyata dan memang benar terjadi. Jadi, fakta merupakan kenyataan yang mutlak.

Contoh fakta dalam iklan adalah kandungan urang-aring dan aloe vera yang ada di sebuah iklan sampo. Kandungan urang-aring dan aloe vera merupakan fakta yang memang ada dan terdapat di dalam sampo tersebut.

2. Opini

Opini adalah pendapat atau gagasan dari seseorang yang belum tentu benar dan sama dengan orang lain. Biasanya terdapat perbedaan opini atau pendapat antara orang satu dengan orang yang lainnya. Jadi opini tidak benar-benar mutlak dan bisa saja memiliki perbedaan.

Contoh opini adalah iklan lowongan pekerjaan dengan gaji yang memuaskan, tetapi nominal tepatnya tidak disebutkan. Maka gaji tersebut bisa saja tidak cukup memuaskan bagi orang lain. Jika hal tersebut menimbulkan pendapat yang berbeda, maka itulah yang disebut dengan opini.

Cara Membedakan Fakta dan Opini dalam Iklan

Cara membedakan fakta dan opini iklan cukup mudah karena perbedaan antara fakta dan opini juga mudah disadari. Berikut cara membedakan fakta dan opini dalam iklan.

1. Nama Produk atau Jasa

Nama produk atau jasa yang diiklankan merupakan sebuah fakta. Karena memang benar adanya produk atau jasa dengan nama tersebut. Misalnya iklan motor Hond* B*at. Memang benar ada produk motor dengan nama itu.

2. Jenis Produk atau Jasa

Selain nama, jenis produk atau jasa yang dipromosikan dalam iklan juga merupakan sebuah fakta. Misalnya iklan Hond* B*at yang merupakan produk jenis kendaraan bermotor. Produk Hon* B*at memang benar sebuah produk dengan jenis kendaraan motor.

3. Alamat

Kemudian alamat yang biasanya disematkan juga merupakan fakta. Di alamat tersebut kamu bisa menemukan produk atau jasa yang diiklankan.

4. Nomor HP atau Kontak

Dan fakta yang biasa ada di dalam sebuah iklan adalah kontak dari pengiklan yang bisa dihubungi. Kontak yang paling umum adalah nomor HP atau telepon. Kontak tersebut merupakan fakta karena melalui kontak itu kamu memang benar bisa menghubungi pengiklan.

5. Slogan, Kalimat Promosi

Slogan atau kalimat-kalimat promosi yang biasanya terdapat di sebuah iklan merupakan opini. Misalnya slogan dari iklan sampo yang berbunyi “cepat dan alami memutihkan rambut”. Kalimat tersebut tidak sepenuhnya benar dan dapat menimbulkan perbedaan. Oleh karena itu slogan-slogan atau kalimat promosi iklan termasuk opini.

Dari contoh iklan di atas, terdapat 6 kalimat atau teks di dalamnya. Mari kita bedah satu per satu teksnya untuk mendapatkan fakta dan opini di dalamnya.

Contoh Fakta dan Opini dalam Iklan

Coba perhatikan salah satu contoh iklan baris berikut.

Contoh Iklan Baris Lowongan Kerja
Sumber: idpengertian.com

Di dalam iklan tersebut terdapat 5 kalimat atau teks.

Kalimat pertama Dijual segera merupakan fakta, karena barang tersebut diiklankan memang untuk dijual.

Kalimat kedua HP Sega-Cell juga merupakan fakta, karena itu merupakan nama penjual barang yang diiklankan.

Kalimat ketiga kondisi bagus merupakan opini, karena bisa saja bagi orang lain kondisinya tidak cukup bagus.

Kalimat keempat 1,8jt nego merupakan fakta, karena barang tersebut memang akan dijual dengan harga 1,8 jt.

Dan kalimat kelima yang berupa nomor HP merupakan fakta, karena nomor tersebut memang bisa dihubungi jika ada yang tertarik.

Sekian materi bagaimana cara membedakan fakta dan opini dalam iklan. Semoga bisa bermanfaat.

Hosting Unlimited Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *