5/5 (2) Dampak Penjajahan Bangsa Eropa bagi Bangsa Indonesia

Dampak Penjajahan Bangsa Eropa bagi Bangsa Indonesia – Dampak dari penjajahan oleh bangsa Eropa di Indonesia memiliki pengaruh baik positif maupun negatif. Pengaruh tersebut, bahkan bisa dirasakan hingga di masa sekarang. Berikut merupakan beberapa dampak dari adanya penjajahan oleh bangsa Eropa di Indonesia.

Pengaruh kedatangan Belanda ke Indonesia

Belanda terkenal dengan istilah VOC, yaitu sebuah perserikatan dari peusahaan dari Hindia Timur. Serikat ini didirikan pada  20 Maret tahun 1602. Tidak hanya di Indonesia, bahkan  tersebar di seluruh Asia. Beberapa dampak yang ditimbulkan dengan kedatangan Belanda ke Indonesia, tentunya membawa dampak positif dan negatif.

Dampak positif yang ditimbulkan berupa adanya pelabuhan. Dengan adanya pelabuhan tersebut, maka aktivitas berdagang menjadi berjalan. Dengan demikian, hingga saat ini, fasilitas tersebut tetap bisa digunakan. Sehingga, adanya penjajahan tidak hanya menimbulkan dampak negatif berupa penderitaan rakyat, tetapi juga meninggalkan tempat-tempat yang bermanfaat hingga saat ini.

Selain memberikan efek positif, namun penjajahan tetap memberikan efek negatif yang dapat memberikan trauma berkepanjangan. Efek negatif pertama yang ditimbulkan adalah adanya sistem berupa tanam paksa. Selain itu, ada pula kewajiban untuk memberikan hasil bumi, sehingga menimbulkan kesengsaraan bagi rakyat. Itulah efek negatif dan positif yang ditimbulkan dari adanya penjajahan di Indonesia.

Kedatangan Belanda di Indonesia

Setelah VOC berakhir, giliran bangsa Belanda yang melakukan penjajahan di Indonesia. Seperti halnya penjajahan, selalu menimbulkan efek negatif dan positif. Adapun efek positif yang ditimbulkan adalah sebagai berikut.

  1. Dengan masuknya Belanda ke Indonesia, maka masuk pula budaya baru di Indonesia.
  2. Seperti halnya kemajuan yang dimiliki oleh bangsa Eropa, tentu saja membawa dampak positif pula. Dengan adanya kedatangan Belanda ke Indonesia, maka terdapat berbagai pembangunan dalam bidang infrastruktur. Pembangunan tersebut diantaranya, sekolah, jalan, dan bangunan lainnya.
  3. Selain adanya infrastruktur yang berkembang, efek positif lainnya adalah adanya teknologi yang dibawa oleh Belanda.
  4. Dengan adanya kedatangan Belanda di Indonesia, maka adanya perkembangan di bidang bercocok tanam.
  5. Bangsa Indonesia memang mempunyai beragam bahasa daerah. Namun, dengan adanya Belanda di Indonesia, maka terdapat tambahan bahasa asing baru, yaitu Belanda.
  6. Hingga saat ini, pendidikan di Belanda masih berada di tingkat terbaik. Inilah yang memberikan efek positif, yaitu tingkat pendidikan di Indonesia juga semakin banyak.
  7. Salah satu teknologi pertanian yang diperkenalkan oleh Belanda, yaitu multicrops.
  8. Meskipun terdapat sistem tanam paksa, namun bangsa Indonesia justru mengetahui tanaman yang dibutuhkan di pasar internasional.

Adapun efek negatif dari kedatangan Belanda di Indonesia adalah sebagai berikut.

  1. Karena adanya penjajahan, maka penyakit juga merajalelal.
  2. Dengan adanya penyakit, maka angka kematian juga semakin tinggi.
  3. Selain kematian, terdapat banyak kasus kelaparan di seluruh negeri.
  4. Salah satu efek yang kentara dengan adanya penjajahan adalah terjadinya kesenjangan sosial.
  5. Kematian di seluruh negeri akibat perang maupun kelaparan, menyebabkan adanya penurunan dalam jumlah penduduk.
  6. Para petani juga tidak sejahtera karena hasil kerja keras mereka dibeli dengan harga murah.
  7. Kerja paksa yang ditanamkan menyebabkan banyak ladang yang telantar.
  8. Masyarakat juga merasakan adanya kesulitan dalam hal pangan.
  9. Kemiskinan juga semakin dirasakan oleh rakyat.
  10. Masyarakat menjadi tidak sejahtera dengan adanya penjajahan.

Itulah efek negatif maupun positif yang ditimbulkan oleh penjajahan yang dilakukan oleh bangsa Eropa. Efek positif yang ditimbulkan tetap bisa dirasakan hingga saat ini.

 

 

Berikan Bintang Untuk Penulis

%d blogger menyukai ini: