Contoh Teks Tanggapan Kritis Singkat Beserta Strukturnya

Contoh Teks Tanggapan Kritis – Teks tanggapan kritis adalah teks yang berisi tanggapan atau kritik dari berbagai sudut pandang terhadap isu, fenomena atau masalah yang terjadi di sekitar. Kita sudah membahas struktur teks tanggapan kritis, pengertian, ciri-ciri dan kaidah kebahasaannya pada artikel sebelumnya. Di artikel ini Budisyaqier.com akan memberikan beberapa contoh teks tanggapan kritis. Salah satu contoh teks tanggapan kritis adalah tentang pendidikan, lingkungan hidup dan bencana alam. Berikut contoh-contohnya.

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Pendidikan

“SMA atau SMK?

Evaluasi

Sebagian siswa SMP dan orang tuanya akan merasa bingung jika diberikan pilihan antara SMA dan SMK. Terlebih lagi bagi mereka yang akan lulus SMP sebentar lagi, tentu saja harus segera menentukan pilihan jenjang pendidikan selanjutnya. Pemilihan antara SMA dan SMK tidak boleh ditentukan sembarangan dan hanya mengikuti tren saja.

Deskripsi Teks

Orang tua dan siswa harus mempertimbangkan berbagai aspek serta kelebihan dan kekurangan dari SMA maupun SMK.

Siswa lulusan SMK mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk langsung terjun ke dunia kerja. Karena selain belajar secara teoritik, siswa di SMK juga dibekali praktikum dan kegiatan praktik kerja lapangan atau yang biasa disingkat PKL. Sehingga mereka sudah mempunyai pengalaman magang di suatu perusahaan. Sementara lulusan SMA biasanya harus menempuh dunia pendidikan yang lebih tinggi lagi agar bisa segera bekerja.

Tetapi jika ditinjau dari segi materi, maka siswa SMK tidak menerima materi pendidikan seluas siswa SMA. Karena SMK hanya berfokus pada satu jurusan yang dipilihnya saja agar lebih siap untuk bekerja. Berbeda dengan SMA yang diajarkan berbagai materi teoritik lainnya.

Penegasan Ulang

Jadi, jika disimpulkan maka siswa lulusan SMK sudah mempunyai hard skill sehingga siap untuk langusng terjun ke dunia kerja. Hal ini juga berdampak positif bagi orang tua karena tidak perlu membiayainya lagi sampai ke perguruan tinggi. Namun, semua keputusan kembali kepada kemampuan, bakat dan minat yang dimiliki siswa.

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Bencana Alam

“Kebakaran Hutan”

Evaluasi

Kebun kelapa sawit merupakan salah satu sumber keuangan bagi negara di bidang ekspor minyak kelapa sawit. Namun apakah efeknya yang dihasilkannya juga sebanding dengan Indonesia dan lingkungan? Perlu adanya sebuah peraturan khusus agar menguntungkan semua pihak.

Deskripsi Teks

Kebakaran hutan sudah menjadi fenomena yang tidak asing lagi pada musim kemarau, khususnya di pulau Kalimantan dan Sumatera. Bahkan bisa menimbulkan kabut asap yang dapat sampai ke negara tetangga. Dampak dari bencana alam kebakaran hutan sudah tidak bisa dihitung lagi.

Bahkan sampai menimbulkan bencana kabut asap yang bisa sampai ke negara lain. Dampak dari pencemaran dan kerusakan lingkungan akibat bencana kebakaran hutan ini sudah tidak bisa dihitung lagi.

Namun di sisi lain, perluasan perkebunan kelapa sawit menghasilkan lapangan pekerjaan baru. Sayangnya kedua hal tersebut tidak dapat berjalan secara berkesinambungan dan menciptakan keuntungan bagi kedua pihak.

Salah satu faktor penyebab kebakaran hutan dari hasil penyelidikan adalah pembakaran lahan secara sengaja oleh pemilik perusahaan kelapa sawit agar dapat membuka lahan baru.

Karena hal tersebut peran pemerintah mengenai usaha perkebunan sawit dan eksplorasi di Indonesia dipertanyakan oleh berbagai pihak bahkan dunia internasional.

Penegasan Ulang

Peran pemerintah diperlukan dalam membuat kebijakan yang mampu menguntungkan kedua pihak dan tidak menyebabkan kerugian bagi alam dan masyarakat.

Sikap tegas dan kebijakan yang sesuai juga diperlukan terhadap pelaku kejahatan kerusakan hutan serta kebijakan terhadap ranah kerja yang luas terhadap pengusaha perkebunan kelapa sawit sehingga semuanya bisa berjalan berkesinambungan dan seimbang.

Itulah 2 contoh teks tanggapan kritis singkat beserta strukturnya. Semoga sekarang kamu jadi lebih paham dan mengerti materi teks tanggapan kritis.

Share This

Thank you for your vote!
Post rating: 0 from 5 (according 0 votes)
What's your reaction?
0Smile0Lol0Wow0Love0Sad0Angry
%d blogger menyukai ini: