5/5 (2) Contoh Teks Eksposisi Singkat Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksposisi Singkat – Pada artikel sebelumnya kita telah mempelajari materi teks eksposisi lengkap, mulai dari pengertian teks eksposisi sampai struktur teks eksposisi. Pada artikel kali ini budisyaqier.com akan memberikan beberapa contoh teks eksposisi singkat.

Contoh teks eksposisi mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Kamu bisa menemukan teks eksposisi di koran atau internet. Untuk menambah pemahaman kamu tentang materi teks eksposisi, berikut 3 contoh teks eksposisi beserta strukturnya pada berbagai tema.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Berolahraga yang Tidak Sehat

Tesis

Olahraga memiliki manfaat yang banyak bagi tubuh manusia. Jika kita sering berolahraga maka tubuh kita akan segar dan bugar.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kita melakukan olahraga, misalnya apakah jantungnya kuat atau tidak jika berolahraga dalam jangka waktu yang lama.

Argumentasi

Kesehatan jantung kita akan terjaga pada saat kita teratur melakukan olahraga. Tapi kita juga harus paham mengenai kondisi jantung kita apakah kuat atau tidak untuk berolahraga.

Seseorang dengan penyakit jantung tidak akan kuat untuk melakukan olahraga berat seperti lari, renang atau olahraga berat lainnya.

Sudah banyak kasus terjadi di mana seseorang melakukan kegiatan olahraga tetapi tidak melihat terlebih dahulu kekuatan dari jantungnnya sendiri. Sehingga tidak membuat tubuhnnya sehat tetapi membuat keadaan yang lebih buruk bagi dirinya sendiri.

Penegasan Ulang

Olahraga mempunyai banyak sekali manfaat bagi tubuh jika dilakukan secara teratur. Meskipun begitu, banyak orang yang berolahraga tapi malah berakhir di ranjang rumah sakit. Hal tersebut karena orang itu tidak memperhatikan kondisi tubuhnya sendiri.

Maka dari itu, sebelum olahraga pastikan terlebih dahulu kondisi jantung apakah mampu atau tidak untuk melakukan olahraga yang menguras banyak tenaga.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Masyarakat Indonesia: Produk Sekolah Buruh

Tesis

Selama ini ada yang keliru dengan sistem pendidikan kita. Waktu pembelajaran dan mata pelajaran yang sudah diatur tidak efektif bagi pelajar Indonesia.

Para siswa merasa bosan karena hanya membaca buku dan belajar selama 8 jam. Padahal waktu efektif belajar yang dianjurkan maksimal hanya 1 jam saja.

Argumentasi

Sekarang sekolah hanya menghasilkan produk masyarakat yang akan menjadi buruh. Aturan belajar 8 jam per hari sama halnya dengan aturan buruh.

Jika diperhatikan, banyak negara berkembang menerapkan waktu belajar yang lama bagi siswa dengan alasan supaya mendapat pelajaran lebih banyak. Berbeda dengan negara maju yang hanya menerapkan 3-4 jam belajar.

Namun jika dianalisis lebih dalam, selama ini sekolah negara berkembang hanya menghasilkan masyarakat yang dipersiapkan untuk bekerja secara fisik saja, tidak secara intelektual.

Penegasan Ulang

Untuk mempebaiki sistem pendidikan yang selama ini diterapkan di Indonesia memang sangat sulit karena persepsi yang sulit diubah. Kendati demikian masih ada waktu untuk memperbaiki semua ini.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan

Manusia dan Sampah

Tesis

Di zaman sekarang membuang sampah sembarangan seperti di sungai seolah-olah menjadi hal yang lazim.

Dan banyak juga orang yang membuang sampah sembarangan di kota. Hal tersebut mengakibatkan beberapa sungai terhalang oleh sampah-sampah dan saat hujan sungai terhambat sehingga mengakibatkan banjir.

Argumentasi

Banyak pengamat yang menyimpulkan bahwa manusia yang membuang sampah di sungai terus bertambah setiap tahunnya.

Manusia juga masih belum kapok dengan akibat membuang sampah sembarangan di sungai, yaitu bencana banjir yang terjadi karena ulah mereka sendiri. Padahal banjir tidak hanya mengakibatkan banyak orang luka-luka, melainkan juga banyak korban yang meninggal dunia.

Namun hal tersebut tidak menyadarkan mereka untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Penegasan ulang

Seharusnya mereka sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan atau di sungai agar tidak merugikan diri sendiri, banyak orang dan lingkungan. Sehingga air sungai tidak tersumbat dan saat terjadi hujan tidak banjir.

Itulah 3 contoh teks eksposisi beserta strukturnya. Semoga contoh-contoh di atas dapat menambah pemahaman kamu tentang materi teks eksposisi.

Berikan Bintang Untuk Penulis

%d blogger menyukai ini: